sinianAvatar border
TS
sinian
Pantas pelit, cina sih



Saya yakin kita semua pernah melihat orang cina atau keturunan cina di indonesia. Jumlah cina keturunan di tanah indonesia tidak bisa dibilang sedikit. Bahkan agama yang umum untuk bangsa cina yakni kong hu cu sudah diakui sebagai salah satu agama resmi di indonesia.

Orang cina pun dapat dikenali dengan mudah. Lihat saja kulitnya yang putih dan matanya yang sipit, saya yakin kita bisa menemukan orang seperti itu dalam radius satu kilometer dari kita.

Bicara soal orang cina pasti kita juga pernah mendengar tentang kebiasaan mereka sebagai makhluk ekonomi yakni berhemat. Berhemat adalah hal yang baik namun sebagian besar orang cina melakukannya dengan amat ekstrim hingga sampai di bilang pelit.

Pasti kita pernah mendengar ada orang yang mengatakan ‘pelit kayak orang cina’ atau ‘orang cina kan pelit pelit’. Tanpa sadar kata pelit itu sudah melekat pada orang cina.

Sebagai cina keturunan saya pun mengalaminya. Sejak kecil saya sudah dibeda bedakan karna memiliki seperempat darah cina di tubuh saya. Pernah dikatakan sebagai orang asing atau tamu di negara ini. memang berat menjalani hidup jika kita berbeda karna yang namanya anak anak tak pernah mengerti apa arti dari rasisme.

Kembali ke sikap pelit tadi, tanpa sadar saya juga menerapkan hal ini dalam hidup saya. Awalnya saya hanya menolak meminjamkan uang karna tau orang tersebut hanya akan menghabiskannya untuk jajan dan sejak saat itulah saya dijuluki orang yang pelit.

Saya sendiri tak masalah meminjamkan uang asal digunakan dengan baik namun setelah itu setiap kali saya menolak meminjamkan uang (padahal saat itu saya memang tidak punya uang) maka saya akan langsung di cap pelit.

Memang apa masalahnya sih terlahir sebagai orang cina? Saya tak pernah meminta terlahir sebagai orang cina namun saya tetap bangga pada darah yang mengalir di nadi saya. Hanya saja kenapa harus rasis pada hal yang tidak jelas asalnya? Apakah kamu yakin semua orang cina itu pelit? Lalu jika memang pelit memangnya kenapa? Sejak awal berhutang uang pada orang lain memang tidaklah baik.

Kenyataannya begitu banyak orang cian yang sukses dalam bisnis karna menerapkan ideologi mereka yang berbeda jauh dengan orang indonesia. Seharusnya kita belajar dari sifat mereka yang perhitungan pada uang sehingga sampai di cap pelit.

Jadi, tolong, pikirkan lah lagi sebelum mengejek orang lain. Semua orang pasti pernah bersikap pelit dan mencap orang cina itu pelit sangatlah keterlaluan. Jangan biarkan perbedaan memisahkan kita lebih jauh. Meski berasal dari negara lain tapi mereka (dan juga saya) menganggap negara ini sebagai tanah air.

Mari kita berpegangan tangan dan tolak segala bentuk rasisme.
wildgrass
panjul1993
sendhaljepit
sendhaljepit dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.2K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.