• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Agan Sista Pemalu? Gabung Komunitas, Efektif Mengurangi Rasa Malu

agungdar2494Avatar border
TS
agungdar2494
Agan Sista Pemalu? Gabung Komunitas, Efektif Mengurangi Rasa Malu






Empat Manfaat Bergabung Dengan Komunitas


Sebagai seorang pemalu yang juga introvert, sungguh membuat ane kesusahan dalam bersosialisasi, komunikasi dan menambah teman, apalagi PDKT ama gebetan, kikuk. Lebih dari itu, rasanya masa depan ane dulu bakal suram. 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa, untuk mendapatkan pekerjaan lebih mudah adalah dengan cara menambah teman. Dari teman kita bisa dapat rekomendasi, atau minimal dapat informasi lowongan kerja. Belum lagi waktu wawancara.

Gak seru kan, kalau jawaban yang kita sudah persiapkan dengan matang, menjadi berantakan hanya karena rasa malu yang tidak terkendali. 

Tidak ingin menyerah, ane mulai berusaha mengamati orang-orang yang aktif dan percaya diri. Terdapat kesamaan diantara mereka, adalah bergabung ke dalam organisasi intra sekolah, atau bergabung ke dalam sebuah komunitas yang berisikan orang-orang dengan hobi dan atau visi yang sama.

Sebagai pecinta hewan peliharaan, tentu ane mencoba untuk mencari komunitas yang berhubungan dengan hewan peliharaan. Singkat cerita, ane bergabung dengan Komunitas Satwa Eksotik. Ane memilih komunitas ini karena ane menyukai segala jenis hewan, termasuk ular dan anjing (cinta terlarang-ku).

Bergabung dengan komunitas, setidaknya memberikan empat manfaat bagi TS, diantaranya.

1. Menambah Teman

Bergabung pada suatu komunitas, membuat TS menjadi mudah beradaptasi dengan orang lain. Meskipun ane pemalu, mereka rasanya tidak begitu asing. Selalu ada topik yang bisa dibicarakan. Sejak hari pertama bergabung dengan komunitas, sejak itu juga kita akan mendapatkan banyak teman baru. 

2. Memperluas Jaringan

Ada beberapa orang, yang dengan sengaja bergabung pada satu komunitas demi membangun sebuah jaringan baru. Jaringan ini diharapkan dapat menambah informasi, bahkan rezeki. Setiap orang punya latar belakang masing-masing, dengan kata lain, semakin banyak teman maka semakin banyak informasi yang kita bisa dapatkan.

3. Memberikan Kesempatan Menjadi Aktif

Komunitas yang baik adalah komunitas yang aktif, dan bermanfaat bagi lingkungan. Begitu banyak yang bisa dilakukan suatu kelompok, misalnya Komunitas Satwa Eksotis, beberapa kali melepaskan hewan (musang liar) kembali ke hutan.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan sebuah komunitas, akan membuat anggotanya semakin percaya diri di hadapan publik. Bahkan bisa melatih public speaking , jika yang bersangkutan berani menantang diri. Jujur saja, ini yang TS lakukan sewaktu masih pemalu, dulu.


Berawal dari tekad untuk berhenti jadi anak pemalu, kini ane betul-betul menjadi pribadi yang percaya diri. Berbicara di depan umum rasanya sudah biasa saja sekarang. Selagi paham, apa yang dibicarakan.


Spoiler for Kata penutup:





Spoiler for dokpri:
Diubah oleh agungdar2494 06-09-2019 13:37
bekticahyopurno
hvzalf
Mutimumut11
Mutimumut11 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
4.1K
146
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.