idaalfaqieh
TS
idaalfaqieh
Jargon "Cendol Dawet Lima Ratusan" Agan Pernah Dengar?


"Cendol dawet!
Cendol-cendol
Dawet-dawet
Cendol dawet seger
Piro?
Lima ratusan
Nggak pakai ketan
Ji ro lu pat limo enem pitu wolu
Trak kintang kintung ... oyy
Trak kintang kintung .... oyy"


Agan-sista pernah dengar kata-kata yang TS tulis di atas? Yang suka lagu dangdut pasti nggak asing dengan jargon cendol dawetini ya? Secara, sudah beberapa bulan terakhir dunia perdangdutan dihiasi dengan kata-kata cendol dawet.

Seperti kita tahu, cendol dawet merupakan minuman khas Indonesia. Dibuat dari tepung beras yang diberi santan, sirup gula merah plus es batu. Hmm ... pas banget diminum saat cuaca cetar seperti sekarang ini. Nah, jadi ngiler deh.

Tapi bukan itu yang mau TS bahas. Masih berhubungan dengan cendol dawet tapi dalam konteks yang berbeda. Jargon cendol dawet yang ada di paragraf pembuka bukan jargon yang dipakai tukang cendol buat manggil pembeli ya. Melainkan jargon yang sering kita dengar di beberapa lagu dangdut masa kini.

Quote:




Gansist pasti bertanya-tanya, apa hubungannya cendol dawet dengan lagu dangdut? Emang mereka adek kakak, atau tetanggaan? Coba kita tanya Abah Lalayuk! Kenapa dia? Karena dari seorang Abah Lala lah, tercetus ide untuk membuat jargon cendol dawet itu.

Berawal dari keprihatinan beliau dengan jargon dangdut yang beredar sekarang. Seperti buka sithik jos yang tidak pantas diucapkan oleh pecinta musik dangdut, terutama anak-anak. Maka keluarlah jargon cendol dawet itu. Tujuan utamanya tentu ingin mengubah jargon-jargon negatif menjadi enak didengar.

Di luar dugaan, ternyata jargon cendol dawet ini booming. Bahkan dipakai oleh beberapa penyanyi dangdut papan atas Indonesia. Walau awalnya kurang diterima karena dianggap nyeleneh. Namun, seorang pentolan orkes MG 86 asal Boyolali, Jawa Tengah itu pantang menyerah. Dengan boomingnya jargon tersebut, selanjutnya Abah Lala berencana mengeluarkan jargon-jargon unik lainnya.

Sekarang sudah tahu 'kan arti jargon cendol dawet itu? Agan-sista ada yang belum dengar? Jangan sedih! Ini TS kasih contekannya. Lagu pamer bojo yang lagi hits, tapi dengan versi cendol dawet. Selamat menikmati cendol dawetnya Gansis!šŸ˜Š

Spoiler for Pamer bojo cendol dawet original version:


IAf, 19 September 2019

Member bbb group

Referensi: opri yang terinspirasi dari nonton ini talkshow net tv
Gambar: dari sini




GIF
Diubah oleh idaalfaqieh 19-09-2019 23:42
sebelahblogzafinsyurgagrg.
grg. dan 31 lainnya memberi reputasi
32
18.5K
204
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThreadā€¢81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.