towamasjidAvatar border
TS
towamasjid
IoT Kian Berkembang, Begini Prediksinya di Tahun 2020


Pertanyaan pertama kali ketika mendengar IoT adalah, apasih IoT itu? Dia itu temennya AI? Atau siapanya Machine Learning? Begitulah respon ane ketika dengar istilah IoT. Dan setelah ane telusuri, ternyata IoT ini adalah sebuah istilah yang sebenarnya dalam penerapan sehari-hari kita sudah familiar, namun kita belum akrab dengan istilah IoT ini. IoT sendiri adalah Internet of Things, yang merupakan jaringan internet yang terhubung dengan banyak objek yang kemudian mampu mengumpulkan atau mengumpulkan data dengan perangkat lainnya.


Sebelum lanjut, ane cuma kasih tau, ini agar panjang tapi bahasannya gak berat kok.
coba baca 
sampe habis ya.



Kata IoT, Internet of Things sendiri berasal dari kata Internet sebagai penopang konektivitas dan Things sebagai suatu objek atau perangkat yang dihubungkan tersebut. Nah dari sini kira-kira agan dan sista sudah bisa menerka belum nih apa yang dimaksud dengan Internet of Things ini? Jadi gini, simpelnya adalah segala objek atau benda yang dapat dihubungkan dengan suatu koneksi internet untuk menjalankan suatu program yang diinginkan maka itu disebut Internet of Things. Pendek kata, adalah Remote!

Kalau dari kata remote saja semua konsep ini sudah dipahami, maka sudah jelas tujuan pembicaraan kali ini adalah tentang sesuatu yang bisa berjalan atau dioperasikan dengan menggunakan koneksi seperti internet. Hal ini bisa kita jumpai pada perangkat yang kita gunakan di rumah seperti pendingin ruang, tv, pintu gerbang, bahkan sampai pemanas kopi.

Yang akan dibahas lebih dalam saat ini adalah bagaimana sih perkembangan IoT di masa mendatang? Khususnya di tahun 2020 ini yang akan kita jumpai. Berikut ini prediksi perkembangan Internet of Things di tahun 2020 mendatang.


1. IoT Berkembang Secara Menyeluruh


Perkembangan teknologi IoT tentunya akan lebih berkembang, dan semakin banyak connected devices. Terlebih jika kita lihat bagaimana sekarang ini penggunaan IoT semakin marak di 2019. Kemunculan IoT jelas dapat menjembatani mesin yang memproduksi data dengan memanfaatkan sensor yang ada pada perangkat pintar seperti remote atau handphone. Selain beberapa produk yang sudah ane sebutin sebelumnya, sekarang ini bahkan beberapa produsen sudah menyiapkan produk mesin cuci yang dapat mencuci dan mengeringkan melalui ponsel.


2. IoT semakin sensitif dalam hal Keamanan


Perangkat IoT mungkin akan membuat Anda rentan terhadap peretasan dan masalah keamaan. Namun kita tidak perlu khawatir karena para inovator teknologi menawarkan solusi keamanan untuk para pengguna IoT. Tak lain bahwa tujuannya agar mereka tidak kehilangan data, data mereka pun lebih terlindungi, termasuk kontrol pengguna istimewa (privileged). Kita lihat saja bahwa saat ini sepeda motor sudah banyak yang menggunakan alarm untuk keamanannya.


3. Kejahatan Cyber di Kota Pintar


Kejahatan memang tidak bisa dibendung, karena pelaku akan mencari 1001 cara agar bisa mendapatkan apa yang bukan miliknya. Dan kita hanya bisa mengantisipasi dengan meningkatkan kualitas keamanan yang kita punya. Sebab sebuah kota yang pintar dan lebih cerdas tentunya akan lebih mementingkan efisiensi dalam proses pelayanan masyarakat. Namun sayangnya masih banyak kota yang belum mempersiapkan sistem keamanan ke dalam perangkat mereka yang terhubung dengan internet. Dari hal tersebutlah kejahatan cyber di kota pintar seperti Jakarta akan mendapat serangan kejahatan cyber yang lebih besar. Untuk itu perlu adanya penyimpanan data yang benar-benar terjamin.

-------------------------

Begitulah beberapa prediksi yang pastinya akan terjadi dalam perkembangan Internet of Things. Walaupun tiga poin di atas tidak terjadi di tahun 2020, ane yakin di tahun-tahun mendatang kita akan melihat bahwa benda bisa beroperasi dengan bantuan koneksi jarak jauh.

kostanbabe
sihasbismart
danQe
danQe dan 5 lainnya memberi reputasi
6
5.6K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.