Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
216
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d805f59b8408819516de5ec/kpi-tegur-gundala-ini-komentar-keras-joko-anwar
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menegur 14 program di beberapa lembaga penyiaran, televisi, dan radio. Salah satu yang menjadi korban KPI adalah film Gundala yang disutradarai oleh Joko Anwar.
Lapor Hansip
17-09-2019 11:21

KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar

Past Hot Thread
Pada Selasa (15/9/2019), Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menegur 14 program di beberapa lembaga penyiaran, televisi, dan radio. Salah satu yang menjadi korban KPI adalah film Gundala yang disutradarai oleh Joko Anwar.

KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar

Di kasus film Gundala, yang menjadi sorotan KPI yaitu ada di salah satu promo film yang dibintangi Abimana Aryasatya itu. Wakil Ketua KPI Pusat Mulyo Hadi Purnomo mengungkapkan ada satu kata kasar yaitu 'baik' dalam materi promosi yang tayang di TV ONE, pada 30 Juli 2019.

Menurut KBBI, kata 'baik' memiliki makna:

1. kepinding; kutu busuk;
2. orang yang bertabiat jahat (terutama yang suka mencuri, mencopet, dan sebagainya)

Karena menampilkan kata baik dalam dialognya, promo Gundala dinilai melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) Pasal 9 tentang penghormatan terhadap nilai dan norma kesopanan dan kesusilaan, serta Pasal 14 Ayat 1 dan 2 tentang perlindungan kepada anak.

Tayangan itu juga melanggar Standar Program Siaran (SPS) Pasal 9 Ayat 1 dan 2 tentang penghormatan terhadap nilai dan norma kesopanan dan kesusilaan serta Pasal 15 Ayat 1 tentang perlindungan anak-anak dan remaja. Mulyo mengatakan, KPI telah memberikan sanksi teguran terhadap penanggung jawab program tersebut.

Mendengar filmnya ditegur, Joko Anwar, seperti biasanya, langsung meluapkan kekesalannya di akun Twitter pribadinya.

KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar

"#BubarkanKPI" tulis Joko pada caption image yang menyebut 14 Program Siaran Disanksi KPI.

Tak hanya itu, Joko juga mengomentari teguran KPI terhadap film Spongebob. Ya, KPI juga menegur film Spongebob yang tayang di GlobalTV belum lama ini.

KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar

"Kalau ada lembaga yang anggap tontonan kayak SpongeBob melanggar norma kesopanan, lembaga itu nggak layak dipercaya menilai apapun di hidup ini," tulis Joko Anwar.


Sumber

Gimana menurut GanSis? Apakah sebaiknya KPI dibubarkan atau memang salah menampilkan kata 'baik di film?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhinyzfrn dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 11
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:27
b an g s a t jadi baik ya
0 0
0
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:28
Quote:Original Posted By rebelx
kalo ada petisi bubarkan KPI, ane ikut gan


Gue juga gan sudah kewajiban emoticon-2 Jempol
Diubah oleh lightkira2017
profile-picture
rebelx memberi reputasi
1 0
1
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:29
Lembaga di indonesia nih kok banyak yg absurd gini ya njir
0 0
0
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:30
Ts maen copas aja. Edit lah kata baik itu biar ga kena sensor kaskus. BAnKsAd
0 0
0
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:31
Quote:Original Posted By prestige
b an g s a t jadi baik ya


Tuh ngentietot juga jadi baik
0 0
0
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:32
Kardusnya kurang...

Sinetron isinya gontok gontokan, pacaran, rebutan duit, selingkuh malah didiemin
0 0
0
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:34
baik bukannya good yah?

anjiirr jd ingat seorang teman yg bukan org indonesia dan aku minta dy ngucapin selamat pagi ke aku, dia ngechat gini : baik pagi

maksudnya good morning emoticon-Wakaka
0 0
0
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:36
nah ane setuju nihhhh... nice thread gan... ditunggu info2 dan pengalaman oke lainnya...
0 0
0
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:36
.......kpi bakal lanjut terus, koar2 masyarakat ke kpi cuma kentut, itu sudah emoticon-Angkat Beer
0 0
0
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:40
Ngaco cari perkara ato cari du*d nie?
0 0
0
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:42
jangankan KPI di kaskus aja Bang-sat kena sensor

emoticon-Betty
0 0
0
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:43
di urutan atas sebelum program 'ruqyah' dan 'centini' ada program kartun Spongebob yang juga di banned
0 0
0
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:46
Kpi itu lembaga baru apa gimana sih gan?
0 0
0
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:47
bagusnya emg dibubarin aja lembaga satu ini sekalian sama KPAI emoticon-Najis (S) emoticon-Betty (S)
lembaga gaje semua serba disensor emoticon-Gila
0 0
0
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:48
padahal itu adegan bagus, niat baik yang direspon baik. "BAIK!" emoticon-Traveller
0 0
0
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:49
BANG SAT jadi BAIK...
emoticon-DP
0 0
0
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:50
Komisi ghaib emoticon-Ngakak
0 0
0
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:50
Akhirnya kena tegur juga emoticon-Leh Uga
0 0
0
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:50
wih kaskus keren nih, bgst jadi baik wkwkwk emoticon-Betty
makin aneh aja emang kpi , temenan sama kpai sih
tau dah mau gimana masa depan perfilman indonesia emoticon-Sorry
0 0
0
KPI Tegur Gundala, Ini Komentar Keras Joko Anwar
18-09-2019 16:52
gas terus jok!
0 0
0
Halaman 5 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia