kaum.milenialAvatar border
TS
kaum.milenial
Sukses Transplantasi Kornea Babi, Mata Wanita Ini Kembali Bisa Melihat


Liputan6.com, Beijing - Huang Yuanzhen, orang pertama di dunia yang menerima transplantasi kornea dari babi, dikabarkan kembali bisa melihat ke tingkat yang hampir normal, lapor Chutian Metropolitan Daily.

Wanita warga negara China itu menjalani proses operasi di Wuhan Union Hospital pada 2010. Pemeriksaan yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan penglihatan mata kanannya telah mencapai 0,5 --tingkat penglihatan yang hampir setara dengan orang normal.

Mata kanan Huang terluka parah dalam kecelakaan pada tahun itu. Satu-satunya cara baginya untuk mendapatkan kembali penglihatannya adalah melakukan transplantasi kornea.


Namun, karena kurangnya donor kornea, Huang harus menunggu selama tiga bulan dan dikhawatirkan luka mata Huang justru kian memburuk. Kala itu, kebetulan pihak rumah sakit sedang melakukan uji klinis untuk kornea bio-engineered atau rekayasa biologis.

Huang menyanggupi untuk menerima transplantasi kornea tetapi bukan dari manusia, melainkan babi. Setelah pembedahan, ia mengaku penglihatannya berangsur-angsur membaik.
Sekarang, penglihatan mata kanannya telah mencapai 0,5 dibandingkan dengan mata kirinya yang normal, yakni 0,6.

"Saya sekarang dapat memasukkan benang ke dalam lubang jarum dan membaca koran. Yang lebih penting, saya bisa menyaksikan cucu saya mengikuti ujian masuk perguruan tinggi nasional. Saya sangat senang," ujar Huang, seperti dikutip dari Asia One, Senin (10/9/2019).

sumur
Diubah oleh kaum.milenial 12-09-2019 13:29
ustad.syam
bayukuya1988
rizaradri
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3.5K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.