lovelyairAvatar border
TS
lovelyair
All about my impaksi gigi : from money to smiley
Well..this my first thread..(my real experience)


Thread ini dibuat berdasarkan keresahan ane di saat ane mengalami sakitnya gigi geraham bungsu yang nongol tanpa diminta, serta susahnya mencari informasi yang lengkap soal impaksi gigi bungsu khususnya soal biaya yang murah..emoticon-Malu (S)

So let gets started..

Apa itu impaksi gigi. Secara umum tuh ada gigi yg tidak dapat tumbuh keluar secara normal karena tidak kedapatan tempat. Akibatnya gigi tersebut sama sekali tidak tumbuh dan tetap terbenam di dalam tulang.. atau.. bisa juga hanya separuh mahkota yang berhasil menembus tulang dan gusi dan posisinya biasanya tidak tegak alias miring. Gigi geraham bungsu ini biasanya tumbuh di usia sekitar 18 tahun ke atas di saat gigi yang lain sudah tumbuh...emoticon-Matabelo




Well akhir bulan april 2014 gigi geraham bungsu ane mulai melakukan aksinya. Memang sebelumnya gigi itu sudah ada tapi selama ini belum mengganggu dan masih baik-baik saja..(sebenarnya sudah pernah disarankan dari dokter gigi, dulu pas nambalin gigi, bahwa gigi geraham bungsu yang tumbuh di pojok itu harus dicabut, sebelum menjadi masalah, tapi karena masih oke-oke saja selama itu,so i dont really care at that time)..skip..skip..skip..Karena rasa sakitnya sudah tidak tertahankan lagi (migrain, nyut2an, susah mengunyah, dll), Akhirnya hari kamis (24 april) ane pergi tuh ke RSPP buat periksain gigi. Ternyata di sana biayanya mahal juga, 3,8jt hanya untuk cabut satu gigi belum termasuk biaya obat, adm, dsb..OMGemoticon-Cape d... (S). Karena kondisi gusi ane masih bengkak beserta pipinya (pipi bengkak sebelah)emoticon-Malu (S)..Akhirnya ane dijadwalkan buat operasi gigi bungsu pada hari senin-nya (28 april..btw no thanks lah, cukup tau aja)..Di RSPP ane hanya nebus obat buat ngurangin rasa nyeri dan bengkaknya..dengan rincian sbb:
  • adm n konsultasi : sekitar 155rb
  • biaya obat : sekitar 300rb


Pengambilan gigi geraham bungsu ini bukan seperti pencabutan gigi biasa, tetapi merupakan minor surgeryatau operasi kecil (odontektomi). Hal inilah yg menyebabkan biayanya relatif mahal. Karena itu, mulailah ane searching2 soal biaya operasi impaksi gigi di RS yang lain..Dari sekian banyak yg ane baca, rata-rata seh mahal sekitar 3-5jt gitu..emoticon-Najis (S)..Lalu ane dapat ilham coba-coba tanya ke RSCM gitu. Dengan memberanikan diri ane hari jumatnya pergi ke RSCM..Datangnya harus pagi-pagi bener buat dapat nomor antrian di lobby-nya..begini proses pengambilan nomor antrian (baik untuk pasien baru atau pasien lama)


Pada intinya harus bersabar n berbesar hati klo ke RSU pemerintah,..(#u know what i meant, sorry to say)emoticon-Kiss (S)..skip..skip..skip..Di bagian Dept gigi dan mulut disitu antri lg buat diperiksa...(sabaarrr)...setelah diperiksa, ane disuruh foto panoramic gigi dan dijadwalkan buat operasi odontektomi hari senin-nya (skalian ngabisin obatnya dulu)..dengan rincian sbb:
  • adm : 60rb
  • foto gigi : 102rb

Di hari seninnya (28 april) ane operasi tuh gigi ane di RSCM, ruangannya terpisah n ada room-nya sendiri klo buat bedah mulut..kalo untuk yg cabut gigi biasa atau tambal gigi seh ruangannya rame2, alias berjejer2 gitu..emoticon-Cape d... (S)...disini biayanya sbb:
  • biaya operasi : 965rb/gigi (cukup manusiawi)
  • biaya obat : 150-an rb

Operasinya wuihhh rasanyaa luar biasaaaaaa..unbelievable,.ga mau terulang lagi..ntar datang lagi buat buka jahitannya seminggu kemudian..
Masa-masa setelah operasi adalah masa-masa yang sulit karena masih ada pendarahan, bengkak, rasa sakit yang berdenyut-denyut setelah obat biusnya hilang, buka mulut susah..Alhasil ane puasa ngomong sekitar 3 hari dan hanya makan bubur atau jus biar ga perlu pake ngunyah..emoticon-Sorry


Pada intinya ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah operasi yaitu:
  • Merokok. Tahan diri untuk tidak merokok minimal 1x24 jam, atau 3 hari deh buat safe-nya setelah pencabutan (i dont smoke, so no problemo)
  • Terlalu banyak meludah. Terkadang risih karena terasa banyak darah di dalam mulut dan biasanya ingin diludahkan. Darah yang keluar sebaiknya ditelan saja.
  • Minum dengan sedotan.
  • Berkumur terlalu keras. Berkumur saat sikat gigi atau berwudhu tetap dapat dilakukan namun tidak perlu terlalu keras.
  • Pasien perlu segera menemui dokter bila perdarahan berat masih keluar lebih dari 24 jam setelah pencabutan.


