.r4hma.Avatar border
TS
.r4hma.
Apa Itu Magna Carta ?




Quote:


Banyak yang masih bingung tentang Magna Carta, melihat dari sejarah dunia yang penuh dengan perang dan kekuasaan baik dari para raja dan juga pemimpin sebuah negara maka Magna Carta menjadi tonggak sejarah berdirinya HAM di bumi eropa.

Adanya kejahatan yang berkuasa terhadap manusia lain inilah yang melatar belakangi Magna Carta terjadi, bayangkan kekuasaan yang besar di kerajaan Inggris pada saat di pimpin Raja John menimbulkan penindasan yang membuat takut banyak pihak.



Hingga akhirnya pada 15 Juni 1215, sebuah piagam yang melegenda hingga saat ini dikeluarkan di Inggris. Piagam dengan nama "Magna Carta" di piagam ini membatasi kekuasaan raja, bahkan keinginan seorang raja pun dibatasi oleh hukum.

Dari sejarah singkatnya diwaktu itu Raja John membuat hal yang diluar kemanusiaan hingga akhirnya iapun berseteru dengan Paus Innocent III dan juga para bangsawan Inggris kelas Baron. Memang di zaman mediaval ini sangat menarik ketika banyak ksatria templar yang berperang di Damaskus hingga mempertahankan Yerussalem.



Raja Richard si Lion Heart menjadi legenda peperangan bersama Saladin biasa dikenal Shalahudin Al Ayubi, nah setelah kematian Raja Richard pada tahun 1199, maka setelah kematian saudaranya Raja John akhirnya berkuasa. Namun kepemimpinan Raja John dinilai tak becus oleh banyak pihak, banyak yang mengharapkan Arthur yang menggantikan posisi dari Raja John namun Arthur sendiri harus mati di tangan Raja John hingga akhirnya terjadi pemberontakan kepada sang Raja oleh masyarakat Inggris dan Normandia.

Inggris tetap di pegang oleh Raja John namun Normandia akhirnya lepas ke tangan perancis, hingga akhirnya para bangsawan di Inggris di ganjar pajak tinggi oleh Raja John otomatis mereka pun melakukan perlawanan terutama bangsawan kelas Baron bahkan Raja John pun menjual kantor gereja yang membuat Paus Innocent III murka.



Akhirnya Raja John pun terjepit diantara berkuasa atau di lengserkan hingga akhirnya piagam Magna Carta pun di sepakati, pada hari yang bersejarah untuk Inggris tepat 15 Juni 1215, akhirnya sang Raja bertemu dengan para baron di Runnymede tepatnya Sungai Thames, sang raja pun tunduk pada aturan piagam tersebut.

Raja John pun akhirnya meninggal pada tahun 1216 karena disentri, namun ada pula yang mengabarkan bahwa ia mati di racun hingga akhirnya tahta sang ayah pun jatuh ke tangan anaknya dan menjadi raja Henry III dari Inggris (1216-1272) di tengah pemberontakan para Baron. Namun para Baron yang memberontak dapat dikalahkan oleh pihak kerajaan, hingga akhirnya di tahun 1225 Henry III secara sukarela menerbitkan kembali Magna Carta dan masuk ke dalam undang-undang Inggris.



Jadi jangan heran kalau kerajaan Inggris saat ini masih terkungkung dengan adanya Magna Carta tadi. Bahkan hal inilah yang membuat banyak kebijakan di setiap negara agar mereka yang akan berkuasa nantinya tidak absolut.

Ternyata Magna Carta membuat perubahan besar pada dunia ya sob..

emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol

Gambar google

Referensi Klik









Diubah oleh .r4hma. 12-09-2019 02:37
ulfsaarr
anasabila
4iinch
4iinch dan 21 lainnya memberi reputasi
22
11.7K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.