• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Facebook Cafe Hadir di Jakarta Sekaligus Gelar Kampanye Kesadaran Privasi Data

bananacookieAvatar border
TS
bananacookie
Facebook Cafe Hadir di Jakarta Sekaligus Gelar Kampanye Kesadaran Privasi Data

Indonesia memiliki jumlah pengguna internet yang besar. Menurut data dari Kominfo, Indonesia memiliki sejumlah 63 juta penduduk yang merupakan pengguna internet aktif. Bahkan termasuk dalam nomor 4 pengguna Facebook terbesar di dunia setelah USA, Brazil, dan India.

Diantara banyaknya jumlah pengguna media sosial, ternyata nggak semuanya paham akan pentingnya perlindungan privasi dari media sosial yang mereka akses. Hmm, pantesan aja ya banyak orang yang “kecolongan” akan privasi yang mereka miliki saat berselancar di media sosial.


Berdasarkan fenomena tersebut, Facebook pun secara resmi membuka Facebook Cafe yang berada di kawasan Melawai selama tiga hari, yaitu 13-15 September 2019. Keberadaan pop up cafe ini sekaligus bertujuan untuk mengkampanyekan perlindungan privasi dalam penggunaan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan juga Whatsapp.



“Antusiasme pengguna Facebook, Instagram, dan Whatsapp sangat besar di Indonesia dan terus meningkat. Kita ingin barengi antusiasme yang tinggi tersebut dengan tingkat kesadaran menjaga privasi dan keamanan di platform online,” ujar Noudhy Valdryno selaku Manajer Kampanye Kebijakan untuk Facebook di Indonesia.


Secara umum sih mirip dengan cafe biasa, tapi di Facebook Cafeini kita semua juga diajak untuk mengikuti sejumlah tes privasi yang secara nggak langsung bisa dijadikan tolok ukur Gan, sejauh mana pemahaman kita tentang fitur kendali di Facebook, Instagram, dan juga Whatsapp. Hal ini bisa mencegah terjadinya hal-hal yang nggak kita inginkan, seperti peretasan akun hingga terjadinya penipuan.



Ane sendiri udah nyobain nih. Saat datang ke sana, ane diminta untuk mengisi sejumlah kuisioner yang telah disediakan. Setelah mengikuti tes tersebut, ane mendapatkan sebuah kartu yang menandakan sejauh mana pemahaman ane terhadap fitur keamanan yang telah disediakan oleh Facebook, Instagram, dan juga Whatsapp. Setiap orang akan memiliki hasil yang berbeda-beda. 


Kartu yang ane dapatkan berwarna biru Gan, dan kemudian kartu tersebut bisa ditukarkan dengan makanan yang disajikan menggunakan ekspresi emoji. Ane mendapatkan emoji dengan ekspresi sedih, mungkin karena artinya ane belum terlalu aware dengan pentingnya perlindungan privasi pada tiga platform tersebut kali ya wkwk menyedihkan sekali.



Jakarta merupakan kota ketiga tempat berlabuhnya Facebook Cafeini, setelah diadakan di Inggris dan Jepang. Jika Agan Sista tertarik untuk datang, kalian bisa langsung mengunjunginya di Filosofi Kopi Kawasan Melawai. Pop up cafe ini hanya dibuka sementara aja Gan, di sini kalian akan diajak untuk memahami gimana pentingnya menjaga privasi dari media sosial yang kalian gunakan. Karena jumlah pengguna platform media sosial seperti Facebook, Instagram, juga Whatsapp di Indonesia sangat tinggi jumlahnya. Perlindungan privasi pun merupakan hal penting yang wajib dipahami. 

Gimana nih menurut Agan Sista, apakah kalian tertarik untuk datang?


anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2.4K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.