Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Fungsi Dari Petir !!


Fungsi Dari Petir !!

Hai gan sudah nonton film superhero lokal belom ? Yup saat ini kita disuguhkan sebuah film yang menarik yaitu Gundala Putera Petir. Tapi !! Di thread asal goblek ini ane tak mau membicarakan tokoh hero tersebut, namun hanya ingin mengulas lebih jauh ilmu dari Gundala yaitu Petir.

Bukan rahasia kalau petir datang di musim penghujan kita pasti akan ketakutan, begitu dahsyatnya alam ketika sedang mengamuk. Hujan yang disertai petir memang agak-agak bikin ngeri plus suasana creepy.

Fungsi Dari Petir !!

Namun di balik itu semua petir memang harus ada, kenapa ?

Kita ulas sedikit kenapa terjadinya petir ok !! Nah sederhananya gini ya gan, di awan yang biasa kita lihat ketika telah kelebihan elektron pada lapisan bawah, otomatis akan membuang kelebihan elektronnya ke bumi yang memiliki banyak proton. Proses pembuangan inilah yang menjadikannya kilatan yang dinamakan dengan Petir. Ketika kilatan menyambar akan terjadi gesekan di udara hingga menimbulkan suara gemuruh yang menyeramkan.

Bagaimana mudengkan kalau di jelaskan secara sederhana ? Tapi tak cukup disitu karena kita akan bicarakan fungsi petir yang tidak banyak orang tahu. ­ Berdasarkan jurnal Nature pada November 2017, seorang peneliti dari Jepang Teruaki Enoto asal Kyoto University mengungkap hal yang penting ketika elektron yang dilepaskan ke bumi yang menghasilkan kilat atau cahaya ternyata menghasilkan sinar gamma.

Sinar gamma sering banget di pakai sebagai asal usul superhero fiksi di Amerika sana seperti Hulk, namun sebenarnya sinar gamma yang dihasilkan oleh petir tadi ternyata dapat mengurai kestabilan unsur nitrogen dan ­oksigen di udara. Oksigen atau O2 akan terpecah menjadi unsur tunggal dankembali bersenyawa menjadi O3, kalian tahu apa itu O3 ?

Yang jawab Air, Tanah, Salju... upss bukan itu ya gan tapi Ozon, tepat lapisan ozon akan semakin tebal bila sering terjadi hujan petir di area bumi. Sudah tahukan betapa pentingnya fungsi Ozon ini, yang jelas untuk melindungi bumi ya gan.

Fungsi Dari Petir !!

Belum cukup sampai di situ Nitrogen pun terpecah senyawanya karena sinar gamma tadi hingga menghasilkan senyawa nitrat ketika bereaksi dengan oksigen disebut HNO3, unsur senyawa ini pun turun kebumi dengan bantuan hujan dan berfungsi untuk menyuburkan tanaman yang tumbuh di atasnya agar menjadi subur. Bayangkan kalau kemarau datang, tumbuhan akan banyak yang mati lapisan ozon pun semakin menipis terlebih lagi suhu udara pun semakin menyengat.

Apakah hanya itu saja fungsi dari Petir ? Belum selesai ya gan pembahasannya ada satu hal yang sangat jarang kita ketahui dan ini menjadi kunci betapa kita harus berterima kasih pada petir.

Bayangkan kilatan yang menyambar bumi akan berdampak pada suhu udara di sekitar hingga mencapai suhu 2.776 ­derajat Celsius, waw...!! Dengan suhu seperti itu jelas bakteri dan dan kuman penyakit yang ada di udara akan mati. Jangan heran kalau sehabis hujan petir udara akan terasa sejuk dan nyaman, itu semua ada alasannya karena ribuan kuman dan bakteri yang berada di udara itu punah dalam waktu yang singkat. Tentu saja ketika manusia menghirup udara terasa sangat segar, seperti menekan tombol refresh pada smartphone agan bukan ?

Fungsi Dari Petir !!

Tapi kita juga harus hati-hati juga terhadap petir, karena bisa menyambar manusia tanpa di duga bukan menjadi Gundala tapi mati dalam keadaan gosong ya gan, buat perhatian untuk anak-anak nih karena film Gundala pas hujan petir malah asik menantang sang petir karena ingin jadi hero, duhh padahal hasilnya ya Meninggal 🙄.

Itu sekilas pembahasan dari thread ini bila ada kata yang salah dan penyampaian yang membuat bingung, itu murni dari kesalahan penulis, hampura ka sadayana.

Nah bagaimana nih pendapat agan dan sista semua, silahkan komentar, beri TS cendol, follow, rate bintang 5, dan tentu juga jangan lupa share and like karena semua itu tidak gratis !! 

emoticon-Wagelaseh

c4punk@2019

Gambar google
Referensi : Teken

Fungsi Dari Petir !!
Fungsi Dari Petir !!
Fungsi Dari Petir !!





anasabila
Elga123
4iinch
4iinch dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.7K
35
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.