alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8334037e3a724f99002d70/agan-gak-bakalan-kuat-tinggal-di-jepang-karena-hal-ini
Lapor Hansip
19-09-2019 14:53
Agan Gak Bakalan Kuat Tinggal Di Jepang Karena Hal Ini
Past Hot Thread
Halo agan sista semua, kali ini ane mau berbagi pengalaman mengenai kehidupan di jepang untuk yang bukan orang jepang. Btw, ane belum pernah ke jepang sih, cuma ane udah baca dibeberapa blog travel dan artikel lainnya mengenai kehidupan orang asing di jepang.

Thread ane ini mungkin bisa jadi bekal persiapan agan yang nanti mau ke jepang. Jadi pas ke jepang gak bakal kaget lagi gan dengan semua hal unik dan aneh disana emoticon-Recommended Seller

Agan Gak Bakalan Kuat Tinggal Di Jepang Karena Hal Ini

Semua orang di dunia ini sangat memimpikan untuk bisa tinggal di jepang gan, ini semua karena industri anime, manga, hentai dan JAV, serta robot canggih jepang yang mendunia. Bahkan banyak anak muda di kita yang ingin pergi ke jepang, bermimpi menikahi orang jepang, atau jadi pemain JAV dan parahnya ada juga yang merubah penampilannya kaya orang jepang (Wibu).

Kalau hanya sekedar liburan ke jepang sih boleh aja. Cuma agan harus mikir panjang dulu semisalkan mau tinggal lama di jepang.

Perlu agan ketahui, banyak orang luar negeri seperti orang eropa mengaku kesulitan saat hidup di jepang. Mereka terbiasa hidup di jepang karena memang udah jadi keharusan tinggal di jepang, misalnya faktor pekerjaan. Nah, kita orang Indonesia dan terbiasa hidup santuy disini maka akan sangat sulit juga gan untuk bisa tinggal di jepang.

Orang jepang itu terlalu nasionalis dan over pride secara nyata

Agan Gak Bakalan Kuat Tinggal Di Jepang Karena Hal Ini


Ada orang asing yang tinggal di jepang, meski sama-sama orang asia yang mirip orang jepang namun ketika tidak bisa berbahasa jepang maka akan sangat sulit untuk bergaul gan. Teman-teman orang jepang agan pun kalau udah lama mengenal agan maka dia akan tetap menganggap anda sebagai orang asing dan bukan orang jepang. Perlakuan mereka terhadap orang asing dan orang jepang sangat berbeda, jadi semacam ada diskriminasi gitu gan.

Maksud secara nyata adalah, ya kita bisa lihat dan bandingkan dengan kita orang Indonesia gan. Kebanyakan orang kita itu kalau ada bule akan langsung ramah dan welcome banget kan gan. Tapi di dumay bisa koar-koar anti asing dan langsung mendadak jadi orang yang sangat nasionalis dengan menghujat akun orang asingnya kalau ada masalah. Beda dengan jepang yang kesannya di berbagai media itu seperti baik kepada orang asing, tapi secara kehidupan nyata seperti seolah ada aturan tertentu untuk orang asing, semacam ada diskriminasi gitu, tapi masih pada batas wajar sebab gak ke hal pembulian parah sampai main fisik atau pelecehan ke orang asing gan.

Contohnya saja gan : Agan yang bukan orang jepang gak bakalan bisa masuk ke tempat prostitusi sesuka hati. Kalau pun diajak teman orang jepang, maka gak bakalan bisa dapat cewek disana dengan mudah gan. Soalnya para hostess cewek yang menemani agan minum di bar gak bakalan banyak bicara atau diajak ngamar di hotel love-love pun gak bakalan mau. Kecuali teman dekat agan seorang yakuza yang menjaga tempat itu gan.

FYI : Prostitusi di jepang itu adalah pelanggaran hukum, membayar cewek untuk bisa nganu bisa kena pasal gan. Cara orang jepang menyiasatinya adalah dengan mengajak kencan, minum-minum atau karokean dulu. Jadi ini siasatnya hanya membayar cewek untuk menemani minum, karokean dan sebagainya. Itu juga kalau ceweknya mau sama agan yang orang asing, karena soal ngajak cewek nganu itu tergantung skill modus agan sendiri.

Itulah sebabnya nganu di jepang hanya terjadi pada siklus remaja yang ingin menghilangkan keperawanan/keperjakaan, atau pada orang yang suka sama suka padahal cuma temenan, rekan kerja yang jenuh dengan pekerjaan, dan lingkungan pergaulan kelompok individu tertentu.

