alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
334
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d803fdd6df231360d17e6c1/novel-baswedan-skenario-taliban-dibuat-untuk-memecah-kpk
Novel pun mempertanyakan istilah polisi Taliban dan Polisi India. Istilah ini menurutnya ambigu. Misalnya istilah polisi India yang sebenarnya justru lekat pada polisi yang pemalas, lambat dan korup. Sebaliknya istilah Taliban justru melekat pada kelompok yang sedang berjuang.
Lapor Hansip
17-09-2019 09:07

Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK

Past Hot Thread
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK


tirto.id - Serangan buzzer politik terhadap KPK yang menyebut ada kelompok polisi Taliban dan polisi India dibantah oleh penyidik senior KPK, Novel Baswedan. Menurut Novel, skenario itu sengaja dibuat oleh oknum atau orang tentu untuk memecah belah internal KPK.

Novel adalah salah satu yang disebut sebagai kelompok polisi Taliban. Salah satu foto yang sering digunakan untuk membingkai Novel sebagai orang yang dekat dengan kelompok radikal adalah fotonya bersama dua perempuan menggunakan niqab.

Ada pula foto Yudi Purnomo ketua WP KPK misalnya, disebar dalam bentuk meme dengan ditambahi tulisan “Inikah Taliban di KPK? Yudi Purnomo Ketua WP KPK, Jidat Hitam, Jenggotan (Sekarang Dicukur) Dipanggil ‘Antum’”

“Saya meyakini ada orang atau oknum tertentu yang ingin mencitrakan bahwa KPK itu sedang pecah,” kata Novel saat berkunjung ke Tirto, Rabu 4 September 2019.

Menurut Novel anggapan itu salah. Sebab selama ini tidak ada faksi di dalam tubuh KPK. Ia mengatakan bila ada segelintir orang yang melakukan kesalahan atau berbeda pandangan, maka cukup disebut sebagai orang yang melakukan kesalahan.

“Kalau ada kelompok di KPK yang berbuat salah satu melakukan pelanggaran, bukan berarti itu disebut faksi,” katanya.

Novel pun mempertanyakan istilah polisi Taliban dan Polisi India. Istilah ini menurutnya ambigu. Misalnya istilah polisi India yang sebenarnya justru lekat pada polisi yang pemalas, lambat dan korup. Sebaliknya istilah Taliban justru melekat pada kelompok yang sedang berjuang.

“Seumpama ada adik-adik kelas saya di KPK sebagai penyidik, dia disebut sebagai polisi India, kita tahu nggak dalam perspektif publik? Polisi India itukan lambat, korup, bodoh, gagal, ya masak adik-adik saya disebut begitu? Ya tentu nggak baiklah mengolok-olok,” ujar Novel.

Meski demikian, Novel tidak mau ambil pusing soal isu itu. Sebab, ia sudah bertemu dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) namun tidak sekali pun pernah menyinggung soal dugaan kelompok radikal di dalam KPK.

Ia justru curiga, isu ini sengaja diciptakan untuk suksesi calon pimpinan KPK tertentu.

“Saya kira kalau itu dilakukan, jelek sekali lah itu. KPK itu seharusnya milik kita semua, milik bangsa Indonesia. Dan tentunya kita berharap korupsi bisa diberantas. Terus kalau orang berjuang memberantas korupsi malah dimusuhi, gimana ceritanya?”

sumber: https://tirto.id/novel-baswedan-sken...mecah-kpk-eh96


mulustrasi taliban

taliban


emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Diubah oleh jamie76
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secrettopsecret dan 27 lainnya memberi reputasi
26
Tampilkan isi Thread
Halaman 14 dari 17
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
18-09-2019 16:20
mulustrasinya gokil..
emoticon-Ngakak
0 0
0
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
18-09-2019 16:32
kalau pro kontra sudah berspekulasi hendaknya lakukan klarifikasi dengan bukti yang jelas
0 0
0
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
18-09-2019 16:37
Quote:Original Posted By Melodica.offici
Kalo si nopel taliban kena siram air keras, berarti yg nyiram itu apa bray?
Kalo pancasila ga mungkin.
Krna ga sesuai sama sila ke2 kemanusiaan yang adil dan beradab
emoticon-Bingung


Yg sepadan sm taliban ya ISIS...
0 0
0
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
18-09-2019 16:40
apa kabarnya sepupu mu pak? yang menjabat sebagai gubernur di DKI
0 0
0
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
18-09-2019 16:41
Quote:Original Posted By entecavir
Udah ada draft revisinya? Kok tau ngancurin?


