Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fawwaz14Avatar border
TS
fawwaz14
Kebakaran Hutan, Wiranto Bilang itu Tanggung Jawab Daerah
VIVAnews – Presiden Joko Widodo menekankan upaya pencegahan dalam mengatasi permasalahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang masih muncul hingga saat ini. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto.

"Mencegah lebih baik daripada memadamkan. Itu intinya," kata Wiranto dalam keterangan persnya, Selasa 17 September 2019.

Kebakaran Hutan, Wiranto Bilang itu Tanggung Jawab Daerah
Dia juga menyebut, permasalahan karhutla seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah mulai tingkat kepala desa, camat, bupati/walikota hingga gubernur. Sedangkan pemerintah pusat katanya lebih sebagai koordinator.

"Ini tanggung jawab daerah. Jangan terus bergantung pada pusat. Harus betul-betul tahu masalah ini dan tahu harus berbuat apa," ujar Wiranto.

Wiranto mengaku optimis permasalahan serupa bisa dihindari ke depannya. Yakni bila siaga darurat karhutla dengan operasi pemadaman baik darat maupun udara dilakukan secara sistematis.

"Kalau semuanya dilakukan dengan rapi, maka titik api dapat diketahui sejak dini dan dipadamkan segera," kata Wiranto.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga menegur seluruh kepala daerah hingga perangkat daerah. Dia memandang keberadaan perangkat-perangkat yang dimiliki baik oleh pemerintah di tingkat pusat, daerah, maupun aparat keamanan sebenarnya mampu untuk melakukan segala upaya pencegahan tersebut.

"Gubernur memiliki perangkat-perangkat sampai ke bawah: bupati, wali kota, camat, kepala desa. Pangdam juga punya perangkat dari danrem, dandim, sampai koramil, bhabinsa, semuanya ada. Kapolda juga punya perangkat dari kapolres, kapolsek, sampai bhabimkamtibmas," ujar Jokowi dalam rapat yang digelar di Hotel Novotel Pekanbaru, Riau, Senin malam kemarin. (ren)


https://www.vivanews.com/berita/nasi...edium=facebook

Bukan urusan saya emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
extreme78
extreme78 memberi reputasi
1
995
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.