noisscatAvatar border
TS
noisscat
Kandidat Dewan Pengawas KPK, Kwik Kian Gie Hingga Artidjo Alkostar



Sabtu, 14 September 2019

Anggota Komisi III DPR Zulfan Lindan sepakat dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi bahwa anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus diisi dengan orang yang netral dan tidak memiliki kepentingan. Menurutnya, dewan pengawas harus diisi oleh seorang akademisi yang independen.

"Kriteria dewan pengawas harus betul-betul independen, bisa akademisi. Dari fraksi, saya meminta orang-orang ini harus yang betul-betul bebas dari persoalan korupsi dan tidak ada kepentingan sama sekali," ujar Zulfan dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini Jakarta Pusat, Sabtu (14/9).

Politisi Partai NasDem itu lantas mengusulkan nama ekonom Kwik Kian Gie serta ahli hukum yang juga mantan hakim agung Artidjo Alkostar. Keduanya dinilai memiliki integritas yang mumpuni untuk mengawasi kinerja lembaga antirasuah.

"Kwik Kian Gie siapa sih yang ragu sama beliau. Ada juga Artidjo seorang ahli hukum dan pernah jadi hakim agung. Siapa yang meragukan mereka. Kita kasih kriteria modelnya seperti dua orang itu," jelasnya.

Artidjo merupakan hakim yang paling ditakuti oleh para koruptor. Dia tak pernah kompromi dalam memutuskan hukuman bagi para koruptor. Setiap para koruptor mengajukan kasasi, Artidjo tak segan melipatgandakan hukuman penjara mereka.

Sementara itu, Kwik Kian Gie pernah menjadi Menteri Koordinator Ekonomi dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas. Kendati mumpuni, Kwik dan Artidjo masing-masing telah berumur 84 dan 71 tahun.

Zulfan menyebut pihaknya tidak akan mempermasalahkan jika nantinya dewan pengawas diisi oleh mereka yang sudah berumur.

"Saya sih tidak masalah kalau dewan pengawas diisi oleh mereka yang sudah berumur 60-75 tahun. Di Jepang saja orang makin tua makin luar biasa," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku setuju pembentukan Dewan Pengawas KPK. Dia juga setuju penyadapan yang dilakukan KPK harus seizin Dewan Pengawas.

Hal ini dikatakan Jokowi dalam konferensi pers menanggapi revisi UU Nomor 30 tahun 2002 tentang KPK yang diusulkan oleh DPR. Menurut dia, pembentukan Dewan Pengawas tersebut penting agar tak ada penyalagunaan wewenang.

Jokowi mengatakan dewan pengawas nantinya berasal dari unsur tokoh masyarakat, akademisi, atau pegiat antikorupsi. Dewan pengawas akan dipilih oleh Presiden melalui panitia seleksi.

"Pengangkatan oleh Presiden dan dijaring oleh panitia seleksi, saya ingin memastikan transisi waktu yang baik agar KPk tetap menjalankan kewenangannya sebelum ada keberadaan Dewan Pengawas," kata Jokowi di Istana Negara Jakarta, Jumat 13 September 2019.

https://m.merdeka.com/peristiwa/kand...-alkostar.html


šŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’ž



11 April 2017
Sejak berdiri tahun 2002, tak terhitung ancaman yang telah diterima KPK. Dari ancaman bentuk verbal, fisik bahkan hingga magis atau mistis pernah terjadi.

Tahun 2012, sejumlah teror yang diduga santet pernah ditujukan ke KPK. Entah siapa yang meletakkan, tahu-tahu sudah ada taburan bunga hingga tanah merah di sekeliling gedung KPK. Selain itu pernah juga ditemukan sejumlah rambut dengan beberapa benda aneh di sekitarnya di salah satu pojok gedung KPK.

Tahun 2013, KPK juga pernah mendapatkan ancaman santet setelah mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah ditetapkan sebagai tersangka. Jubir KPK saat itu, Johan Budi, menyebut, KPK berpikiran positif menanggapi isu santet.

"Kami berpikiran positif saja, menyerahkan semua kepada Tuhan Yang Maha Esa," kata Johan.

Bahkan tahun 2015, penyidik KPK disebut mendadak tak dapat berbicara saat hendak memberikan kesaksian di dalam sidang. Padahal sebelumnya dia sehat dan tak memiliki kendala berbicara.

Mantan pelaksana tugas sementara Ketua KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean, kala itu menyebut ancaman santet sudah bukan hal baru yang diterima penyidik KPK.
Dalam beberapa kasus, keluarga penyidik juga mendapat teror di rumah. Misalnya ada orang tak dikenal melempari sesuatu ke halaman rumah.
"Itu sudah biasa," ujar Haryono.


https://m.kumparan.com/@kumparannews...p-menyasar-kpk

šŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’ž



25 Mei 2018
Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar kenyang dengan ancaman. Ia sudah mengalaminya bahkan saat masih menjadi pengacara.

Artidjo bercerita saat membela kasus Santa Cruz di Dili, Timor Timur--sekarang Timor Leste. Dia hampir dibunuh orang berpakaian ninja.

"Pernah mau dibunuh saya jam 12 malam. Tapi, Allah melindungi saya yang didatangi oleh ninja itu, ninja tahulah di Timtim itu siapa ninja," ujar Artidjo di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta Pusat, Jumat (25/5/2018).

Namun, penyerang waktu itu salah sasaran. Dia malah menyasar asisten Artidjo. Ancaman pembunuhan juga diterimanya saat membela kasus penembakan misterius di Yogyakarta.

"Saya pernah diancam, Artidjo kamu jangan sok pahlawan. Penembak misterius datang ke tempat tidur kamu," kata Artidjo menirukan bunyi ancaman.

Namun, semua ancaman tak membuat Artidjo gentar. Ia malah mengabaikannya.

Menurut dia, darah Madura yang mengalir dalam tubuhnya menjadi alasan. Sejak kecil dia sudah kenyang dengan silat, berkelahi, bahkan mantan hakim yang ditakuti koruptor ini, sering bertarung dengan celurit saat kecil.

"Jadi, tidak memungkinkan. Darah Madura saya tidak memungkinkan untuk menjadi takut sama orang," ucap Artidjo sambil terkekeh.


Tak Takut Disantet

Darah Madura-nya itu pula yang bikin dia tidak takut disantet. Artidjo menuturkan, selama menjadi hakim agung, berbagai upaya santet ditujukan kepada dirinya.

"Kalau orang akan menyantet saya itu salah alamat juga. Katanya pernah mau disantet. Dipake foto saya katakan wah ini mesti kelas TK ini," kata dia.


https://m.liputan6.com/news/read/353...-hingga-santet


šŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’žšŸ’ž

Cocok ini Artidjo Alkostar jadi Dewan Pengawas KPK...
Kebal santet dan kebal dari ancaman pembunuhan...


emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Diubah oleh noisscat 17-09-2019 14:12
0
1.4K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThreadā€¢40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.