Pasal 12 ayat 2 huruf c salah satu yg jadi pembahasan bong, bisa aja KPK setelah pengesahan RUU baru gak efektif menjangkau duit yg dikorup, apalagi itu si orang kok baru "Ferli" cuma bicara pencegahan bukan pemberantasan , logika sehatnya "dg adanya dewan pengawas orang yg mau di OTT keburu kabur"
0 0
0
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
18-09-2019 17:46
Quote:Original Posted By dsturridge15


Pasal 12 ayat 2 huruf c salah satu yg jadi pembahasan bong, bisa aja KPK setelah pengesahan RUU baru gak efektif menjangkau duit yg dikorup, apalagi itu si orang kok baru "Ferli" cuma bicara pencegahan bukan pemberantasan , logika sehatnya "dg adanya dewan pengawas orang yg mau di OTT keburu kabur"


itu kan msh spekulasi ente, kalo si A gak bisa gini, si B gak mampu ini..
semua pimpinan KPK dari dulu2 kalo pergantian pd gak dipercaya semua, dituduh melemahkan segala macem.
buktinya apa? gak kan.. tetap jalan tuh.

lagian ente tau jejak rekam pak Ferli selama di KPK kek gimana?

pencegahan itu emg KPK harus fokus di situ, krn lebih minim effortnya di banding korupsi dah terjadi.

ijin dewan pengawas itu max 1x24 jam. pake kata maksimal.
ada berapa orang, pasti ada skedulnya supaya gak ada kekosongan.
Diubah oleh entecavir
0 0
0
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
18-09-2019 17:55
Quote:Original Posted By suryahendro
Cerita berlanjut, gak STOP hanya besan terciduk.
Besan diciduk, setelah itu balas dendam: ketua kpk ditangkap di rezim si besan yg tertangkap itu... . Tapi type bloon kayak lu diem aja menyaksikan itu. emoticon-Wakaka

Korupsi waktu gak apa2, Bacot lu kayak prabocor: korupsi kalo sedikit gak apa2 emoticon-Wakaka


Setidaknya itu menunjukan kualitas KPK di jaman si beye... Milih pemimpin bukan sekedar asal pilih.. Tapi orang yg mmg berani mati, bahkan utk melawan orang yg mengangkatnya..

Lah jaman skrg? Taik.. emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
kalex46 dan sialan6 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
18-09-2019 18:05
Quote:Original Posted By CM04
ya iyalah penyadapan musti pake ijin supaya gak disalahgunain, bnn nyadap gembong2 narkoba dgn omset nilai jutaan sampe ratusan milyar ato triliyunan aja pake ijin dah kejaksaan emoticon-Stick Out Tongue kalo gak diawasin bisa bahaya itu penyadapan krna rentan digunain buat kepentingan pribadi/kelompok. bayangin andai rahasia militer, negara bocor trus dijual kenegara lain akan menjadi masalah besar bagi keamanan negara. kekuatiran kebocoran informasi tanpa ijin penyadapan pun akan tetap terjadi jika orang2 dalem kapeka ember kasi informasi rahasia kepihak lain.

dewan pengawas jelas dibentuk sebagai pengawas agar kapeka tetap dijalur yg benar, tidak melakukan pelanggaran dan gak digunain buat kepentingan2 pribadi ataupun politik pratis orang2 yg terlibat didalamnya. presiden aja yg pegang kekuasan aja diawasin oleh dpr dan mpr supaya gak melenceng.


BNN enak, yg mau di sadap itu gembong narkoba..

Lah KPK yg mau di sadap itu justru pihak2 bakal di mintain izin penyadapan nantinya..

Ya sudah lah, sudah di setujuin juga kok RUUnya sama DPR.. Kita liat aja nanti hasilnya..

Masih banyak OTT kagak?

Itukan produk hukum dari wakil rakyat pilihan rakyat macen kelen semua.. Mereka itu gambaran sikap mayoritas rakyat di negara ini... emoticon-Wakaka

Quote:Original Posted By akukiwae
Kalo benar isu taliban di kpk ada. Takutnya penyadapan disalah gunakan utk kepentingan taliban itu sendiri. Contohnya menyadap presiden yg bersifat intelijen dll.


Isue...?? Oh jadi ini semua karena dugaan dan isue2?? emoticon-Wakaka

Ahsiap.. emoticon-Wakaka

Oke gue terima alasan lu, karena takutnya presiden kenapa2.. emoticon-Wakaka
profile-picture
kalex46 memberi reputasi
1 0
1
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
18-09-2019 18:08
Quote:Original Posted By Piyung
Penyidiknya orang KPK, JPU Penuntut Umum jg dari KPK. emoticon-Salaman
Ya ga bakal masalah proses berkas kasusnya. Pasti maju ke sidang


Oh jadi hakim dan pengacara pelaku ga ada gunanya gitu? Jadi menurut elu koruptor2 yg di tangkap KPK sebenernya orang baik semua gitu? Sampe batas ini kelen menjilat pantad si kodok..?? emoticon-Wakaka
profile-picture
kalex46 memberi reputasi
1 0
1
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
18-09-2019 18:09
sesuai sop kalau memang salah silakan laporkeun emoticon-Cool

taliban mulu emoticon-Cape d...
penggiringan opini basi emoticon-Cape d...
0 0
0
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
18-09-2019 18:11
Quote:Original Posted By gilang1512
Ini nih emoticon-Ngakak mantep bersih dan jernih.
Sekotor2nya KPK masih lebih baik di bandingkan Orang2 wakil rakyat yang duduk safari di dpr emoticon-Leh Uga DPR itu bukan dewan perwakilan rakyat tapi dewan pemeras rakyat emoticon-Leh Uga mereka yang ngabisin duit kita yang bener2 rakyat biasa yang suruh kerja buat bayar pajak emoticon-Ngakak


Ya makanya.. Gue sebenernya juga ogah percaya ama siapapun 100%.. Tapi masalahnya ini yg jadi lawan KPK si anjink2 dewan..

Apa gue kudu dukung pemikiran mereka? emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
18-09-2019 18:12
Quote:Original Posted By filusufkacang
Ya makanya.. Gue sebenernya juga ogah percaya ama siapapun 100%.. Tapi masalahnya ini yg jadi lawan KPK si anjink2 dewan..

Apa gue kudu dukung pemikiran mereka? emoticon-Cape deeehh


emoticon-Ngakak jujur aja dua lembaga ini smaa2 mau ngeruk duit negara emoticon-Ngakak gada yang bener seh menurut ane cuman yang parah emang yang di dewan itu
0 0
0
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
18-09-2019 18:14
Percuma pimpinan KPK diganti setiap 4 tahun tapi penyidik macam Novek paswedan ngendon belasan tahun disono, mengakarlah dia, menggurita jaringan pengaruhnya. Harusnya penyidik kerja di KPK maksimal 4 atau 8 tahun harus out, kalo nggak ya gini kayak Nobel Paswedan ini, menjadi lebih powerfull dibanding pimpinan KPK itu sendiri. Kemudian soal dewan pengawas, wewenang sebesar KPK tanpa pengawasan? Hampir pasti prilaku kolutif, intimidatif dan kesewenang2an akan tumbuh subur, bahkan orang se-kaliber Prof.Edward OS Hariej aja terang2an mengatakan berani tunjuk hidung pimpinan KPK yg intimidatif, padahal masa jabatan cm 4 tahun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan 5 lainnya memberi reputasi
4 2
2
Lihat 1 balasan
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
18-09-2019 18:14
Quote:Original Posted By entecavir
itu kan msh spekulasi ente, kalo si A gak bisa gini, si B gak mampu ini..
semua pimpinan KPK dari dulu2 kalo pergantian pd gak dipercaya semua, dituduh melemahkan segala macem.
buktinya apa? gak kan.. tetap jalan tuh.


lagian ente tau jejak rekam pak Ferli selama di KPK kek gimana?

pencegahan itu emg KPK harus fokus di situ, krn lebih minim effortnya di banding korupsi dah terjadi.

ijin dewas pengawas itu max 1x24 jam. pake kata maksimal.
ada berapa orang, pasti ada skedulnya supaya gak ada kekosongan.


