Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

uratkumbangAvatar border
TS
uratkumbang
Sekolah Tak Punya Lapangan, Siswa Upacara Bendera di Kebun Bambu
Sekolah Tak Punya Lapangan, Siswa Upacara Bendera di Kebun Bambu

Bandung - Jarum jam menunjukkan tepat pukul 07.00 WIB. Bel sekolah pun berbunyi tanda siswa SDN Tanjung Biru, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, harus segera masuk ke kelasnya.

Karena hari Senin, setelah menyimpan tas, ratusan siswa di sekolah ini langsung bergegas ke lapangan untuk mengikuti upacara bendera. Karena tidak memiliki lapangan sendiri, siswa SDN Tanjung Biru harus menggelar upacara di kebun bambu milik warga.

Baca juga: Biker Tewas Terlindas Truk Tangki Pertamina di Cileunyi Bandung

Lahan sekolah yang ukurannya tidak terlalu besar hanya dijadikan sebagai ruangan belajar, perpustakaan, dan ruang guru. Tidak ada halaman di sekolah itu, sehingga para siswa harus berjalan sekitar 200 meter ke kebun bambu untuk upacara.

Pantauan detikcom Senin (16/9/2019), para siswa berbaris rapi di kebun bambu yang berada di Kampung Tanjung, Desa Biru, Kecamatan Majalaya. Meski hanya beralas tanah merah, para siswa itu tetap antusias mengikuti upacara.

Para siswa dan guru mengikuti upacara tanpa prosesi pengibaran bendera Merah-Putih. Sebab, tak ada tiang yang biasa digunakan untuk mengibarkan bendera. Sebagai gantinya, bendera sudah terpasang langsung di tiang bambu dengan penyangga ember bekas cat. Meski begitu, prosesi penghormatan bendera Merah-Putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya tetap dilakukan.

Upacara ini dipimpin langsung Kepala SDN Tanjung Biru Solehudin. Kepada detikcom, pria yang karib disapa Soleh ini mengatakan siswanya harus melaksanakan upacara di kebun bambu karena tidak memiliki lapangan upacara. Untuk itu, pihak sekolah menyewa kebun bambu kepada warga.

"Sekalipun sesederhana ini, upacara tetap dilaksanakan dan ini lapangan sebetulnya milik tetangga sekolah atau warga. Kami menyewa per tahun Rp 1 juta," katanya.

Soleh mengatakan SDN Tanjung Biru ini sudah ada sejak 1987. Menurutnya, pada tahun 2000-an, SDN Tanjung Biru memiliki lapangan upacara sendiri, namun kini tak ada karena lahannya dipakai untuk membangun gedung perpustakaan yang berasal dari bantuan pemerintah.
Sejak 2010, pihak sekolah pun menyewa lahan kebun bambu milik warga sebagai tempat upacara sekaligus lapangan olahraga. Pihak sekolah tidak menata kebun bambu dan memasang tiang bendera permanen karena lahan tersebut milik warga.

"Kalau lahan ditata, (lahan) ini milik warga, hanya pemelihara saja, parit-paritnya atau saluran air yang ada di kebun bambu ini. Kalau musim hujan, ini kan air tumpah, kadang-kadang tidak bisa dipakai," ucapnya.

Meski harus melaksanakan upacara di kebun bambu, para siswa tetap antusias dan bersemangat. "Tetap antusias, antusiasme cukup baik, wajar kalau ada keluhan. Meski harus upacara di tempat ini, mereka tetap bersemangat," ujarnya.

Sekolah Tak Punya Lapangan, Siswa Upacara Bendera di Kebun Bambu

Pihaknya berharap Pemkab Bandung, khususnya Dinas Pendidikan, membangunkan sarana lapangan untuk para siswa. Sebab, hingga saat ini belum ada pembahasan dari dinas akan membangunkan lapangan untuk sekolah tersebut.

Salah satu alternatifnya, kata Soleh, ada sebidang tanah milik warga tepat di belakang sekolah yang akan dijual. "Sampai saat ini belum ada pembahasan. Kami sudah ngobrol-ngobrol dengan Pak Korwil, katanya tidak ada program bantuan untuk pembelian tanah," ujarnya.

"Harapannya ada program untuk pembelian tahan, supaya ada lapangan yang baik. Ada yang mau menjual seluas 1.400 meter persegi tepat di belakang sekolah ini," ujar Soleh.


Sumur: https://m.detik.com/news/berita-jawa...bambu?single=1


2 hal yg membuat saya iri sama anak2 SD ini

Pertama: Jiwa Patriotisme nya luar biasa bgt.
Kedua: kalian enak ga kepanasan krn Upacara di kebun bambu, kalian sangat beruntung ga upacara di lapangan..

emoticon-Cool
anarchy0001
mibmobz
Richy211
Richy211 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2K
32
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.