benben98Avatar border
TS
benben98
Sering Berkeringat Walaupun Habis Mandi? Ini Penjelasannya

Rasanya menjengkelkan, kalau nggak lama setelah kita mandi badan kita langsung keringetan lagi. Bukannya merasa segar, keringat yang keluar malah bikin badan terasa gerah habis mandi. Percuma dong mandi bersih-bersih? Masa iya sih, harus mandi lagi?

Kondisi seperti ini wajar dialami, Gan, dan bisa disebabkan karena kondisi tertentu.

Menurut dermatology dari Cleveland Clinic, Shilpi Kheterpal, seperti dilansir dari POPSUGAR, fenomena seperti ini biasanya terjadi setelah mandi air hangat. Air hangat yang terpapar pada kulit akan terus menghangatkan tubuh bahkan setelah selesai mandi.

“Uap dari air panas, dikombinasikan dengan temperatur yang juga lebih hangat akan meningkatkan kelembapan dan suhu di kamar mandi. Ini membuat suhu tubuh kita meningkat dan membuat kita berkeringat,” jelas Khetarpal. Selain itu, balutan pakaian dan handuk yang kita gunakan setelah mandi juga bisa membuat suhu tubuh kita semakin hangat dan berkeringat lebih banyak.


Kemungkinan lain yang membuat tubuh berkeringat setelah mandi adalah kondisi tubuh yang sedang demam, atau baru saja selesai olahraga yang bisa meningkatkan suhu basal tubuh, yakni suhu yang dicapai tubuh selama istirahat.

Terus menerus mengeringkan kulit dengan handuk setelah mandi bukan solusi masalah ini. Gosokan handuk pada kulit malah akan menimbulkan panas dan bisa berujung pada iritasi dan penyakit kulit yang lebih parah.

Lalu gimana cara mencegah, atau seenggaknya mengurangi keringat setelah mandi?Dr. Khetarpal  punya beberapa saran.

1. Jangan langsung mandi setelah berolahraga. Tunggu kira-kira 20 hingga 30 menit sebelum masuk ke kamar mandi. Waktu tunggu ini akan menurunkan suhu tubuh yang tinggi setelah berolahraga, dan akan mengurangi keringat.

2.  Bagi yang mandi menggunakan air hangat, turunkan temperatur air sedikit demi sedikit sebelum keluar dari kamar mandi. Menurunkan temperatur air secara perlahan akan membantu menurunkan suhu tubuh. Menurut Khetarpal, tubuh butuh waktu sekitar 10 detik untuk menyesuaikan dengan suhu ruangan yang baru. Jadi, terus turunkan suhu air secara perlahan selama minimal 10 detik sebelum selesai mandi.


3. Bilas rambut dengan air dingin sehabis mandi.. Air dingin yang disiramkan ke kepala akan membilas sisa-sisa air panas yang menempel pada rambut dan kulit kepala yang bisa menyebabkan berkeringat terus-menerus.  

4. Pastikan kamar mandi punya sirkulasi udara yang baik, dan segera jauhkan diri dari lingkungan yang  lembap di sekitar kamar mandi setelah selesai mandi.

5. Jika suhu tubuh masih panas, rendam handuk kecil dalam air dingin, dan  usapkan pada wajah dan kulit kepala. Metode ini akan membantu mendinginkan suhu tubuh.

Itu dia Gan, beberapa tips supaya Agan nggak berkeringat lagi setelah mandi. Jadi, nggak perlu repot-repot mandi atau bilas lagi ya. emoticon-Big Grin



Diubah oleh benben98 13-09-2019 03:38
bnoorraini
Fey1985
danQe
danQe dan 14 lainnya memberi reputasi
15
9.4K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
Lifestyle
icon
10.4KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.