Vieee111Avatar border
TS
Vieee111
Mem3k Unik Nan Lezat
Halo, GanSis pecinta kuliner Nusantara.


Masih setia bertualang dan icip-icip sana sini? Sudah berapa banyak jenis makanan unik yang pernah kalian rasakan? Puluhan? Atau bahkan ratusan? 😋😋😋

Hmmm!
Kali ini, saya akan mengenalkan salah satu makanan unik berbentuk bubur khas dari Simeulue Aceh yang sudah melegenda. Nama makanan ini adalah Mem3k.

Makanan lezat ini terbuat dari beras ketan yang disangrai, pisang yang dihancurkan secara kasar lalu ditambah santan, garam dan gula.

Btw, soal namanya yang terbilang unik, kata 'Mem3k' sendiri berasal dari bahasa setempat Mamem3k-- yang artinya mengunyah beras. Jadi selain nama dan rasanya yang tidak biasa, makanan ini juga mempunyai tekstur yang unik saat dimakan. Sensasi beras ketan yang kriuk-kriuk renyah bercampur dengan pisang manis dan gurihnya santan sungguh menggoda untuk dicoba.


Menurut warga setempat, waktu terbaik untuk berburu hidangan unik satu ini adalah saat bulan Ramadan. Saat Ramadan, banyak warga yang menjual Cumi.


klik

Selain itu, Cumi sendiri merupakan makanan yang sudah dinobatkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) pada tanggal 13 sampai dengan 16 Agustus 2019, di Hotel Millennium Jakarta.

Wah, keren sekali, ya, makanan satu ini. 😍

Selain dinobatkan sebagai warisan budaya, harga makanan ini juga murah meriah. Kalian cukup merogoh kocek sekitar lima ribu rupiah, sudah bisa menikmati Cumi yang lezat ini.

Oiya, supaya tidak salah paham, cara pengucapan 'e' pada mem3k ini, sama dengan pengucapan huruf 'e' pada kata elang. Jadi jangan lagi ada salah sangka, ya. Mem3k yang kita bicarakan ini bukanlah alat kelamin wanita yang vulgar itu. Bukan itu, GanSis. Bukan! 😒😒😒

Bagaimana? Makin penasaran dengan hidangan unik satu ini? Penasaran dengan rasanya, atau penasaran dengan namanya? 😆

Jika kalian sedang jalan-jalan, mengunjungi saudara atau bahkan liburan ke Simeulue, sempatkanlah untuk mencicipi hidangan ini. 😁
Dijamin, GanSis sekalian akan dibuat merem melek oleh hidangan ini.

Akhir kata, sekian. Terima kasih sudah mampir. Silakan tinggalkan komentar. 😁

Salam manis. 🍭

Purworejo, 4 September 2019
mbahoka
ceuhetty
ceuhetty dan mbahoka memberi reputasi
2
589
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.