amikurniaAvatar border
TS
amikurnia
Kelebihan - Kekurangan Pemindahan Ibu Kota



Assalamualaikum wr.wb
Salam sejahtera buat semuanya emoticon-Matahari

Sampai jumpa lagi dengan saya, artikel kali ini mengangkat tentang apa keuntungan maupun kerugian mengenai pemindahan ibukota dimana sebelumnya ada di Jakarta Jawa Barat namun sekarang akan pindah ke Pulau Kalimantan.

Banyak pro dan kontra mengenai pemindahan ibukota, mulai dari kondisi lingkungan Jakarta yang terlampau padat hingga beberapa komentar dari beberapa pelaku politik mengenai pembenahan jakarta.

Sumber : harianhalmahera.com


Ini berdasarkan pandapat dari saya selaku warga negara biasa, jadi bukan sebagai pandangan makro atau pandangan personal dalam melihat kelebihan maupun kekurangan dari proses maupun efek dari pemindahan tersebut.

Kalau menurut saya, kelebihandari pemindahan ibukota ke tempat yang baru yaitu :

1. Polusi udara


Sumber : cnnindonesia.com


Dari segi lingkungan, kita bisa melihat banyak keuntungan dari pemindahan tersebut. Kondisi alamnya yang masih asri, belum tercemar oleh polusi kendaraan bermotor.

Kemarin juga sempat disinggung oleh pemerintah pusat bahwa pemindahan pemerintahan bukan karena kesalahan pemerintah daerah setempat. Melainkan karena polusi udara di Jakarta sekarang sudah melebihi ambang batas toleransi yang dapat mengganggu pernafasan.

2. Keadaan Alam


Sumber : krangganweb.blogspot.com


Pulau Kalimantan merupakan salah satu daerah yang tidak dilewati oleh cincin api atau ring of fire. Jadi dengan pemindahan tersebut dapat diharapkan jauh dari bencana gempa bumi yang ada. Dikarenakan Indonesia dikenal dengan daerah cincin api.

3. Pusat Pemerintahan

Dengan adanya pemindahan maka dapat diharapkan pusat perekonomian maupun pemerintahan yang sebelumnya terpusat di pulau Jawa dapat dibagi, dengan tujuan untuk mengurangi beban kerja dari 1 tempat saja. Istilah ini dikenal dengan Jawasentris, dimana segala bentuk kegiatan terutama roda perekonomian pusat hanya terdapat di pulau Jawa saja.

Sekarang saya akan membahas k kekurangandari pemindahan Ibukota sebagai temoat pemerintahan :

1. Biaya


Melihat namanya pemindahan pasti membutuhkan banyak biaya yang besar. Dikarenakan proses pembangunan setidaknya kebutuhan material yang tidak sedikit dan meperlukan banyak pekerja yang profesional di bidangnya.

2. Pari-paru dunia

Hutan di Pulau Kalimantan dapat menyumbang kebutuhan oksigen bagi kelangsungan hidup makhluk bumi. Dikarenakan adanya kebakaran hebat yang terjadi di hutan Amazon baru-baru ini, tentunya berpengaruh dengan kondisi udara.



Dengan adanya pemindahan, maka dibutuhkan lahan yang luas sebagai tempat pemerintahan yang baru. Belum lagi para pengembang yang melihat potensi di tempat yang baru, pasti akan muncul kegiatan perekonomian yang baru. Tentunya banyak orang yang membuka lahan baru disana, pastinya dapat mengurangi lahan terutama hutan yang masih alami. Dapat berpengaruh kepada kondisi udara, mengingat hutan sebagai paru-paru bagi dunia penghasil oksigen.

Sekian pendapat dari saya sebagai orang awam, semoga dengan adanya pemindahan dapat membawa hasil yang positif bagi bangsa Indonesia, dan tidak menimbulkan hasil yang negatif bagi lingkungan.

Jangan lupa rate dan cendolnya ya Gan/Sist.
Sekian dan Terima Kasih atas kunjungannya di Thread saya emoticon-shakehand


GIF
0
696
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.