alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7b0f9468cc954939136410/murka-bj-habibie-saat-banyak-perempuan-tionghoa-diperkosa-mei-1998
Lapor Hansip
13-09-2019 10:40
Murka BJ Habibie saat Banyak Perempuan Tionghoa Diperkosa Mei 1998
Murka BJ Habibie saat Banyak Perempuan Tionghoa Diperkosa Mei 1998


Suara.com - Komisioner Komnas Perempuan Mariana Amiruddin mengenang jasa BJ Habibie saat merespons terjadinya kerusuhan pada 1998.
Presiden ke-3 RI tersebut, dulu turun tangan menangani kasus perkosaan massal yang dialami perempuan etnis Tinghoa.

Situasi krisis politik dan ekonomi pada1998 begitu menyudutkan BJ Habibie sebagai presiden yang baru dilantik. Ia dituntut mengambil keputusan di balik berbagai kekacauan yang terjadi.
Mariana Amiruddin lantas teringat pernyataan Habibie saat peringatan tragedi Mei 1998 di TPU Pondok Rangon pada 2017.

Hal itu tertuang dalam tulisan pendek yang disebar Mariana melalui akun pribadinya, Kamis (12/9/2019).

Saat itu, tulis Mariana, suami Ainun duduk bersama sejumlah aktivis Komnas Perempuan seperti Saparinah Sadli, Syamisah Ahmad dan Eyang Sri.
BJ Habibie lalu membuka memori lama saat menjadi presiden yang harus mendengarkan rakyat namun juga harus mengambil keputusan di masa-masa transisi kepemimpinan Soeharto dan dirinya.

"Tidak mudah karena dalam situasi krisis dan masa transisi, dimana banyak terjadi konflik, keinginan berpisah dari Indonesia, saya sebagai presiden harus berperan untuk mendengarkan suara rakyat. harus merendah hati dihadapan rakyat, karena suasana masih panas dan sensitif," terang Habibie kala itu.


Salah satu polemik yang tak terlupa yakni kasus kekerasan seksual yang menimpa wanita, di mana banyak etnis Tionghoa yang mengalami perkosaan dan pembunuhan. Sejumlah pihak mendesak Habibie untuk menuntaskan kasus itu.

Walhasil, pria kelahiran Parepare itu pun mengambil kebijakan untuk membentuk tim gabungan pencari fakta yang berasal dari masyarakat sipil agar objektif.

Sebagai tindak lanjut, Habibie juga membentuk Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan, memenuhi permintaan para aktivis.

"Perempuan-perempuan pemberani inilah yang membuat saya bisa mengambil keputusan, untuk menerbitkan peraturan presiden tentang pembentukan Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan, terkait kekerasan seksual yang terjadi pada saat situasi kerusuhan Mei 98," ungkap Habibie sambil menunjuk tiga wanita di sampingnya.

Di lain pihak, pascaperingatan tersebut sempat beredar pemberitaan simpang siur tentang kasus perkosaan. Beberapa pihak mengabarkan bila kasus itu tidak pernah ada. Namun Habibie menyangkal kabar itu, ia berani bersaksi bahwa tindakan tersebut nyata adanya.

Untuk itu, dengan tulus Presiden ke-3 RI menyampaikan permintaan kepada para korban perkosaan serta korban lainnya yang mengalami kekerasan dan penjarahan saat tragedi Mei 1998.

sumber: https://www.suara.com/news/2019/09/1...rkosa-mei-1998

selamat jalan Pak Rudi



profile-picture
profile-picture
bayukuya1988 dan lupis.manis memberi reputasi
2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 3
Lapor Hansip
13-09-2019 11:48
Balasan post smirting
Quote:Original Posted By smirting
@sudutdermaga klo ga brani syahadat bilang saja kamu takut sya ga takut syahadat ko syahadat ko diblg mlawak jelas kamu bukan islam syahadat itu landasan paling dasar bukannya mlawak


Agan-agan kaskuser yg liat koment ini, masak ane di suruh syahadat di sini , jelas out of topic dari thread emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

btw ente duluan aje gan yg syahadat di mari emoticon-Ngakak
syahadat kok di mari emoticon-Hammer2
0
Lapor Hansip
13-09-2019 11:49
Balasan post Zielregent
@Zielregent ngaco bener contoh negara adidaya macam amerika mau buruk mau jelek mau bagus semua dibuka dokumentasinya ke publik bahkan pelakunya arab saudi sekutunya sendiri aja dibuka nggak takut
profile-picture
profile-picture
bayukuya1988 dan wen12691 memberi reputasi
2
13-09-2019 11:50
Quote:Original Posted By cocacolabottle
Karma nya msh terasa smp skrg terbukti nyata spt ap gan?


