Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kelayan00Avatar border
TS
kelayan00
Sukses Mencari Teman, Sukses Cari Pasangan, Simak Tipsnya

Halo, Gansist, jumpa lagi sama thread gw. Kali ini gw mau berbagi tips agar sukses mencari teman, juga sukses mencari pasangan. Tepatnya sih bukan tips, tapi berbagi pengalaman. Jika sependapat dan bisa bermanfaat, ya syukur.

Tapi, jika tidak sependapat, silakan ngomel. Gak papa kok, asal jangan kasar. Sebab gw juga bisa lebih kasar. Patung macan, gw plototin, anteng, gak berani gerak.

Ini merupakan pengalaman gw. Dulu waktu remaja gw juga mengalami kesulitan di dalam pergaulan. Jika bergaul sesama jenis saja susah, apa lagi mau bergaul sama lawan jenis, pasti lebih susah lagi. Terus, kalau bergaul sama lawan jenis susah, bagaimana mau mendapatkan pasangan?

Pas lagi kumpul sama temen-temen, mau ngomong takut, mau bercanda juga takut. Paksa dah jadi pendengar yang baik. Padahal, kalau lagi kumpul, seharusnya lebih banyak nyeloteh, lebih banyak bicara, lebih banyak bercanda. Pendengar sama artinya dengan penonton. Bukan tokoh utama.

Minder. Tidak percaya diri. Penyakit itulah yang gw alami. Jangankan sama teman beda jenis, sama temen satu jenis saja gw malu-malu. Kadang malu-maluin.

Tapi gw menyadari itu. Gw tetus berpikir bagaimana cara untuk menumbuhkan percaya diri. Supaya tidak lagi minder. Supaya mudah bergaul. Punya banyak teman dan disukai teman.

Gw keluar masuk perpustakaan. Gw cari buku yang bisa membantu untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Akhirnya berhasil. Tapi tentu tidak seperti membalikan telapak tangan. Perlu proses, perlu latihan dalam waktu yang cukup lama.

Tips-tips yang gw peroleh memang cukup banyak. Tapi dikesempatan ini gwa hanya berikan sebagian, yang menurut gw merupakan point yang penting.


1. Perluas Wawasan


Quote:


Perbanyak membaca buku

Buku yang dibaca bisa apa saja. Bisa buku pelajaran, buku cerita, puisi, koran,  atau apa saja. Yang penting membaca buku. Dan yang harus diingat, membaca harus diusahakan dengan suara. Jangan membaca di dalam hati.

Ada dua manfaatnya, pertama dengan membaca buku wawasan bertambah, perbendaharaan kata juga bertambah. Terus yang ke dua, membaca dengan mengeluarkan suara dengan tidak sadar telah melatih lidah menjadi lentur. Tidak kaku, dan lancar pada saat bicara.

Kita bisa liat para penyiar tv, waktu membaca berita atau pun waktu menjadi moderator, mereka begitu lancar dan fasih dalam bicara. Itu karena mereka sudah terbiasa membaca dengan suara, tidak dalam hati.

Persering mendengarkan dialog dan debat

Mendengarkan dialog dan debat juga tak kalah penting. Tidak perlu materi debatnya yang disimak. Tidak perlu ikut mencari yang mana benar yang mana salah. Anggap saja yang mereka debatkan angin lalu. Yang perlu diperhatikan hanyalah cara mereka menyampaikan pendapatnya, cara mereka mempertahankan argumennya, cara mereka bicara. Karena hanya itu yang ingin kita pelajari.


2. Berhentilah Memikirkan Diri Sendiri


Quote:


Memikirkan diri sendiri bisa diartikan mencari-cari kekurangan diri. Dengan terus memikirkan diri sendiri dia akan merasa dirinya merasa punya banyak kekurangan. Bisa wajah, bisa fisik, bisa juga keadaan ekonomi. Kemudian dia akan membandingkannya dengan orang lain, dengan teman-teman yang ada di sekitarnya.
Kemudian muncul perasaan minder. Tidak percaya diri.


3. Berhentilah Mengasihani Diri Sendiri


Quote:


Ini merupakan kelanjutan dari memikirkan diri sendiri. Setelah di pikirannnya dipenuhi oleh kekurang diri, maka munculah perasaan mengasihani diri. Dia merasa bahwa dirinya paling jelek, dia merasa nasibnya pling tidak beruntung. Dan seterusnya.

Orang yang suka mengasihani diri sendiri biasanya lebih suka menyendiri. Merenungi nasibnya. Dan selalu mengeluh. Wajahnya muram. Tidak enak di pandang, meski pun cakep.

Orang yang mukanya selalu muram, siapa juga yang mau berteman?


4. Jadilah Pendengar  Yang Baik


Quote:

Orang biasanya lebih suka curhat ketimbang di curhatin. Orang sangup berjam-jam menceritakan masalahnya. Orang rela mentraktir makan-makan asal mau menemani dan mendengarkan persoalannya. Tapi hanya sedikit orang yang meu mendengar keluhan orang lain.

Maka, jika ingin disukai teman, jadilah pendengar yang baik.

Empat hal di atas gw rasa sudah cukup untuk menjadikan Gansist sukses dalam mencari teman.


Poit satu, jika Gansist lakukan,  yakinlah, saat bicara tidak akan mengalami kesulitan. Wawasan bertambah, perbendaharaan kata banyak, lidah lacar. Topik apa pun yang dibicarakan, kita akan tau dan tidak akan ketinggalan.

Point dua dan tiga, jika Gansist bisa menerapkannya, yakinlah kepercayaan diri akan muncul. Jika kepercayaan diri muncul, dengan sendirinya wajah akan tampak berseri-seri. Enak dipandang.

Cantik, tampan, kalau tidak enak dipandang, apa gunanya?


Dan yang terakhir, point empat, jika Gansist mau jadi pendengar yang baik, siapa pun akan mendekati, setidaknya untuk curhat. Karena orang tau kalau, Gansist bisa diajak untuk berbagi.

Lantas bagaimana dengan sukses mencari pasangan?

Tips-tips di atas sebenarnya juga sudah termasuk. Disukai teman sebenarnya tidak hanya sesama jenis, lawan jenis juga. Jika sudah disukai, gampang untuk memilih yang mana lawan jenis yang juga kita sukai.


Demikian, Gansist.

Jika sependapat, jangan lupa cendolnya. Tapi yang tidak sependapat, silakan lempari gw bata. Biar tak kumpulin buat bangun kandang ayam.

Makasih.

Diubah oleh kelayan00 11-09-2019 04:38
adnanami
boni1973
tata604
tata604 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3.5K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
InspirasiKASKUS Official
10.5KThread6.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.