Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sitiaminatuzzuhAvatar border
TS
sitiaminatuzzuh
Tingkatkan Toleransi Untuk Cegah Rasis Dan Diskriminasi!

Rasismemerupakan suatu doktrin atau kepercayaan yang dapat mendiskriminasi atau menganggap budaya atau paham orang lain lebih rendah atau salah. Sedangkan paham yang dianut dirinya dan budaya yang ia percaya menjadi selalu benar. Rasisme ini dapat menimbulkan suatu perpecahan terhadap kedua belah suku, budaya, agama bahkan bangsa. Seseorang yang mudah terpengaruh terhadap paham orang lain berarti ia tidak memiliki suatu pendirian. Indonesia memiliki paham pancasila untuk membangun suatu kesatuan dan mencegah perpecahan.


sumber : suarapembaharu.com
Suatu bentuk tindakan rasial terhadap mahasiswa Papua terjadi di Surabaya dengan menyebut "Papua seperti monyet". Tindakan rasial ini sungguh disayangkan dapat terjadi sehingga menimbulkan berbagai kerusuhan di Papua. Seluruh rakyat Papua menentang pernyataan tersebut.
Papua merupakan suatu identitas dan budaya yang melekat adalah ciri khas bagi bangsa Indonesia yang kaya akan budaya. Papua memiliki harkat dan martabat serta merupakan bagian penting dari wilayah timur Indonesia. Sudah tugas pemerintah dan masyarajat semua untuk menjaga kesatuan dan budaya Indonesia agar tidak terpecah belah.
Sangat disayangkan jika Papua memisahkan diri dari kesatuan Indonesia hanya karena ulah orang yang tidak bertanggung jawab. Menghargai, Menghormati, dan Toleransi masih harus dijunjung tinggi di Indonesia tercinta.Jika rakyatnya menjadi acuh tak acuh terhadap seksama maka hancurlah negara ini. Buanglah sikap Individualisme, Rasisme dan Radikalisme kita adalah manusia sosial yang masih membutuhkan orang lain, kita semua adalah SAUDARA.
Untuk mengatasi permasalahan ini berbagai bentuk cara dilakukan oleh pemerintah mulai dengan cara meningkatkan keamanan akibat banyaknya kerusuhan,pembatasan sosial media untuk mencegah penyebar luasan berita hoax dan aksi damai.
Dampak yang ditimbulkan atas kegiatan rasial ini sangat merugikan masyarakat dan juga pemerintah. Karena kerusuhan yang terjadi mengakibatkan terhadap pembakaran beberapa gedung DPR di wilayah Papua.
Setiap permasalahan yang ada di Indonesia sudah menjadi kewajiban kita sebagai warga negara untuk menagakkan keadilan dan kesejahteraan. Menjadikan suatu permasalahan sebagai pelajaran terbaik akan menjadikan kita sebagai manusia dengan pribadi yang lebih baik lagi. Pelajaran untuk kasus rasisme terhadap Papua yaitu Stop RASISME! Jangan mudah TERPROVOKASI dan tingkatkan TOLERANSI! Kami sayang PAPUA, kami cinta INDONESIA.


0
394
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.