Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Haruskah Memindahkan Ibukota Ke Kalimantan? Bagaimana Bila Dipindahkan Ke Jonggol?

si.pemikirAvatar border
TS
si.pemikir
Haruskah Memindahkan Ibukota Ke Kalimantan? Bagaimana Bila Dipindahkan Ke Jonggol?

Halo Bray emoticon-Hai

Di thread opini gw pengen utarain opini gw dan bokap gw yang kebetulan keluar gitu aja pas lagi asik-asik ngopi. Kebetulan gw banyak belajar ilmu politik dan kepemimpinan dari beliau.



news.detik.com

Gw dan bokap tidak setuju bila dalam waktu dekat ibukota dipindahkan ke luar jawa. Alasan yang pertama karena faktor biaya. Karena memindahkan ibukota itu ga cuma mindahin presiden dan wakilnya, tapi juga mindahin pemerintahannya serta gedung-gedungnya. Seperti Kementrian Pertahanan, Kementrian Keuangan, Kementrian Hukum dan HAM dan Kementrian Agama sudah pasti akan dipindahkan. Nah untuk membangun 4 kementrian itu saja perlu biaya yang banyak. Belum lagi harus menyediakan rumah untuk para pegawainya yang jumlahnya tentu tidaklah sedikit. 



jateng.tribunnews.com

Alasan kedua adalah banyak ASN yang menolak untuk pindah ke Kalimantan. Padahal di awal pendaftaran syarat untuk menjadi ASN adalah sedia ditempatkan dimana saja, tapi giliran disuruh pindah menolak. Ya seharusnya mereka mendapatkan sanki dari penolakannya itu. Kalo hanya beberapa yang menolak tentu bukan menjadi masalah. Namun bagaimana bila yang menolak sebanyak 94.7 % dan bila dipaksa 78,3% ASN memilih mengundurkan diri (sumber datanya disini). Tentu bakal menjadi masalah baru. Mereka bisa saja memilih mengundurkan diri dan negara membuka lowongan baru untuk menggantikan mereka, tentu perlu biaya dan waktu. Apalagi bila ASN yang memiliki posisi tinggi juga ikut keluar. Perlu waktu untuk melatih orang untuk mengisi tempat kosong itu.



saranghaequotes.blogspot.com

Alasan ketiga, alasan yang banyak orang bahas. Yaitu masih banyak yang lebih penting dilakukan daripada memindahkan ibukota. Mulai dari BPJS, pendidikan, trasnportasi, kemiskinan dan lain-lain. Karena gw rasa pemindahan ibukota itu memang bukan hal yang urgent buat sekarang. Walaupun memang benar bila semakin lama ditunda maka biayanya juga semakin besar. Tapi apakah dengan pindahnya ibukota akan menyelesaikan masalah tersebut?

Nah setelah memberikan opini, tentu kita harus memberikan sarannya nya dong.



ekbis.ermol.id

Kalo saran ini sebenernya berasal dari bokap gw. Bokap bilang sebaiknya ibukota itu pindah ke daerah Jonggol atau daerah lainnya yang harga tanahnya masih murah dan tidak terlalu jauh dari Jakarta. Jadi biar kita ga perlu bangun kementrian tadi, dan ga perlu bikinin rumah untuk para pegawai maupun ASN. Kalo dilihat dari opini tadi, sebenernya saran dari bokap ini menjawab semua masalah itu. Selain itu biaya yang diperlukan tentu tidak sebanyak pindah ke Kalimantan. Walaupun masih berada di lokasi yang rawan gempa, sepertinya gempa yang terjadi tidak akan terlalu sering dan besar, tapi ya hanya Tuhan yang tau tentang gempa. Bisa saja kalimantan yang dianggap aman dari gempa bisa juga terkena gempa.

Mungkin itu saja opini dan saran dari gw dan bokap. 

Sumber artikel ini berasal dari pemikiran kami dan ada pula yang mengambil dari artikel lain dan sudah dicantumkan di atas. 

anasabila
Gresta
Gresta dan anasabila memberi reputasi
2
359
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.