lintangayudyAvatar border
TS
lintangayudy
Indahnya Berbagi Dalam Komunitas


Assalamualaikum, sobat kaskuser yang budiman.

Gansist tau apa itu komunitas?

Dilansir dari laman Wikipedia, komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama.

Nah dari pengertian di atas, kita bisa ambil kesimpulan bahwa komunitas itu suatu kelompok sosial yang di dalamnya terdapat orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama. 

Ane punya komunitas baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Gansist pasti juga punya dong, ya?

Baik komunitas di dunia nyata dan dunia maya sama-sama memiliki manfaat yang sama Gansist. Mau tau manfaat apa aja yang di dapat dari komunitas yang ane ikuti? Kuylah kita simak ....

1. Menambah Saudara.

Gansist percaya nggak dengan mengikuti suatu komunitas kita bisa memiliki saudara? Kalo ane sih yes! Karena ini pengalaman pribadi ane sendiri. Orang yang baru kita temui di komunitas hanya karena satu hobi yang sama kita bisa saling dekat, saling mendengar keluh kesah, saling support, saling berbagi kebahagiaan, saling mendoakan dan masih banyak yang lainnya.

2. Menambah Ilmu.

Berawal dari kecintaan ane membaca, ane diajakin temen untuk bergabung di salah satu grup kepenulisan terkeren di fb. Pertama ane hanya kembaca karya-karya orang lain saja, tapi ternyata di komunitas itu, ane tidak hanya mendapatkan bacaan saja di sana. Di sana, para member banyak yang membagikan ilmu kepenulisan dengan cuma-cuma dan dari sanalah ane bisa belajar menulis, dan sekarang selain membaca ane juga bisa menulis. Sangat terasa banget manfaatnya.

3. Menambah Rejeki

Koq bisa ikut serta dalam komunitas bisa menambah rejeki? Bisa banget dong, Gansist. Butuh bukti? Nih ane buktinya. Contoh komunitas kepenulisan di dunia maya saja ya? Berkat suatu komunitas kepenulisan tersebut ane jadi punya buku, Gansist. Yah walaupun masih antologi bareng temen-temen tapi dengan adanya itu ane bisa menjual dan mendapatkan uang. Eh tidak itu saja, ane juga ikut di komunitas Kaskus yang mana selain bisa menyalurkan hobi menulis kita, kita juga bisa mendapatkan uang. Sekarang percayakan bahwa komunitas itu bisa menambah rejeki kita?

4. Saling Berbagi


sumber gambar

Nah selain mendapatkan rejeki, kita juga bisa berbagi Gansist. Contoh ada salah satu anggota komunitas di grup penulisan yang ane ikutin di WhatsApp, dia lagi butuh banyak buku untuk perpustakaan keliling yang dia kelola. Beberapa saat setelah dia ngepost di grup, banyak anggota grup yang suka rela menyumbangkan buku-buku mereka. Merasa apa yang dilakukan salah satu member itu mulia, maka banyak member yang ikut serta membantu dengan cara menyumbangkan buku yang mereka punya.

Wah luar biasa banget ya manfaatnya bagi kita anggota komunitas. Selagi komunitas yang kita ikutin adalah bermanfaat maka insya Allah akan berdampak baik pula buat kita dan orang lain.

Selamat Hari Komunitas yang jatuh pada tanggal 28 September, semoga komunitas-komunitas yang kita ikuti tambah jaya dan solid serta bermanfaat bagi banyak orang, amiin.

Sekian dulu trit dari ane. Semoga manfaat.

Sampai jumpa di trit selanjutnya

Papay

Sumber tulisan. Dokpri
opabani
indahmami
blackrosest
blackrosest dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.1K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.