Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Kebakaran Hutan : Oleh Manusia, Merugikan Manusia
Bencana alam memang bisa terjadi kapan saja, di negeri ini tentunya bencana alam selalu saja terjadi di setiap tahunnya dan tak mengenal musim. Banyak sekali jenis-jenis bencana yang terjadi di negeri ini mulai dari banjir, longsor, gempa bumi hingga tsunami yang seringkali mengintai di setiap waktunya dan tak jarang menelan korban jiwa tanpa pandang bulu entah tua maupun muda bisa menjadi korbannya.

Credit : liputan6.com

Di musim kemarau sendiri banyak sekali hal-hal yang terjadi mulai kekurangan pasokan air bersih, tanah susah untuk ditanami hingga kasus kebakaran hutan. Kasus kebakaran hutan sendiri di negeri ini seringkali terjadi dan menjadi sebuah bencana alam yang sudah semestinya diperhatikan karena seringkali  terjadi di musim kemarau. Bencana alam memang bisa terjadi karena alamiah, akan tetapi bencana alam juga bisa disebabkan oleh manusia itu sendiri termasuk dalam masalah kebakaran hutan yang disebabkan karena membuka lahan lewat pembakaran yang ujungnya menimbulkan kebakaran besar yang menebarkan asap ke mana-mana.

Di tahun ini, bencana kabut asap akibat kebakaran hutan kembali terjadi. saat ini kabut asap terjadi di pulau Sumatera dan pulau Kalimantan. Bukan hanya dua pulau tersebut yang terkena dampaknya, akan tetapi juga negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura pun terkena dampaknya. Akibat bencana asap tersebut sekolah-sekolah di negara tersebut pun ada yang diliburkan dan juga pagelaran GP F1 di Singapura pun terancam batal akibat bencana kabut asap yang terjadi.

Bencana kabut asap sudah semestinya harus diperhatikan oleh pemerintah ketika musim kemarau yang panjang terjadi, kasus seperti ini selalu saja terjadi di setiap tahunnya dan merugikan banyak pihak. Di Indonesia sendiri dampak akibat kabut asap berpengaruh pada kehidupan banyak orang mulai dari jarak pandang yang berkurang, udara yang tidak sehat, aktivitas masyarakat yang terbatas, sekolah yang diliburkan hingga munculnya berbagai penyakit akibat kabut asap mulai dari Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), Asma hingga penyakit jantung.

Kebakaran hutan memang sudah semestinya menjadi perhatian khusus bagi pemerintah untuk bisa mencari jalan keluar dari bencana kabut asap mulai dari menindak tegas pelaku pembakaran hutan hingga pengawasan kepada perusahaan-perusahaan yag kerap kali membuka lahan secara ilegal. Memang untuk mengatasi bencana kabut asap bukan hanya oleh pemerintah saja, akan tetapi semua kalangan pun harus bisa melakukan sesuatu hal agar tidak terjadi bencana kabut asap. Bagi perusahan-perusahaan tentu harus bisa sadar diri untuk tidak membuka lahan secara sembarangan yang bisa berakibat fatal, begitu juga setiap individu yang ingin membuka lahan tentu harus berpikir ulang dan libatkan nurani, jangan sampai karena iming-iming uang malah membuat tindakan membakar hutan yang mengakibatkan bencana kabut asap.

Credit : bisnis.com

Oleh manusia merugikan manusia, itulah kebakaran hutan yang seringkali menimbulkan bencana kabut asap. Hanya karena keserakahan segelintir orang membuat banyak orang menjadi dirugikan oleh bencana kabut asap. Kasus-kasus seperti ini tak akan berhenti jika penanganan kasus pembakaran hutan yang menimbulkan bencana kabut asap belum tegas dan tiadanya kesadaran setiap orang dalam menjaga lingkungan hidup. Bencana kabut asap terjadi karena keserakahan manusia sendiri dalam memanfaatkan alam, untuk itulah sudah semestinya segala jenis ekploitasi alam yang berlebihan harus dihentikan untuk menjaga alam ini dari segala hal yang merusaknya. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan tau menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4
Sumber 5
Sumber gambar via google images
sebelahblog
infinitesoul
zafinsyurga
zafinsyurga dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.2K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.