Contohnya lagi gan : Ketika agan belum bisa bahasa jepang dan berbelanja ke supermarket, meski agan pakai bahasa inggris maka si penjaga tokonya akan tetap berbicara pakai bahasa jepang. Tetap memaksakan pakai bahasa jepang meski di toko itu ada tulisan 2 bahasa antara jepang dan inggris dan toko nya itu emang menjual barang oleh-oleh buat turis. Tentu yang datang bukan hanya orang jepang aja kan, tapi si penjaga toko akan tetap berbahasa jepang gan, paling diseling dengan bahasa isarat. Sangat merepotkan sekali.

Aturan saat makan bersama dan makan sendiri di restoran

Agan Gak Bakalan Kuat Tinggal Di Jepang Karena Hal Ini


Hal yang sangat jauh berbeda adalah cara makan orang jepang sangat berbeda dengan cara makan di kita, di eropa, dan negara lain. Bagi yang belum biasa maka akan sangat sulit untuk beradaptasi.

Beberapa aturan makan di jepang adalah :


Quote:Pertama anda harus mengelap tangan dulu dengan handuk hanya atau biasa disebut oshibori.

Biasakan makan bersuara, misalnya suara 'slurp' saat makan ramen.

Dilarang ngobrol saat makan ramen, harus fokus tertunduk makan ramen sampai habis.

Jangan pernah menuangkan sake sendiri ke dalam gelas. Apabila gelas teman kosong maka agan harus mengisinya sampai penuh. Saat semua gelas sudah terisi baru boleh minum secara bersamaan dengan teriak kanpai.

Jangan menggosok sumpit dan jangan mendirikan sumpit tegak lurus di mangkok nasi.

Jangan pernah memberikan makanan kepada teman menggunakan sumpit. Kalau mau ngasih makanan harus diletakan dulu di piring kecil dan berikan piring kecil beserta makanannya pada teman makan kita.

Kebanyakan makanan jepang itu adalah ikan, sayuran, dan daging babi. Tapi hampir setiap makanan pasti ada unsur ikan nya. Maka sebaiknya anda harus tau dulu urutan makannya. Intinya, agan harus makan dengan urutan yang benar.

Jangan mencelupkan wasabi ke kecap.

Habiskan makanan yang dipesan sampai tak tersisa, karena agan bakal dicap orang gak sopan seumur hidup karena tidak menghabiskan makanan yang sudah dipesan.

Setelah selesai makan, maka biasakan untuk merapikan meja makan di restoran. Kalau dirumah harus dibersihkan sendiri alias cuci piring sendiri, kecuali si pemilik rumah bersedia mencuci semua piring bekas agan sendiri. Tapi karena agan bukan orang jepang, maka ada kemungkinan teman agan yang orang jepang akan tetap menyuruh agan mencuci piring sendiri.



Pokonya ribet banget gan, etika atau aturan seperti ini di jepang udah jadi kebiasaan dari mulai anak-anak, remaja sampai orang tua. Agan yang biasa santuy dan langsung pulang pas udah makan di warteg pasti bakalan gak betah dengan kondisi aturan makan seperti ini.

Peringatan buat perokok, baik itu di restoran atau rumah teman, sangat dilarang untuk merokok gan. Yang pecandu rokok sehabis makan harus cari restoran dengan smoking area dulu atau minimalnya cari smoking area setelah makan.

Kalau agan pikir di jepang bisa merokok bebas di tempat umum atau bahkan di jalanan shibuya, shinjuku, dan jalanan jepang lainnya, maka itu hanya terjadi di film drama jepang saja gan. Aslinya enggak, bahkan menurut survey jumlah perokok di jepang itu sudah menurun drastis.

Budaya mengantri dan anti ngaret alias harus selalu tepat waktu akan membuat agan stres

Agan Gak Bakalan Kuat Tinggal Di Jepang Karena Hal Ini


Kalau mau berangkat ke luar kota maka cara cepat adalah naik kereta shinkansen gan. Pasti bakalan cepat sampai namun agan harus datang pagi-pagi dulu ke stasiun. Parahnya pas naik bukan cuma agan saja, maka agan bakalan berdesak-desakan di dalam kereta.

Untuk naik bus juga sudah ada jadwalnya, tentu agan harus datang tepat waktu dan tidak boleh ngaret. Kalau kemalaman dan telat sedikit saja maka anda harus menunda perjalanan sampai besok, ini juga berlaku untuk yang naik kereta.

