Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

srinamiAvatar border
TS
srinami
Ini Lho Gan-Sis, Para Srikandi Dunia Olahraga Indonesia
Semangat Nasionalisme Melalui Olahraga

Ini Lho Gan-Sis, Para Srikandi Dunia Olahraga Indonesia

Halo Gan-Sis, apa kabar? Salam kaskuser, ketemu lagi nih di thread saya. Semoga kita semua selalu dalam keadaan baik-baik saja ya.

Saya mau sedikit cerita, sebagai seorang perempuan, saya termasuk orang yang rajin berolah-raga lho. Karena bagi saya sendiri olah raga dapat menjaga kesehatan jasmani juga kesehatan rohani, stuju kan, Gan-Sis? Gimana nggak rajin, orang setiap hari saya harus ngurusin seisi rumah, wkwkwk.

Bagi para Sista yang sudah berumah tangga, tahu sendirilah pekerjaan ibu rumah tangga itu seperti apa. Nyuci, nyapu, ngepel, masak, dll. Pekerjaan yang menguras tenaga dan bikin keringetan dah pokoknya.

Tapi ternyata setelah saya cari di mesin pencarian google, semua kegiatan yang saya lakukan itu termasuk ke dalam aktivitas fisik biasa, bukan merupakan olahraga. Seperti yang dilansir dari KOMPAS.com, bahwa :

Aktivitas fisik merujuk kepada gerakan yang membutuhkan kontraksi otot. Setiap kegiatan sehari-hari seperti naik tangga, berkebun, membereskan rumah, adalah contoh dari aktivitas fisik.

Sementara itu olahraga adalah bentuk khusus dari aktivitas fisik, yang terencana dan sengaja dilakukan untuk menyehatkan badan. Contohnya adalah senam, renang, bersepeda, dan sebagainya.

Nah, jadi olahraga itu sendiri berbeda dengan aktivitas fisik biasa ya Gan-Sis.

Kalau dulu waktu saya masih sekolah, guru pelajaran olah raga saya pernah bilang, bahwa olahraga untuk kesehatan itu dapat dilakukan minimal sekali dalam seminggu secara rutin, selain dari aktivitas fisik yang juga tentunya kita lakukan setiap hari.

Sementara olahraga untuk tujuan prestasi harus dilakukan setiap hari, dengan jadwal yang teratur juga asupan makanan yang mengandung protein dan nutrisi, yang diperlukan dalam pembentukan otot dan menjaga stamina tubuh agar tetap bugar.

Olahraga dengan tujuan prestasi yang saya maksud itu adalah misalnya yang dilakukan oleh seorang atlet. Dengan berbagai latihan fisik dari yang ringan sampai latihan fisik berat seperti berlari jarak jauh atau mengangkat beban.

Dunia olah raga di Indonesia pun bila kita amati, sebenarnya sangat berkembang pesat. Tidak hanya atlet laki-laki saja yang selalu bresprestasi. Atlet perempuan pun banyak yang dikenal sebagai atlet profesional, bahkan ada yang terkenal hingga ke dunia internasional. Siapa sajakah mereka? Baca terus ya thread saya kali ini.

Oke, lansung saja, ini dia atlet-atlet perempuan yang tak kalah profesional dengan atlet laki-laki.

1. Eva Irawan

Ini Lho Gan-Sis, Para Srikandi Dunia Olahraga Indonesia

Ada yang kenal nama ini? Yap, Eva Irawan adalah seorang atlet binaraga perempuan asal Indonesia, yang baru saja mengikuti ajang internasional IFBB Pro di Vancouver, Kanada.

Dia berhasil menempati posisi ke-13 dari 21 peserta, dimana para peserta tersebut adalah para peserta yang sudah menyandang gelar juara IFBB Figure Pro di negara asalnya masing-masing.

Dan yang bikin bangga itu, Eva Irawan adalah satu-satunya wakil dari Asia.

2. Aries Susanti Rahayu

Ini Lho Gan-Sis, Para Srikandi Dunia Olahraga Indonesia

Belakangan ini nama Aries lebih mencuat di dunia panjat tebing dan dikenal sebagai Spiderwoman-nya Indonesia, setelah mampu meraih dua medali emas pada ajang Asian Games ke-18 yang di selenggarakan tahun 2018 kemarin.

Gadis asal Desa Taruman, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, itu pun sukses mengharumkan nama Indonesia tidak hanya di ajang Asian Games tetapi juga di tingkat dunia, karena kembali meraih medali emas saat mengikuti IFSC Climbing Worldcup di Xiamen, China.

3. Timnas Sepak Bola Wanita Indonesia

Ini Lho Gan-Sis, Para Srikandi Dunia Olahraga Indonesia

Kembali dibuktikan bahwa dunia olahraga Indonesia saat ini tak hanya didominasi oleh atlet olahraga laki-laki saja. Tim Nasional Sepak Bola Wanita Indonesia atau Timnasita, mampu membuktikan dirinya sebagai tim olahraga perempuan yang patut diperhitungkan.

Secara mengejutkan, Timnasita, dari tiga pertandingan, sukses meraih 4 point saat berlaga di group D dalam babak pertama kualifikasi Olimpiade 2020 mendatang.

Sepak bola yang di Indonesia dikenal sebagai olahraga milik laki-laki, nyatanya kini mulai diminati oleh perempuan.

Setelah di awal pertandingan tim asuhan dari Rully Nere ini berhasil menahan imbang Timnas tuan rumah yaitu Palestina dengan score 1-1, kemudian berhasil menaklukkan Maladewa dengan score 3-1 untuk Timnasita. Sehingga membuatnya berada di peringkat ke dua.

Waow, nggak nyangka saya ternyata Indonesia punya Timnas sepak bola perempuan.

4. Linda Darrow

Ini Lho Gan-Sis, Para Srikandi Dunia Olahraga Indonesia

Setelah Timnas sepak bola perempuan, ternyata Indonesia juga punya atlet atau petarung Mixed Martial Art (MMA) perempuan. Linda Darrow yang berasal dari Solo ini juga disebut-sebut sebagai Ratu MMA di Indonesia.


Nah Gan-Sis, bagaimana pendapat Agan dan Sista mengenai dunia olah raga Indonesia kedepannya?

Kalau menurut saya sendiri, selama kita semua mau berusaha ke arah yang lebih baik, tentunya akan menghasilkan suatu prestasi yang baik juga.

Seperti para atlet perempuan yang sudah saya sebutkan di atas. Sudah pasti mereka meraih prestasi gemilang melaui latihan dan juga usaha, serta dukungan yang positif dari berbagai pihak. Mari kita majukan dunia olahraga Indonesia ke arah yang lebih baik bersama-sama. Indonesia milik kita bersama, Indonesia rumah kita.

Penulis : srinami

20/09/2019

Sumber referensi :
1 2
sebelahblog
infinitesoul
zafinsyurga
zafinsyurga dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.2K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.