Tau esensi gak sih?
Fungsi KPK selain mencegah jg menindak, apakah si Firli itu dalam visinya ada upaya melakukan pemberantasan korupsi?
Baca visinya itu dari 7 atau 8 poin , pencegahan dan diulang , hingga poin akhir yg dia sebut kordinasi bahkan ngomong ultimum remedium aja salah emoticon-Cape d... cuma sebatas asbun saja. Yg jadi masalah itu dr awal filtering dr panselemoticon-Cape d... jd udah naruh curiga dari awal KPK memang dilemahkan dr luar.

KPK memang dilemahkan faktanya dalam draftnya revisi.
1. Korupsi kini dianggap PERKARA BIASA, bukan kejahatan luar biasa. (Pasal 46: prosedur khusus yang berlaku bagi pemeriksaan tersangka KPK kini menggunakan ketentuan hukum acara pidana, tidak lagi berdasar UU KPK) 

2. Pimpinan KPK BUKAN penanggung jawab tertinggi di KPK dan KEHILANGAN KEWENANGAN menerbitkan surat perintah penyelidikan, penyidikan, penahanan, penuntutan dan surat perintah penangkapan. (Psl 21 ayat 4 dan 6 UU KPK (yg lama) yang memuat kewenangan sbg penyidik dan penuntut umum juga sbg penanggung jawab KPK DIHAPUS) 

3. Kewenangan KPK untuk mengeledah, menyita dan menyadap DIPANGKAS DAN DIBATASI (Pasal 47 ayat 1 dan 2, Pasal 128 ayat 3 dan 4: sebelum menggeledah, menyita dan menyadap harus meminta izin tertulis dari Dewas Pengawas, jangka waktu penyadapan dibatasi dan hanya dpt diperpanjang satu kali) 

4. Kewenangan KPK merekrut penyelidik independen DIHILANGKAN. (Pasal 43 penyelidik KPK harus lulus pendidikan di bidang penyelidikan. Di UU no 2/ 2002 ttg kepolisian; penyelidik dan penyidik PNS ada di bawah kepolisian) 

5. Pegawai KPK tunduk pada UU ASN (pasal 24). Ini berpotensi menganggu independensi pegawai KPK. 

6. Dewan Pengawas KPK bukan hanya mengawasi dan mengevaluasi kerja KPK tapi masuk dalam keseharian pelaksanaan teknis penanganan perkara. (Pasal 37 B) 

7. KPK bisa menghentikan penyidikan dan penuntutan dibatasi maksimal 2 tahun (Pasal 40). Ini artinya KPK akan kesulitan mengembangkan kasus-kasus besar. (Contoh, kasus EKTP memakan waktu hingga 3 tahun). Aturan ini juga diskriminatif karena di kepolisian dan kejaksaan tidak diberi jangka waktu. 

8. UU KPK hasil revisi ini langsung berlaku setelah resmi diundangkan (pasal 70 C). Perkara yang saat ini berjalan bisa berhenti tiba-tiba dengan berlakunya UU ini. Saat ini KPK tengah menangani kasus korupsi a.l, kasus EKTP, kasus Bank Century, kasus BLBI. 
Diubah oleh dsturridge15
profile-picture
120394 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
Lapor Hansip
18-09-2019 18:19
Balasan post filusufkacang
Quote:Original Posted By filusufkacang


Setidaknya itu menunjukan kualitas KPK di jaman si beye... Milih pemimpin bukan sekedar asal pilih.. Tapi orang yg mmg berani mati, bahkan utk melawan orang yg mengangkatnya..