Mereka yang merkosa + ngejarah liat hidupnya
Tambah sejahtera? Nggak kan? Tetep aja kere dan kelakuan kek setan

Yang dijarah & diperkosa? Sebagian move on & tetep aja hidup layak / berkecukupan / udah tinggal di luar negri malah emoticon-Big Grin
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
13-09-2019 11:51
Balasan post sudutdermaga
@sudutdermaga liat apa disini?? org2 suruh liat kmu kafirun yg nyamar jadi islam gitu ??mmgnya kalau kamu bukan islam ngaku aja ga ada oot ko yg saya bilang kan ga ada cina muslim jadi korban pembantaian 1998 dan itu fajta , kalau fakta kamu mn?
0
13-09-2019 11:56
tetap aja alm. kelamaan ngerespon kerusuhan.gw ngalamin tu mei 98,perlu waktu berminggu2 kerusuhan yg nyaris dibiarkan(mau ga mau warga sekitar jaga komplek masing2)

stlh berminggu2 baru keluar perintah tembak ditempat bagi pelaku perusuh dan penjarah
0
Lapor Hansip
13-09-2019 12:00
Balasan post wen12691
Quote:Original Posted By wen12691


Mereka yang merkosa + ngejarah liat hidupnya
Tambah sejahtera? Nggak kan? Tetep aja kere dan kelakuan kek setan

Yang dijarah & diperkosa? Sebagian move on & tetep aja hidup layak / berkecukupan / udah tinggal di luar negri malah emoticon-Big Grin


yg ikut ngejarah hidupnya ga tambah makmur..malah satu negara jd makin terpuruk investor kabur dan dolar makin melambung

yg diperkosa trauma seumur hidup,malah ada korbannya anak anak sd

zaman segitu byk dibandara soeta yg jual mobil 1jt doang lepas kunci,wong rumah sdh habis dijarah dan ga niat menginjakkan kaki ke indonesia lagi
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
13-09-2019 12:01
Balasan post donal.duck.
@Zielregent Berarti sudah istilahnya tau sama tau aja biarpun belum pasti benar juga, yang jelas 'orang kuat', sudah biarkan sampai di situ.
0
13-09-2019 12:14
Quote:Original Posted By baiquni.banksat
Murka BJ Habibie saat Banyak Perempuan Tionghoa Diperkosa Mei 1998

emoticon-Malu


Uclim apda kejet2 ga tau kenyataan ini?
0
13-09-2019 12:22
Quote:Original Posted By baiquni.banksat
Murka BJ Habibie saat Banyak Perempuan Tionghoa Diperkosa Mei 1998

emoticon-Malu


klo fpi hti mah mah bukan islam yg lo maksud gan... mrk congek kadal gurun yg ngaku islam
emoticon-Leh Uga
0
13-09-2019 12:24
Quote:Original Posted By beritafilistin
yg ikut ngejarah hidupnya ga tambah makmur..malah satu negara jd makin terpuruk investor kabur dan dolar makin melambung

yg diperkosa trauma seumur hidup,malah ada korbannya anak anak sd

zaman segitu byk dibandara soeta yg jual mobil 1jt doang lepas kunci,wong rumah sdh habis dijarah dan ga niat menginjakkan kaki ke indonesia lagi


Iya
Salah satunya paman gw
Honda civic taun 90an dijual 500rb di bandara,
Rumah dijual murah ke iparnya
skg udah tinggal di guangzhou dan ga mau pulang ke sini lagi

Ini negara imbas dari pemerkosa dan panasbung jaman dulu nih tukang jarah
Ekonomi susah maju + investor ga percaya simpen duit d sini...sementara negara sama sekali ga ada niat menjarain otak & pelaku kerusuhan & pemerkosa demi nyelamatin muka muka pejabat angkatan tua yang punya konspirasi
Eat karma then emoticon-Big Grin
Diubah oleh wen12691
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
13-09-2019 12:46
Balasan post baiquni.banksat
Quote:Original Posted By baiquni.banksat
Murka BJ Habibie saat Banyak Perempuan Tionghoa Diperkosa Mei 1998

emoticon-Malu


apa? emoticon-Kagets


jadi agama perfect dari kaum sipiters+babi mania? emoticon-Kagets









ngomongin karma emang ngeri ngeri sedap

kayak didaerah gw lah, chinese selalu jadi bahan bully ama korban bigot tapi tetep kalo mau minta tolong ato butuh apa apa ke mereka emoticon-Leh Uga

tapi mereka pinter, begitu tau cuman dimanfaatin langsung kabur dan ngacungin jari tengah ke para kaum suci emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
bayukuya1988 dan wen12691 memberi reputasi
2
Lapor Hansip
13-09-2019 12:57
Balasan post smirting
@smirting emoticon-Leh Uga lihat kebodohan ente gan emoticon-Hammer2 , fakta darimana gak ada cina muslim yg jadi korban gan? punya ente? emoticon-Leh Uga
0
Lapor Hansip
13-09-2019 12:59
Balasan post wen12691
Quote:Original Posted By wen12691


Iya
Salah satunya paman gw
Honda civic taun 90an dijual 500rb di bandara,
Rumah dijual murah ke iparnya
skg udah tinggal di guangzhou dan ga mau pulang ke sini lagi

Ini negara imbas dari pemerkosa dan panasbung jaman dulu nih tukang jarah
Ekonomi susah maju + investor ga percaya simpen duit d sini...sementara negara sama sekali ga ada niat menjarain otak & pelaku kerusuhan & pemerkosa demi nyelamatin muka muka pejabat angkatan tua yang punya konspirasi
Eat karma then emoticon-Big Grin


