Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

abasrizkiAvatar border
TS
abasrizki
Ada Rasisme di Pengkolan Jalan
Ada Rasisme di Pengkolan Jalan

#StopRasisme!
#junjungtinggipersatuan
#indonesia

Ada Rasisme di Pengkolan Jalan
gambar

RASISME


Rasisme. Apaan itu?

Buat bocah awam dan nyubi seperti ane, rasisme itu hal yang ganjal. Setelah kutelusuri lebih dalam tentang Rasis itu sendiri. Ternyata rasisme itu menurutku adalah salah satu faktor pendorong untuk seseorang bisa melakukan diskirminasi. Yang paling menonjol adalah dari warna kulit, ada , suku dan budaya.

Di tempat ane tinggal. Perjalanan menuju rumah ane melalui gang besar masuk dari jalan raya. Yang mana ketika pulang dari kota biasanya harus nyebrang kalau mau ke gang.

Nah, bisa kamu bayangin nih. Ketika mau nyebrang itu, di gang besar atau pangkalan ada orang yang suka nyebrangin.

Ane kadang heran. Pas ane pernah nyebrang bawa motor. Tuh yang nyebrangin emang baik. Tanpa disuruh pun nyebrangin ane. Dan di situ ane merasa sangat dibantu. Terus, sebagai rasa terima kasih ane sama si penyebrang, ane ngasih uang dua rebu perak. Lumayanlah kalo dikumpulin mah.

Besoknya, ane balik dari kota lagi nih. Keadaan jalan sangat rame dan macet. Ane udah pasang sein ke arah kanan buat nyebrang. Si orang yang nyebrangin ane itu diemin ane, dia malah gercep ngambil duit dari jalur lain.

Menurut ane, prilaku seperti itu termasuk rasisme. Apa dia tidak mengerti kalau keselamatan lebih penting pada saat itu. Ane nyaris ketabrak truk raksasa. Bukan main saat itu ane disurakin orang pengkolan.

Termasuk rasisme di sini karena si doi juga memilih orang yang akan ia sebrangkan. Saat terlihat uang dipegangi, baru dia gercep. Membeda-bedakan. Ketika dilihatnya yang nyebrang itu orang tajir, maka ia akan dengan senang hati menyebrangkan.

Jangan pilih-pilih dong!

Ada lagi orang lain yang nyebrang tanpa memberi uang sebrang. Dia tak mau lagi nyebrang di situ karena sikap mereka yang seakan memilih antara yang suka memberi upah dan yang tidak.

Baiknya, membantu ya membantu dengan ikhlas. Jangan ada sekat di antara kita. Ada atau tidak ada uang seberang, saling membantu adalah nomor satu.

Urusan rizki pasti sudah diatur oleh Yang di Atas. Ingat, di mana kita meringankan beban orang lain. Di situlah kita akan mendapatkan banyak pertolongan Allah, Amin.

Sebenarnya boleh saja orang yang menyeberangkan itu mengharapkan uang imbalan. Tapi menurutku akan lebih baik lagi jika keselamatan itu menjadi bagian utama. Jika benar terjadi kecelakaan saat itu juga? Siapa yang akan tanggung jawab?

Emosi ane, kadang ane lewat ke gapura atau pengkolan lain kalo gak terlalu mendesak. Daripada ane harus ngeliat yang kek gitu terus.

Rasis, dasar rasis!

Berkat event dari kaskus ini, akhirnya unek-unek ane tersalurkan. Thanks deh kaskus. Jaya terus di udara untuk kaskus.

Semoga kita bisa menjaga kerukunan masyarakat dengan gerakan STOP RASISME!

Quote:


Sekian
Terima kasih

Mohon bimbingannya
Jangan lupa cendol, rate and komen
Share juga yah
Diubah oleh abasrizki 06-09-2019 14:04
delia.adel
Richy211
Richy211 dan delia.adel memberi reputasi
2
618
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.