Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cattleyaonlyAvatar border
TS
cattleyaonly
Asyiknya Berkomunitas
Asyiknya Berkomunitas


Sebagai makhluk sosial, kita butuh menjalin komunikasi dengan orang lain, baik itu di lingkungan rumah, sekolah atau pun kerja. Namun di era android sekarang ini, berkomunikasi tidak hanya sebatas lingkup dekat tapi juga lingkup yang jauh melalui sosial media. Pada saat ini banyak bermunculan komunitas di sosial media dengan berbagai basic, antara lain literasi, pecinta lingkungan, crafter dan lain-lain.

Asyiknya Berkomunitas
Komunitas pemerhati lingkungan
Foto: dokumen pribadi

Sejak beberapa tahun ini ane menjadi member dari berbagai komunitas, dari yang bergabung dengan sendiri maupun diundang teman. Di awal-awal ada sosmed, yang ane ikuti hanya komunitas profesi. Namun, sejalan dengan perkembangan media sosial, ane mulai merambah ke komunitas berbagai hobi.

Komunitas yang saat ini ane aktif di dalamnya lebih banyak komunitas literasi. Setelah sekian tahun hanya berkutat dengan pekerjaan di dunia nyata, ane mulai mengikuti sebuah komunitas besar di bidang literasi. Komunitas itu bernama KBM (Komunitas Belajar Menulis) di mana seorang penulis ternama—Asma Nadia—menjadi Adminnya. Awalnya sih hanya baca-baca tulisan di sana, tapi semakin lama semakin tertarik hingga memutuskan untuk bergabung dengan komunitas itu. Ane kemudian juga bergabung dalam komunitas BBB yang dimotori Oleh Bang Bekti Cahyo Purnomo Seruyansyah. Dari kedua komunitas itu banyak hal-hal positif yang bisa ane petik.

Asyiknya Berkomunitas
Kopdar BBB dengan para Kaskuser
Sumber : BBB

Manfaat komunitas di antaranya adalah :

1. Memupuk rasa persaudaraan.
Dalam komunitas BBB, ane merasa seperti mendapat keluarga baru. Teman-teman saling peduli dan memerhatikan. Saling menegur jika ada kesalahan dan juga memberi semangat. Terkadang di saat-saat tertentu kita merasa badmood. Di saat seperti itulah komunitas saling menggenggam tangan sesama anggota.

Asyiknya Berkomunitas
Sumber : BBB

2. Saling menolong
Berbagai kesulitan kadang kita hadapi. Di dalam komunitas itulah kita bisa saling menolong. Membantu sebisa mungkin kepada sesama member.

3. Hiburan
Banyak hal yang membuat kita bahagia saat berada dalam komunitas. Baik apresiasi yang diberikan anggota komunitas terhadap karya kita ataupun hal-hal lucu yang membuat kita tertawa. Di dalamnya kita seolah melakukan rekreasi tanpa pergi ke mana-mana.

4. Mendapat Informasi/ Ilmu
Tak bisa kita pungkiri, tidak semua informasi kita mengantonginya. Di dalam komunitas itulah kita berbagi informasi hingga bisa saling melengkapi. Bertebaran ilmu-ilmu di sana, tinggal kita sebagai member memanfaatkan ilmu dan informasi itu atau tidak.

5. Menularkan semangat.
Hal ini ane alami sendiri. Setelah lama vakum menulis dan selalu mengalami writer blocking, setelah masuk ke KBM akhirnya ane kembali lancar menulis. Semangat tumbuh dengan sendirinya setelah berkumpul dengan anggota komunitas. Bahkan sekarang terkadang jari ane kewalahan dalam menuangkan ide-ide menulis yang bermunculan di kepala.

6. Tambah teman
Ini kenyataan yang tak bisa dipungkiri. Kita mendapatkan teman-teman dari segala penjuru tanah air bahkan bisa suatu saat bertemu dalam acara kopdar.

7. Dapat jodoh
Kedengarannya lucu, tapi banyak lho yang mendapatkan jodoh di sebuah komunitas. Berawal dari kecintaan pada sebuah minat, dua orang bisa menemukan cinta mereka. Uhuk. Ada yang keselek nggak bacanya?

Nah, Gan, Sis, mulailah mencari komunitas yang sesuai minat dan bakat. Namun, tetaplah berhati-hati dalam memilih komunitas di dunia maya. Pilihlah komunitas-komunitas yang memberi pengaruh positif pada kehidupan kita. Akhir kata saya ucapkan : Selamat Hari Komunitas Nasional!
Diubah oleh cattleyaonly 06-09-2019 09:19
VitaArkana
alizazet
fikrionly
fikrionly dan 14 lainnya memberi reputasi
15
1.4K
27
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.