Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AdhityaPutra200Avatar border
TS
AdhityaPutra200
1187 - Salahuddin Al-Ayyubi mengepung Yerusalem (Misi Pengepungan Yerusalem)
ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB
Selamat Pagi/ Siang/ Sore/ Malam ataupun Subuh AGAN AGAN!

Kali ini ane akan membahas Sejarah pada tanggal 20 September. Yaitu tentang Pengepungan Yerusalem.
Seperti biasa, Sebelum membaca thread ni. Siapkan secangkir kopi atau teh  atau apalah biar menikmati.
dan juga jika agan sista suka dengan thread ane, bolehlah dikirim cendolnya dan follow ya. Jika agan atau sista ada request tentang sejarah cantumin aja di kolom ya!.
CUSS ke penjelasan!!!!
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Travelleremoticon-Traveller

Yusuf bin Najmuddin Al-Ayyubi alias Salahuddin merupakan salah seorang pemimpin umat Islam yang berhasil menaklukan tanah Yerusalem.

Pada tanggal 20 September 1187, Salahuddin bersama pasukannya mengepung Yerusalem yang dikuasai pasukan Salib. Pada pertempuran ini Yerusalem berhasil ditaklukan oleh pasukan Muslim.

Tanda-tanda keruntuhan Kerajaan Yerusalem sudah terlihat seiring melemahnya kerajaan karna masalah internal. Bahkan sblm Pengepungan Salahuddin, kerajaan ni hmpir kalah dalam Pertempuran Hattin pada 4 Juli 1187. Banyak tokoh-tokoh kerajaan tersebut tertangkap, termasuk Raja Yerusalem yaitu Raja Guy.

Sebaliknya, Kekuasaan Dinasti Ayyubi kala itu sedang jaya-jayanya. Sebelum pengepungan Yerusalem, Dinasti Ayyubi berhasil menduduki kota-kota penting, seperti kota Acre/akko (10 Juli), Tyrus (14 Juli), Toron (26 Juli), Sidon (29 Juli), Gibelet (4 Agustus), Beirut (6 Agustus) dan Ashkelon (5 September).

Penyerangan Salahuddin ke Yerusalem dimulai dari Tepi Barat. Mula-mula ia memasang kemah di sebelah barat menara Daud lalu pindah ke timur laut dan mulai menyerbu tembok-tembok kota.
Menurut Simon Sebag Montefiore dalam Jerusalem:The Biography, saat kota itu diserang, Yerusalem hanya dijaga oleh dua orang kesatria dan dua elite kerajaan, yaitu Ratu sibylla dan janda Raja Amaury, Ratu Maria yang menikah denga pembesar Balian dari Ibelin.

Saat pengepungan, Salah satu kesatria Heraclius, Kesulitan mengumpulkan pasukan untuk menjaga tembok perbatasan. Beruntung, Balian dari Ibalan datang. Setelahnya, Balian yang memimpiin pertahanan tembok Yerusalem.

Saat Salahuddin mulai menyerang, kaum perempuan Yerusalem berdoa di Kuburan Suci, mencukur kepala mereka bertujuan untuk Penebusan dosa. Dan para Pendeta dan Biara melakukan pawai telanjang kaki dibawah-bawah tembok.

Akhirnya pada tanggal 29 September, para teknisi perang Salahuddin berhasil meruntuuhkan tembok Yerusalem. Pada detik-detik kehancuran tembok, orang-orang dari kaum Frank siap Mati untuk menghadang pasukan Salahuddin, namun salah seorang pemimpin mereka, Heraclius mencegahnya. Ia mengatakan kalau mereka mati siapa yang akan melindungi kaum-kaum perempuan. Aksi Penghadangan ini pun urung dilakukan.

Akhirnya orang-orang kristen Syria membukakan gerbang bagi Salahuddin. Keesokan harinya, Pasukan Muslim menyerang kota. Lalu Balian mengunjungi Salahuddin untuk bernegoisasi. Setelah Negoisasi, Salahuddin menyetujui kesepakatan yang di ajukan oleh Balian. Di antaranya, Salahuddin membebaskan Ratu Sibylla dan Janda Raja Reynald, namun warga Yerusalem lainnya yang ingin dikeluarkan dari sana harus ditebus (dalam hartian jika ingin bebas dari cengkraman Salahuddin, pihak Kerajaan Yerusalem harus menebusnya).

Tercapainya kesepakatan itu sekaligus menandakan berakhirnya misi pengepungan Salahuddin pada 2 Oktober 1187. Salahuddin berhasil merebut Yerusalem setelah 88 tahun lamanya dikuasai pasukan Salib. Sementara tanggal itu punya arti khusus bagi Muslim karena bertepatan dengan tanggal 27 Rajab yakni peringatan Isra dan Mikraj.

Selesai.
begitulah agan agan sejarahnya. Bagaimana? seru bukan?!
jika agan agan seru itu berarti agan suka hal hal sejarah.
tapi jika agan menganggap ini ga seru. Gapapa yang penting agan membaca thread ini. 
terima kasih mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan.

WASSALAMU'ALAIKUM WR.WB
0
1.2K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.