Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

enryuu1Avatar border
TS
enryuu1
Mampukah pindah ibukota selamatkan Jakarta?
Mampukah pindah ibukota selamatkan Jakarta?

Sudah diputuskan bahwa ibukota akan dipindahkan ke Kalimantan timur. Banyak hal yang melatar belakangi pemindahan ini namun alasan yang paling masuk akal adalah kondisi Jakarta yang memprihatinkan.

Jakarta saat ini begitu padat dengan penduduk yang memenuhi lahan kecil kota tersebut. Banyaknya penduduk menyebabkan kemacetan dan polusi yang tak terkira jumlahnya. Jakarta juga menjadi sarang bagi para perantau yang akhirnya menjadi gelandangan karna sempitnya lapangan kerja. Belum lagi jika kita melihat jumlah kejahatan di ibu kota ini.

Kondisi Jakarta sudah amat memprihatinkan karna itu pemindahan ibukota memang jalan yang tepat. Selain karna Kalimantan timur lebih dekat dengan tengah tengah Indonesia dan juga negara asia lain pemindahan ibukota juga bisa ‘menyembuhkan’ Jakarta.

Coba bayangkan jika nantinya Kalimantan timur sudah menjadi ibukota. Orang orang akan berhenti berdatangan untuk merantau ke Jakarta dan putar haluan ke Kalimantan timur. Banyak pegawai pegawai negeri di Jakarta juga akan pindah ke Kalimantan timur. Hal ini akan menyebabkan jumlah manusia yang menghuni Jakarta akan jauh berkurang.

Jika sudah berkurang lalu apa? Sampah sampah akan mulai berkurang dan polusi akan sedikit demi sedikit memudar. Dengan jumlah manusia yang sudah berkurang kebisingan dan kemacetan pun akan semakin dan semakin berkurang.

Pemindahan ibukota adalah jalan yang amat baik untuk menyelamatkan Jakarta dari bahaya yang lebih besar. Meski amat sayang rasanya meninggalkan seluruh fasilitas fasilitas negara di Jakarta namun Jakarta dapat menjadi kota yang indah nantinya.

Namun bagaimana nasib ibukota yang berikutnya? Kalimantan timur akan menjadi kota yang ramai dan banyak orang akan mengadu nasib di tanah tersebut. Memang Kalimantan timur lebih luas dibanding Jakarta namun hal itu hanya akan memperlambat kehancuran Kalimantan timur.

Kalimantan timur akan lambat laun menjadi seperti Jakarta dengan pembangunan tanpa henti dan banyaknya manusia yang akan tinggal disana. Belum lagi masalah hutan hutan Kalimantan yang akan digunduli demi lahan hunian. Kalimantan timur hanya akan bernasib sama seperti Jakarta sekarang.

Jika manusia nya tidak berubah maka dimanapun ibukotanya kehancuran lah yang yang ada disana. Jika Kalimantan timur hancur karna menjadi ibukota maka apa kita akan pindah lagi?

Marilah benahi diri kita dan jadilah penduduk ibu kota yang baik. Perhatikanlah kesejahteraan alam dan jangan biarkan kerusakan Jakarta kembali terjadi di Kalimantan timur. Semoga pemindahan ibukota ini bisa menjadi awal yang baru bagi kita semua.
zdmass
zdmass memberi reputasi
1
231
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.