Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

albetbengalAvatar border
TS
albetbengal
Tudingan Gerindra soal Esemka: Komponen dari China, Pabrik Tempat Perakitan
Jakarta - Partai Gerindra meragukan mobil Esemka bukanlah karya anak bangsa Indonesia seperti disebut-sebut selama ini. Gerindra menuding komponen Esemka didatangkan dari China. 

Partai Gerindra lewat akun Twitter resminya @Gerindra seperti dilihat detikcom Sabtu (7/9/2019) mencuitkan sejumlah hal soal mobil Esemka. Gerindra awalnya menanggapi cuitan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan kerja ke pabrik mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.

"Menyambut gembira beroperasinya pabrik mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, hari ini, beserta fasilitasnya. Kendati bukan mobil nasional, sebagai produk dalam negeri, tentu kehadiran Esemka memberikan efek berantai bagi industri pemasok lokal lainnya," cuit Jokowi saat itu lewat akun Twitter @jokowi.

Baca juga: Gerindra Sebut Esemka Mirip Produk China, Istana: Nggak Usah Nyinyir!


Akun Twitter Gerindra pun meretweet cuitan Jokowi itu. "Menggunakan komponen yang didatangkan dari China, pabrik Esemka hanya menjadi tempat perakitan mobil," tulis @Gerindra. 

Partai Gerindra menyebut, pabrik Esemka di Boyolali hanya digunakan untuk merakit komponen bodi dan interior. Gerindra menyebut mesin sudah terpasang pada rangka pada saat diimpor. 

"Mobil Esemka tersebut hanya berstandar Euro 2. Jadi empat di antaranya yang bermesin bensin dipastikan tidak bisa diproduksi massal karena berstandar Euro 2. Sebab, sejak 7 Oktober 2018, semua mobil baru bermesin bahan bakar bensin wajib berstandar Euro 4," demikian cuitan lain akun @Gerindra menanggapi mobil yang diproduksi PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) itu.

Dihubungi terpisah, politikus Gerindra Andre Rosiade juga mempertanyakan mobil Esemka ini. Menurutnya mobil ini sangat mirip dengan mobil produk asal China. 

"Mohon maaf, Pak Jokowi. Saya mau tanya, kok mobil Esemka yang pabriknya diresmikan kemarin mirip dengan mobil produk China alias Tiongkok?" kata Andre kepada wartawan, Sabtu (7/9/2019). 

"Apakah ini produksi dalam negeri atau merakit mobil dari Tiongkok tapi dikasih merek Esemka? Mohon pencerahannya, Pak Jokowi. Kok beda ya antara yang diuji dan dipakai Pak Jokowi waktu jadi Wali Kota dengan yang diproduksi," imbuh Andre. 

Baca juga: PDIP: Dulu Mobil Esemka Dibilang Hoax, Sekarang Ada Masih Salah Juga


Andre berharap peluncuran mobil Esemka bukan hanya untuk menjawab kritik publik. Dia juga berharap mobil tersebut memang benar-benar buatan dalam negeri. 

"Tentu kita berharap produk Esemka ini bukan hanya sekadar menjawab kritik publik, tapi benar-benar buatan dalam negeri. Bukan mobil rakitan dari Tiongkok lalu dikasih merek Esemka," katanya. 

detikcom sudah menghubungi Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Eddy Wirajaya untuk meminta tanggapan terkait tudingan Gerindra ini. Eddy mengatakan dirinya belum bisa menjawab karena sedang sibuk di pabrik. Dia berjanji akan segera merespons dan menjawab tudingan itu. (hri/mae)

https://m.detik.com/news/berita/d-46...from=wpm_nhl_2
baikl
banghindar
ekaputra19
ekaputra19 dan 4 lainnya memberi reputasi
3
3.6K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.