Dalam hal mengantri akan sangat membuat agan stres, sebab orang jepang mampu mengantri semalaman bahkan kuat mengantri sampai 1-2 hari. Buktinya nih gan, ada perilisan playstation baru yang akan launching hari kami. Ini sudah diumumkan oleh pihak perilis tapi orang jepang bisa mengantri dari hari rabu malam bahkan selasa pagi. Wah, padahal masih jauh hari H tapi sudah panjang mengantri.

Ini buktinya gan :

Agan Gak Bakalan Kuat Tinggal Di Jepang Karena Hal Ini


Yang namanya kebiasaan itu sulit dirubah gan, banyak orang yang bilang gitu tapi emang bener. Makanya, agan yang biasa ngaret dan males ngantri bakalan gak kuat tinggal di jepang.

Biaya sehari-hari yang mahal dan aturan kerja yang ketat

Agan Gak Bakalan Kuat Tinggal Di Jepang Karena Hal Ini

Sekalipun masak sendiri dengan memperbanyak sayuran, maka biaya untuk masak pun akan mahal gan. Makan diluar juga sama mahalnya, belum lagi kebutuhan pokok lainnya yang sama mahalnya.

Jepang itu negara yang ekonominya maju dan biaya kehidupan di jepang sangat mahal. Makanya agan harus pintar berhemat dan mengatur keungan. Memang benar sih kalau gaji pekerja di jepang untuk karyawan swasta juga gede, tapi kalau gak bisa mengelola uang dengan baik akan membuat agan kesulitan hidup di jepang.

Karena biaya hidup di jepang sangat mahal, makanya anda harus bekerja dengan sangat keras dan menunjukkan kinerja yang baik kepada atasan. Telat sedikit masuk kerja bisa dipecat dan agan pun jadi pengangguran, kalau udah jadi pengangguran bakalan makin susah hidup di jepang. Kadang orang jepang pun tidak cukup dengan hanya bekerja di kantor saja, mereka juga bahkan cari kerja sampingan supaya bisa dapat uang tambahan.

Selain itu, aturan kerja di jepang juga sangat ketat dan mengaharuskan agan untuk disiplin. Agan yang tadinya disini kerja santai bakalan langsung kaget pas kerja di jepang. Seperti yang sudah ane sebut gan, salah sedikit bisa dipecar.Dan kerna hal inilah yang menyebabkan orang jepang sendiri gila kerja.
Agan Gak Bakalan Kuat Tinggal Di Jepang Karena Hal Ini


Maka jika tujuan agan adalah bekerja, agan harus siap-siap disiplin menjadi orang yang gila kerja seperti orang jepang.

Oke gan cuma itu aja yang bisa ane kasih informasinya. Sebenarnya sih masih banyak sisi baik dari tinggal di jepang yang bakalan agan betah, salah satunya adalah kencan yang bayar masing-masing. Sekalinya dapat cewek bakalan mau terbuka dan buka-bukaan buat agan, tapi kalau setia atau enggaknya sih itu tergantung ceweknya, kemudian kalau sampai menikah maka cewek jepang akan berhenti bekerja dan memilih mengurus rumah dan mempersiapkan semua kebutuhan agan buat bekerja. Lalu hal enak lainnya di jepang adalah kita bisa mandi berendam air panar, di pemandian campuran.

pemandian campuran


Katanya sih gitu, tapi jepang juga pasti sama kaya negara lainnya yang punya sisi buruk, masalah, dan hal-hal lain yang membuat para warga asing gak betah tinggal di jepang. Setidaknya dengan informasi dari thread yang ane buat mungkin bisa bermanfaat untuk persiapan agan nanti yang mau tingggal di jepang.

Tapi banyak kokk yang sekarang pada betah tinggal di jepang. Cuma untuk bisa diterima oleh masyarakat jepang asli itu sangat sulit dan butuh waktu lama gan.






