Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hafidzf87Avatar border
TS
hafidzf87
Ibukota Resmi Pindah, Bagaimana Nasib Hutan Di Kalimantan?
Ibukota Resmi Pindah, Bagaimana Nasib Hutan Di Kalimantan?
Ibukota Resmi Pindah, Bagaimana Nasib Hutan Di Kalimantan?


Courtesy of Instagram : Kompastv


Seperti yang kita ketahui bersama, dari awal kabar mengenai pemindahan Ibukota, banyak simpang siur informasi beredar terkait benar atau tidaknya ibukota akan dipindahkan, termasuk daerah mana yang akan menjadi lokasi pilihan ibukota kedua Indonesia, namun kini semua teka-teki telah terungkap. Tepat pada tanggal 26 Agustus 2019 lalu, Presiden Ir. Joko Widodo secara resmi mengumumkan bahwa Kalimantan Timur terpilih sebagai lokasi Ibukota baru menggantikan DKI Jakarta. Tentu hal ini banyak mengundang reaksi para masyarakat, termasuk agan dan sista penghuni Kaskus dong pastinya😆.


Courtesy of Instagram : Kompastv

Pro dan Kontra agaknya telah menjadi kepingan puzzle yang tak bisa terpisahkan dari sebuah keputusan. Mereka hadir bak laksana pelangi merindukan hujan. Namun bagaimanapun, keputusan telah dibuat, sebagai masyarakat yang baik sudah sepatutnya patuh terhadap apa yang sudah ditetapkan.


Bagaimana sikap kita sebagai warga negara menyikapi hal ini? Haruskah kita berselisih paham mengenai perpindahan Ibukota ini?


Sudah tentu hal ini akan banyak mengundang reaksi beragam dari masyarakat, dan hal ini dinilai sebagai sebuah bentuk kewajaran dalam menyampaikan aspirasi, hal itu sah-sah saja, asal masih dalam koridor yang benar. Jangan sampai hal ini dapat memecah persatuan. Berbagai bentuk kekhawatiran muncul akibat perpindahan Ibukota ini, salah satunya datang dari pemerhati lingkungan dimana Kalimantan terkenal akan hutannya dengan simbol Paru-Paru dunia.


Akankah perpindahan Ibukota ini, berdampak negatif pada Hutan di Kalimantan?

Beberapa tahun silam Kalimantan Tengah, dinobatkan sebagai Ibu kota paru-paru dunia, oleh komite perdamaian dunia, seperti yang dilansir pada Indonews.id, namun kasus KARHUTLA(Kebakaran Hutan dan Lahan) seolah sedikit mencoreng predikat tersebut.

Ibukota Resmi Pindah, Bagaimana Nasib Hutan Di Kalimantan?
Sumber : miner8.com

Jika ditanyakan apakah perpindahan ibukota, akan berdampak negatif terhadap hutan di Kalimantan? Mungkin iya jika mengganggu hutan lindung, namun beberapa waktu lalu ada statement resmi dari bappenas, dikutip dari situs detik.id, menyatakan bahwa lokasi ibukota baru tidak akan mengganggu hutan lindung.

Ibukota Resmi Pindah, Bagaimana Nasib Hutan Di Kalimantan?
Sumber : missiontolearn.com

Kasus KARHUTLA yang menimpa Kalimantan Tengah sudah seharusnya menjadi perhatian khusus pemerintah. Jika pembangunan terus dilakukan tapi tidak diimbangi dengan ekosistem alam yang memadai, hal ini dikhawatirkan akan memusnahkan hutan yang ada, dan pasokan oksigen dunia akan semakin menipis. Tentunya pembangunan hari ini ditujukan untuk kehidupan masa yang akan datang kan? Untuk itu penanaman pohon kembali sudah seharusnya dilakukan, bahkan perluasan hutan atau mungkin mengganti pulau-pulau kecil baru perlu dilakukan untuk pelestarian hutan, termasuk penindakan tegas terhadap oknum-oknum nakal yang dengan sengaja melakukan pembakaran hutan.


Terlepas dari segala polemik yang ada, kita sama-sama berharap, apa yang di rencanakan dan yang dicita-citakan dapat berjalan dengan baik. Semoga Kalimantan Timur semakin berjaya perekonomiannya, dan Jakarta semakin maju dan berkurang segala permasalahnya.

#Saveourplanet #Greenpeace #Hutan #Indonesia #Kalimantan


Jayalah Terus Indonesiaku
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh hafidzf87 07-09-2019 04:37
ziont
berkah89
berkah89 dan ziont memberi reputasi
2
9.8K
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.