Tindakan yang sebaiknya dilakukan setelah operasi:
  • Setelah operasi, usahakan segera pulang ke rumah dan sebisa mungkin jangan banyak beraktivitas. Biar lebih leluasa untuk mengkompres pipi bila di rumah.
  • Minum obat secara teratur biar nyeri-nya berkurang
  • Pilih makanan yang lunak selama 1-2 hari pertama, dan untuk sementara kunyah satu sisi saja yaitu di sisi yang tidak dicabut.
  • Minum minuman yang dingin, dan hindari makanan dan minuman yang panas dan pedas pada 24 jam pertama pasca operasi.
  • Bila pipi masih bengkak beberapa hari setelah operasi, coba pijat perlahan daerah pipi atau buka tutup mulut dengan gerakan perlahan agar otot di daerah tersebut lebih rileks

Seminggu setelah operasi saatnya melepas jahitan..Masih ke RSCM juga. Biaya yang dibutuhkan untuk lepas jahitan cuma 69rb dan akhirnya terbebas dari masalah geraham gigi bungsu itu..Tapi ada yg aneh, setelah sampai di rumah baru ketahuan bahwa daerah pasca operasi itu masih tetap berlubang padahal sudah dibuka jahitannya..Tadi di RSCM ga sempat bertanya ke dokternya cos tdk terlalu memperhatikan seh, jadi habis buka jahitan langsung cap cuss pergi (soalnya sdh banyak pasien yg lg antri). Lalu mulai searching lagi neh (secara banyak makanan yg terjebak dalam lubang itu) begini rangkuman penjelasannya:
  • Keadaan itu sangat mungkin bahkan umumnya memang terjadi pasca pengangkatan operasi gigi bungsu atau pasca pencabutan gigi biasa. Karena, gigi berada dalam soket yang terdiri dari tulang penyangga (tulang alveolar), dan baru kemudian dilapisi gusi dengan ketebalan kira-kira 1 mm saja. Nah, pada saat selesai operasi, penjahitan dilakukan hanya pada bagian gusi saja. Setelah seminggu, pada saat benang jahit diangkat, umumnya tulang di bawah gusi masih belum tertutup dengan sempurna karena penyembuhan di dalam tulang tsb memerlukan waktu yang lebih lama (2-3 bulan) dibandingkan penyembuhan pada jaringan gusi .
  • Biasanya, pasien mendapati secara kasat mata bahwa daerah tersebut tampak berlubang, sehingga khawatir makanan akan terjebak masuk kesana. Sehingga akhirnya malah tidak dipakai untuk makan sama sekali daerah tersebut. Inilah yang tidak benar, dengan tidak dipakai mengunyah, maka daerah tersebut akan semakin kotor, karena otot-otot pengunyahan tidak bekerja, sehingga tidak terjadi “self cleansing” dari rongga mulut. Janganlah khawatir, bila daerah tersebut belum tertutup sempurna, karena penyembuhannya sudah terjadi pada dasar lubang tersebut, dan terus mengisi kekosongan tersebut dari dasar sampai ke atas. Sehingga bila ada makanan yang masuk, pasti akan berusaha dikeluarkan oleh tubuh secara alamiah.
  • Oleh karena itu, haruslah mengunyah makanan pada kedua sisi rongga mulut, karena semakin tidak dipakai mengunyah, maka daerah tersebut akan semakin kotor karena otot menjadi pasif, tidak mengaktifasi self cleansing, dan bila dibiarkan mengunyah pada satu sisi, maka lama-kelamaan akan menimbulkan gangguan sendi rahang yang dapat menyebabkan nyeri kepala, leher sampai ke daerah bahu.


Jadi intinya rajin-rajin membersihkan mulut, menyikat gigi dan berkumur setelah makan, biar tidak ada makanan yang terjebak di dalam lubang itu..

Well, sekian sharing pengalaman ane soal all about my impaksi gigi, semoga bermanfaat bagi smuanya..sekarang ane sudah bisa tersenyum lagi, from money to smileyemoticon-Ngakak...emoticon-Kiss (S)
0
29.3K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.