Diubah oleh whyyoubannedme
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gpandita dan 41 lainnya memberi reputasi
38
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 14 dari 17
22-09-2019 21:01
Enakan dimari
WIBU nya bisa bela diri emoticon-Ngakak
0
22-09-2019 21:12
ho ho...ribetnya bikin pusing kepala barbie.

mampir ya gaya hidup sehat

emoticon-2 Jempol
0
22-09-2019 21:26
Ane tahun 2017 dan 2018 pernah jadi turis di jepang masing masing kurang lebih 10-14 hari.
Disana tuh dari pengalaman saya. Orangnya baik baik banget sama turis. Ada paman yg minta di jadiin temen di facebook yg sampe sekarang masih berhubungan di fb. Waktu di ogiijima juga ada paman yg meluangkan waktu untuk saya nganter keliling ogiijima, ada juga saya pernah tanya tempat dan dianterin sampe tujuan, saya pernah baca dimana gitu kebaikan orang jepang kaya gini cuma untuk turis aja, apa bener pernyataan ini gan?
0
Lapor Hansip
22-09-2019 21:36
Balasan post nowbitool
@nowbitool betul tapi kemanapun tiap warga pergi di dlm schengen area maka yg berlaku bagi dia adalah std kesejahteraan dr mana dia berasal. mangkanye org czech yg ada di helsinki pastinya ngiri ama org lokal finland spt juga org belanda kurang suka dgn org swedia yg tinggal di belanda
profile-picture
profile-picture
TheTrueMayhem dan nowbitool memberi reputasi
2
22-09-2019 21:38
Alhamdulillah telah dilahirkan di negara santuy ini hehe..ga kuat ya kalo harus tinggal di Jepang wkwk
0
22-09-2019 21:41
Orang Jepang juga jarang yang bisa Bahasa Inggris, karena mereka fikir mereka ga akan kemana-mana CMIIW emoticon-Cendol (S)
0
22-09-2019 22:08
ane rasa kagak smua org jepang gitu . . ,

lagian macam cari cew...,skrg ma tinggal panggil aja lewt aplikasi..,bejibun uda..,liat ente cukup duit ato kagak aja...

ini TS mungkin ke jepang nya di bawah tahun 2012 yah . . ,

seribet ribet nya orang jepang klo bicara soal pergaulan..,lbh susah orang korea daripada jepang...,

orang jepang ente sodorin apa aja ok ente ajak apa aja ok..,korea lum tentu . . ,

ane 3 tahun kerja sana..,ampe skrg malah ane di cariin ma tmn jepang ane klo ane uda lama ga cari mereka...,klo ke sana juga langsung nginap rumah nya dia..

jepang skrg ma jepang dl beda uda bray...
0
22-09-2019 22:19
bener bangeeettt... mrk cinta banget ama bahasa mrk... jd bljr bahasa asing masih jarang di masyarakat.... nice thread nih gan... bisa ngasih info buat para netijen yeeee kan... informatif juga dan jadi bahan bacaan bagi para agan2 dan sista2 di kaskus yaaaaa kannnnnn... mantap deh... bagi2 cerita dan informasi lainnya gan... biar nambah wawasan yaa kan bagi semua orangggg... ditunggu thread2nya gannnnnn...
0
22-09-2019 23:10
ribet amat, enak di indo orangnya santuy-santuyemoticon-Traveller
0
22-09-2019 23:32
mungkin terasa berat karena kita terbisa tinggal di sini yang serba santai kali yaahh

soalnya setau ane malah banyak orang yang mengidam idamkan tinggal di jepang karena disiplin dan sopan santun kepada orang lain... sopan santun di sini emang gx seramah orang indonesia... cuma di sana tetep menjaga privacy dibanding di sini... #cmiiw
0
22-09-2019 23:38
Emang pasti setiap orang yang mau tinggal di negara orang punya strugglenya masing-masing sih untuk bisa nyaman atau pun survive sama kondisi disana. nice thread ganemoticon-thumbsup emoticon-excited
0
23-09-2019 00:11
jadi inget film tokyo drift. satu bahasa jepang yang ane inget orang asing = gaijin
0
23-09-2019 01:38
nice thread gan
0
23-09-2019 05:43
Quote:Original Posted By KRAVZHENKO
hmm ternyata benar juga yg dikatakan pak refa dan pak dwi emoticon-Nyepi


Iya
0
23-09-2019 06:31
yah, orang jepang aja belum pernah liat gimana orang indonesia ngantri, gimana kalo lagi nunggu lampu merah, gimana cara mengemudinya, gimana orang indonesia melanggar peraturan, gimana tingkat korupsinya, gimana bodohnya sampe2 koruptor bisa kepilih jadi wakil bangsad dan pimpinan lokal, gimana "bersihnya"sungai2 di indonesia, sebutin aja dah
0
23-09-2019 06:38
Kalo soal makan sih tergantung ente makannya di mana y emoticon-Big Grin
Misalnya makan di restoran tradisional atau diundang orang penting mungkin bakal seribet yg dibilang TS, tapi kalo di rumah makan biasa y bebas2 aja emoticon-Ngakak (S)