Lah jaman skrg? Taik.. emoticon-Tai


Kualitas KPK di jaman beye ??
Ketua kpk tertangkap krn pembunuhan , Terbukti memakai alat sadap utk urusan pribadi. emoticon-Wakaka
argumen lu gak sesuai fakta...asal cuap.




profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
Lapor Hansip
18-09-2019 18:25
Balasan post filusufkacang
Quote:Original Posted By filusufkacang


Yg jadi masalah yg mau rombak UU juga kan DPR... Masa DPR mau menyerang orang2 titipannya sendiri?? Apa ga gilak itu? emoticon-Leh Uga

Intinya gini deh, kalo mmg udh ga ada guna lagi.. Bubarin aja itu KPK.. Ga ush panjang lebar..

Biar balik ke jaman orba aja.. Korupsi urusan polisi dan kejaksaan..

Buat apa pake KPK? Toh ga ada gunanya juga kan? Ngabisin uang rakyat..

Lebih baik uangnya di pake meningkatkan kualitas pendidikan moral dan agama di negara ini sambil terus berharap korupsi akan berakhir.. emoticon-Leh Uga


tujuannya emang buat bikin lemah kpk dibawah pengawasan org2 yg dipilih pemerintah atau orang2nya presiden..

plus anggota kpk diberi hak sebagai ASN sehingga kehilangan hak sebagai lembaga independen, udah diawasi dewan pengawas ditambah lagi wajib ikut aturan uu asn dibawah kemendagri..

sejarah orla berulang lagi, cara sikarno bubarin lembaga anti korupsi benar2 ditiru sama sikowi...

kpk udah game over, mari nonton dagelan lanjutan ketika ibukota beneran dipindahkan..
emoticon-Traveller
0 0
0
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
18-09-2019 18:35
paham sih KPK itu udah busuk sejak lama

-tiap kpk ott, ada wartawan yg udh dpt bocoran
-sprindik tsk menpora udh kesebar sejak bulan juli
-kasus rj lino dr 2014\2015 masih blm diajukan ke pengadilan sampe skrg
-suap 10 jt di malang ditangkap, dugaan korupsi wan abud adem2 aja. maklum sih. sodara.

kl bersih kenapa hrs takut.
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan alexprison memberi reputasi
2 0
2
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
18-09-2019 18:50
Quote:Original Posted By filusufkacang
BNN enak, yg mau di sadap itu gembong narkoba..

Lah KPK yg mau di sadap itu justru pihak2 bakal di mintain izin penyadapan nantinya..

Ya sudah lah, sudah di setujuin juga kok RUUnya sama DPR.. Kita liat aja nanti hasilnya..

Masih banyak OTT kagak?

Itukan produk hukum dari wakil rakyat pilihan rakyat macen kelen semua.. Mereka itu gambaran sikap mayoritas rakyat di negara ini... emoticon-Wakaka



Isue...?? Oh jadi ini semua karena dugaan dan isue2?? emoticon-Wakaka

Ahsiap.. emoticon-Wakaka

Oke gue terima alasan lu, karena takutnya presiden kenapa2.. emoticon-Wakaka


Ya itu hanya bahasa ane bilang isu. Nyatanya ya gitu deh... Ngapain si baswedan ngendon sampai 12 tahun disana... Dan ngapa si Wanabud lolos?

Dr segi prestasipun kpk jg semakin parah. Ane lihat di salah satu channel pengembalian/pencegahan kerugian negara yg jadi tugas kpk merosot dan Malah kalah jauh di banding instansi lain.

Kpk yg sekarang terlalu politik

Logika ane, kalo bener2 kpk sudah teradikalisasi. Ya harus di bersihkan
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
18-09-2019 18:54
sebenernya ya, yang namanya:
1. kinerja bermasalah
2. taliban
3. butuh pengawasan

ini cuma narasi red herring yang dijadikan justifikasi.

permasalahannya adalah revisinya kebablasan. evaluasi oke, revisi oke, pengawasan oke, tapi kalo kebablasan sehingga korupsi yang lalu semakin gak bisa diselesaikan?
0 0
0
Novel Baswedan: Skenario 'Taliban' Dibuat untuk Memecah KPK
18-09-2019 19:07
Sumur mana sumur?
0 0
0
Halaman 14 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.