Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr7Avatar border
TS
valkyr7
Diancam Gempa Besar, Anggaran Bencana Pemkot Padang Malahan Turun
Diancam Gempa Besar, Anggaran Bencana Pemkot Padang Malahan Turun

KOMPAS.com - Kendati Kota Padang, Sumatera Barat rawan terhadap bencana diancam gempa besar atau megathrust, namun anggaran Pemerintah Kota Padang untuk bencana masih minim. Anggaran belanja tidak terduga (BTT) kota Padang yang mayoritas digunakan untuk bencana itu pada tahun 2019 dianggarkan Rp 9, 175 miliar.

Namun di Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2020, anggaran itu turun drastis menjadi Rp 4 miliar. Kemudian anggaran untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang cuma Rp 6,774 miliar.

"Anggaran BTT di PPAS 2020 memang turun dibandingkan tahun 2019. Dari sekitar Rp 9 miliar menjadi Rp 4 miliar," kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Padang, Andri Yulika yang dihubungi Kompas.com, Senin (9/9/2019). Andri menyebutkan pada tahun 2019 pihaknya menganggarkan sekitar Rp 7 miliar dari dana BTT untuk pembayaran ganti rugi tanah masyarakat.

Sementara untuk tahun 2020, pembayaran ganti rugi tanah masyarakat tidak ada sehingga anggaran Rp 4 miliar murni digunakan untuk cadangan tidak terduga jika terjadi bencana. Andri mengharapkan anggaran tersebut bisa dipakai karena jika dipakai berarti ada bencana di Kota Padang.

"Kita tidak mengharapkan terjadi bencana. Namun kita sadar bahwa Padang diancam gempa besar," katanya. Andri mengakui pihaknya cukup dilematis. Jika dianggarkan cukup besar, pihaknya takut anggaran BTT itu menjadi sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa).

Diancam Gempa Besar, Anggaran Bencana Pemkot Padang Malahan Turun
Megathrust bisa hancurkan kota Padang Ilustrasi gempa Ilustrasi gempa(Shutterstock)


Sementara, Kota Padang berada di jalur ancaman gempa besar megathrust yang berpusat di Mentawai. Sebuah gempa besar di jalur itu bisa menghancurkan kota Padang. "Tahun 2018 lalu, BTT kita anggarkan sekitar Rp 2 miliar dan terpakai hanya Rp 1 miliar," kata Andri.

Andri mengatakan kalaupun terjadi bencana besar, tentunya pemerintah pusat akan turun tangan mengatasinya. "Kalau bencana besar, pemerintah pusat pasti turun tangan. Jadi tidak perlu kuatir," tegasnya.


https://regional.kompas.com/read/201...-malahan-turun.


Ketololannya 11 12 ma yang d jakarta ya akhi.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr7 09-09-2019 05:35
heavenisnomore
heavenisnomore memberi reputasi
1
635
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.