Saya percaya karma dari perbuatan selalu ada di hidup ini, meski mungkin gak langsung skrg kepada pelakunya, tapi bisa ke anak cucu dst. Pelaku pemerkosaannya akan bertanggung jawab kelak di pengadilan akhirat, meski mungkin lolos dari hukum di dunia.
Hidup ini terikat pada sebab akibat, karena rasisme anti aseng asing, ya gimana para investor mau nanam modal disini, gak aman, buruh demo2. Pemuka2 agamanya gak sungkan pamer kebencian terhadap agama lain, mengkafir2kan orang, padahal menurut saya, hak untuk menilai iman dr seseorang adalah wewenang mutlak dari Tuhan. Ironis sekali, sebuah negara indah yg dulu kaya akan budaya, bahasa dan kekayaan alam sekarang menjadi seperti ini, kehilangan jati diri dan budayanya, utang numpuk, korupsi hampir juara dunia.
Takdir yg menyedihkan mungkin menunggu di masa depan kalo kita masih suka rasis, negara ini mungkin kelak akan terpecah2 antara Muslim dan non Muslim, dan perang saudara tentunya.
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
1
13-09-2019 13:05
Astajim emoticon-Mad
Ferkusi cinak ferkosa amoy itu surga imfian ummat mustclaim khususon nasbungtaik kere emoticon-Mad
Ini sufaya menghalalkan meqi amoy ramfasan ferang yaa akhii emoticon-Mad
Kenafa berani-beraninya si habibi marah tidak menyetujui ferilaku ahli syurga emoticon-Mad
Bagi kaum nasbungtaik kere, si habibi matek berkah demi imfian ke defan mengulangi frestasi '98 emoticon-Mad
Wahayy ummat mustclaim!! emoticon-Mad
Siaf feraang?! Siaf jihaat?! TAKE BEERR!!! emoticon-Mad
emoticon-Belgia emoticon-Belgia emoticon-Belgia
0
Lapor Hansip
13-09-2019 13:22
Balasan post sudutdermaga
@sudutdermaga yg ada kebodohan itu kmu sendiri ada saudara ipar sy sendiri cina muslim kamu ada bukti kalau kamu cina muslim ? brani bersumpah sebagai org islsm kamu tidak dusta saya brani !
0
13-09-2019 13:38
Keji bgt yak! PKI itu! Klo islam masak memerkosa! Zinah dan membunuh dosa besar!
0
13-09-2019 13:53
Quote:Original Posted By tali_sandal
Saya percaya karma dari perbuatan selalu ada di hidup ini, meski mungkin gak langsung skrg kepada pelakunya, tapi bisa ke anak cucu dst. Pelaku pemerkosaannya akan bertanggung jawab kelak di pengadilan akhirat, meski mungkin lolos dari hukum di dunia.
Hidup ini terikat pada sebab akibat, karena rasisme anti aseng asing, ya gimana para investor mau nanam modal disini, gak aman, buruh demo2. Pemuka2 agamanya gak sungkan pamer kebencian terhadap agama lain, mengkafir2kan orang, padahal menurut saya, hak untuk menilai iman dr seseorang adalah wewenang mutlak dari Tuhan. Ironis sekali, sebuah negara indah yg dulu kaya akan budaya, bahasa dan kekayaan alam sekarang menjadi seperti ini, kehilangan jati diri dan budayanya, utang numpuk, korupsi hampir juara dunia.
Takdir yg menyedihkan mungkin menunggu di masa depan kalo kita masih suka rasis, negara ini mungkin kelak akan terpecah2 antara Muslim dan non Muslim, dan perang saudara tentunya.


Dan konyolnya ini negara kesan nya membiarkan yg satu ini
Giliran udah pecah baru nyesel
Tapi yang radikal dan tukang pecah belah dibiarin berkeliaran, coba jaman pak harto, udah tinggal karung mereka
0
Lihat 5 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Lapor Hansip
13-09-2019 17:06
Balasan post wen12691
Quote:Original Posted By wen12691


Dan konyolnya ini negara kesan nya membiarkan yg satu ini
Giliran udah pecah baru nyesel
Tapi yang radikal dan tukang pecah belah dibiarin berkeliaran, coba jaman pak harto, udah tinggal karung mereka


- entar kalo diladenin pasti bakal tereak terak anti agama, mengekang kebebasan, intolerant, tirani dlsb.

inget kan dulu yang pas ketahuan sumber provokasi ama radikal ternyata dari situs agama - dipretelin menkominfo langsung pada teriak anti islamlah, mengekang kebebasan berpendapat dlsb?

terus pas pemerintah punya wacana blacklist pemuka agama, kan dibilang pkilah, anti agamalah

makanya sebenarnya gw berharap jokowi mulai kayak ahok, berani frontal ama bodo amat, lah ini malah maunya main aman melulu
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
13-09-2019 17:08
Balasan post wen12691
@Abc..Z ga yakin bakal berani
liat aja sampingnya....belom beking nya....ga berharap banyak gw
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.