Pengalaman ane (cuma seminggu emoticon-Big Grin) di Jepang sih, gak semua restoran atau rumah makan mewajibkan konsumennya untuk beresin sendiri, tergantung siapa yg bawa makanan ke meja. Kalo kita bawa makanan sendiri ke meja, kita yg tanggungjawab untuk beresin (biasanya di rumah makan kecil, bentuknya kyk kantin atau restoran fastfood, ada ditulis juga di mana kita harus naruh piring selesai makan).
Tapi kalo ada yg bawain ke meja (pelayan/waiter), biasanya kalo kita udah selesai bakal diambilin, jadi ditinggal pergi aj kalo udah selesai. Biasanya yg kyk gini di restoran yg agak gede atau family restaurant.

Soal bahasa, memang membantu kalo ente bisa bhs Jepang sedikit2, tapi akhir2 ini sih mereka open bgt kalo diajak ngomong pake bhs Inggris, terutama anak mudanya...
Soalnya Jepang lagi menggalakkan pelajaran bhs Inggris ke seluruh warganya untuk menyambut olimpiade 2020...
Pernah ane ngobrol sedikit sama pemuda di sana, awalnya pake bahasa inggris, terus ane masukin sedikit bahasa jepang yg ane bisa (supaya dia lebih nyaman juga emoticon-Big Grin) eh tetep dibales pake bahasa inggris emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh estidi
profile-picture
whyyoubannedme memberi reputasi
1
Lihat 2 balasan
Lapor Hansip
23-09-2019 07:07
Balasan post memetrivaldo
Quote:Original Posted By memetrivaldo


budaya kaskus skrg udah ga kaya dulu gan, jarang TS nya apresiasi komen kaskuser salah satunya dengan pejeng di pejwan emoticon-Big Grin


itu dia,sebagai orang lama...Ane cukup merasa sedih ngeliat TS TS kaskus jaman sekarang emoticon-Turut Berduka
0
23-09-2019 07:20
belom menginjakkan kaki di jepang sihh.. soon lah hahaha bersama jodoh aku jerome polin wkwkkw halu bgt ya emoticon-Frown
0
Lapor Hansip
23-09-2019 07:22
Balasan post estidi
wahhh nice reply gan.. kesannya klarifikasi gitu buat org2 yg belum kesana haha
0
Lapor Hansip
23-09-2019 08:08
Balasan post estidi
Quote:Original Posted By estidi
Kalo soal makan sih tergantung ente makannya di mana y emoticon-Big Grin
Misalnya makan di restoran tradisional atau diundang orang penting mungkin bakal seribet yg dibilang TS, tapi kalo di rumah makan biasa y bebas2 aja emoticon-Ngakak (S)

Pengalaman ane (cuma seminggu emoticon-Big Grin) di Jepang sih, gak semua restoran atau rumah makan mewajibkan konsumennya untuk beresin sendiri, tergantung siapa yg bawa makanan ke meja. Kalo kita bawa makanan sendiri ke meja, kita yg tanggungjawab untuk beresin (biasanya di rumah makan kecil, bentuknya kyk kantin atau restoran fastfood, ada ditulis juga di mana kita harus naruh piring selesai makan).
Tapi kalo ada yg bawain ke meja (pelayan/waiter), biasanya kalo kita udah selesai bakal diambilin, jadi ditinggal pergi aj kalo udah selesai. Biasanya yg kyk gini di restoran yg agak gede atau family restaurant.

Soal bahasa, memang membantu kalo ente bisa bhs Jepang sedikit2, tapi akhir2 ini sih mereka open bgt kalo diajak ngomong pake bhs Inggris, terutama anak mudanya...
Soalnya Jepang lagi menggalakkan pelajaran bhs Inggris ke seluruh warganya untuk menyambut olimpiade 2020...
Pernah ane ngobrol sedikit sama pemuda di sana, awalnya pake bahasa inggris, terus ane masukin sedikit bahasa jepang yg ane bisa (supaya dia lebih nyaman juga emoticon-Big Grin) eh tetep dibales pake bahasa inggris emoticon-Ngakak (S)


wah baguslah kalo mereka mau belajar bahasa london emoticon-Big Grin
0
Halaman 14 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.