i.am.legend.
TS
i.am.legend.
Cegah Banjir, Pemprov DKI Keruk Sungai dan Waduk Sejak Dini



Cegah Banjir, Pemprov DKI Keruk Sungai dan Waduk Sejak Dini

Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi ancaman banjir pada musim hujan yang akan datang. Antisipasi dilakukan dengan sejumlah cara seperti pengerukan sungai dan pembersihan waduk.

Bahkan, Anies mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah melakukan itu sepanjang tahun.

"Kalau dari sisi pemerintah DKI, kami bekerja sepanjang tahun. Jadi, kegiatan untuk pengerukan sungai, kemudian pembersihan sungai, pembersihan waduk, pengerukan waduk itu dilakukan sepanjang tahun," kata Anies di Ancol, Jakarta, Sabtu (14/9).

Anies menyebut musim kemarau yang tengah berlangsung saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan pengerukan. Pasalnya, kondisi sungai kini tengah surut dan memudahkan pengerjaan.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga sedang menunggu pengerjaan waduk di daerah sekitar Bogor hingga Jakarta dari pemerintah pusat. Menurut Anies, penyelesaian proyek itu bakal molor tak sesuai jadwal.

Padahal, kata Anies, Pemprov DKI Jakarta sangat menanti proyek waduk itu segera selesai. Dia mengatakan waduk tersebut bisa bermanfaat untuk mengantisipasi banjir.

"Saya dengar mereka mundur waktunya, yang seharusnya diselesaikan akhir tahun ini, laporan dari Kementerian PUPR belum selesai sesuai jadwal karena ada kendala pembebasan lahan disana. Tapi, kami pantau terus," ungkap Anies.

Sebelumnya, BPBD DKI Jakarta sempat mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dan banjir di beberapa wilayah DKI Jakarta. Peringatan itu disampaikan melalui akun Twitter

Dalam peringatan disebutkan bakal terjadi hujan di sejumlah wilayah di DKI Jakarta dan sekitarnya pada Kamis (12/9). Kemudian, para camat dan lurah rawan banjir atau longsor diminta bersiaga.


(ptj/bmw)
sumber
☆☆☆☆☆☆☆

Berharap bendungan yang dibuat pemerintah pusat selesai tepat waktu agar nantinya bisa diklaim bahwa Jakarta luput dari banjir besar karena hasil kerjanya. Udah gak heran.

Pengerukan kali-kali di Jakarta?
Yang biasa disorot dan jadi langganan banjir adalah kali Ciliwung, kali Pesanggrahan, kali Krukut, kali Pondok Jaya/Pondok Karya, kali Kemang Utara. Itu yang sering disorot oleh para pendukung Anies sebelum Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Ada baiknya bagi kaskuser yang tinggal di Jakarta menyumbang foto penampakan pengerukan kali-kali ini atau kali-kali lain yang belum disebut sebagai pembanding dan untuk memberikan bukti benar tidaknya yang diklaim oleh Anies Baswedan, agar antara yang pro dengan Anies Baswedan dan yang mengkritisi bisa melihat langsung progresnya.

Mungkin sampai saat ini Jakarta masih selamat dari banjir besar karena siklus 5 tahunan belum datang. Sementara kemarau juga masih bersahabat dengan Anies Baswedan.

Nanti kalau ternyata semua usaha Gubernur Jakarta ternyata benar bisa mencegah banjir besar, kita harus apresiasi. Tapi kalau ternyata hanya wacana tanpa arti dan tanpa solusi kongkrit, hanya menyalahkan pembangunan infrastruktur lagi, semoga Ustadz yang ada di propinsi lain tetangga Jakarta, mau berlaku adil dan tidak munafik, berani berkata apa adanya.

Semoga.
Diubah oleh i.am.legend. 15-09-2019 08:00
vegasigitpmaybelopahjagotorpedo
jagotorpedo dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.4K
51
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.