alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
135
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6b439be83c7222171cce71/bikin-melek-inilah-aneka-rujak-khas-nusantara
Memang paling enak makan rujak di siang hari yang terik ini, bikin mata makin melek. Misalnya mencicipi aneka jenis rujak khas nusantara seperti rujak juhi dan rujak mie ini.
Lapor Hansip
01-09-2019 11:05

Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara

Past Hot Thread
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
Sumber gambar

Assalamaualaikum

Halo, Agan dan Sista. Semoga selalu dalam limpahan Rahmat-Nya. Apa yang terlintas di benak GanSist ketika mendengar kata rujak? Kalo ane langsung terbayang-bayang berbagai macam buah yang dipotong-potong plus guyuran bumbu rujak, yaitu saos gula merah yang pedasnya cetar. Apalagi cuaca terik begini, paling enak makan rujak di siang hari, bikin mata melek, GanSist.

Ternyata rujak itu banyak jenisnya, loh. Bukan hanya rujak buah saja. Inilah aneka jenis rujak khas nusantara.

1. Rujak Juhi
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
Sumber gambar

Rujak asal Jakarta ini sudah sulit ditemukan, GanSist. Juhi adalah cumi yang sudah diolah melalui proses fermentasi dengan garam. Rujak ini termasuk unik karena penyajiannya yang menggabungkan antara segarnya sayuran, gurihnya makanan laut, dan mie sebagai sumber karbohidrat. Plus siraman saos kacangnya. Beruntung ane pernah mencicipi rujak yang satu ini. Rasanya endolita, GanSist.

2. Rujak Mie
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
Sumber gambar

Rujak mie ini lebih dikenal dengan nama rujak mie Palembang. Pasti GanSist langsung ingat sama empek-empek kalo mendengar kata Palembang. Rujak ini menggunakan kuah cuko dan gula merah. Mie kuning basah atau suun sebagai bahan utama, ditambah tahu, tauge, dan timun sebagai bahan pelengkap. Aroma dari kuah cuko saja bisa bikin produksi air liur bertambah, kenikmatan hakiki GanSist.

3. Rujak Cingur
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
Sumber gambar

Kalo rujak yang satu ini, pasti sudah tidak asing lagi, ya, GanSist. Rujak asal Jawa Timur ini banyak diburu pecinta kuliner. Cingur adalah moncong atau mulut dan hidung sapi yang bertekstur kenyal. Campuran antara buah, sayur, cingur, dan sambal kacang yang gurih membuat tergoda untuk mencicipinya. Yummy, endes GanSist.

4. Rujak Soto
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
Sumber gambar

Bagi GanSist penggemar soto, tidak ada salahnya mencoba soto versi rujak. Rujak soto terbuat dari rebusan kangkung dan tauge yang diulek dengan kacang tanah, gula merah, dan petis. Rujak asal Banyumas ini juga menggunakan cingur, loh, GanSist. Setelah semua bahan tadi dicampur, kemudian disiram dengan kuah soto yang hangat dan gurih. Ditambah taburan bawang goreng sebagai sentuhan terakhir.

5. Rujak Kuah Pindang
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
Sumber gambar

Tidak hanya terkenal dengan Nasi Jinggo dan Ayam Betutunya saja. Bali terkenal kayak akan ragam kulinernya. Salah satunya rujak kuah pindang. Campuran berbagai macam buah yang disiram dengan kuah pindang. Rasanya memang sangat khas, rasa segar, asam, manis, pedas, dan gurihnya kuah pindang berbaur menjadi satu.

6. Rujak U Groeh
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
Sumber gambar

Rujak yang berasal dari Aceh ini terbilang sangat unik. Biasanya rujak menggunakan aneka potongan buah, tetapi rujak U Groeh menggunakan batok kelapa sebagai bahan dasarnya. Batok kelapa yang digunakan adalah batok kelapa yang masih muda, ya, GanSist. Batok kelapa muda dikerik lalu dicampur dengan bumbu rujak plus perasan air jeruk nipis.

7. Rujak Es Cream
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
Sumber gambar

Makan rujak tengah hari bolong saja sudah bikin segar, ya, GanSist. Nah, rujak yang satu ini merupakan perpaduan antara segarnya rujak dan lembutnya es cream, kebayang kan, gimana nikmatnya. Rujak ini sangat populer di Yogyakarta. Berawal dari Pak Nardi--pencetus ide rujak es cream--mencari cara supaya es puter dagangannya cepat habis terjual. Beliaupun mencoba mencacah-cacah buah yang sudah bercampur dengan bumbu rujak dipadukan dengan es puter dagangannya. Ternyata banyak pembeli yang ketagihan.

Bagaimana, GanSist, tertarik untuk mencoba. Beberapa ulasan di atas semoga bisa membantu GanSist yang ingin mencicipi rujak dengan citarasa yang berbeda dari biasanya.

Sekian dulu untuk perjumpaan kali ini. Sampai jumpa lagi di trit ane selanjutnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih atas apresiasinya. Jangan lupa rate dan cendolnya. Salam hangat selamat beraktifitas.
Diubah oleh iissuwandi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 7
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
05-09-2019 22:48
bray sedih banget bray dari semua rujak yang ada di thread ane baru pernah makan rujak eskrim doang.... sama rujak khas situbondo gitu tapi gaada di list. yang lain baru tau pas baca ini hiks wajib cobaik semua ahhh cita rasanya pasti beda-beda nih
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
05-09-2019 22:50
Quote:Original Posted By umbulmanten
sebutkan 10 nama buah dalam waktu 1 detik, RUJAK!


wkwkwkw ini tebak-tebakan jaman esde banget nih, sering ditanyain tapi masih ada aja yang gak ngerti emoticon-Ngakak
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
06-09-2019 08:04
Quote:Original Posted By japarina
bray sedih banget bray dari semua rujak yang ada di thread ane baru pernah makan rujak eskrim doang.... sama rujak khas situbondo gitu tapi gaada di list. yang lain baru tau pas baca ini hiks wajib cobaik semua ahhh cita rasanya pasti beda-beda nih


Wkwkwkw sama Gan ama ane, senaseb kita
0 0
0
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
06-09-2019 08:05
Quote:Original Posted By japarina
wkwkwkw ini tebak-tebakan jaman esde banget nih, sering ditanyain tapi masih ada aja yang gak ngerti emoticon-Ngakak


Ane malah baru.tau Ganemoticon-Ngakak
0 0
0
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
06-09-2019 09:11
liat trit ini bikin ngiler aja..mantappp
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
06-09-2019 17:35
Quote:Original Posted By missgabut
liat trit ini bikin ngiler aja..mantappp


Ane ampe bikin rujak ni hari Ganemoticon-Betty
0 0
0
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
06-09-2019 22:08
Quote:Original Posted By iissuwandi
Wkwkwkw sama Gan ama ane, senaseb kita


wakakakka mari gan kayanya kita butuh icip icip berbagai macam rujak nihhhhhh
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
06-09-2019 22:09
Quote:Original Posted By japarina
wakakakka mari gan kayanya kita butuh icip icip berbagai macam rujak nihhhhhh


Yukk mariiiemoticon-Ngacir2
0 0
0
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
06-09-2019 22:10
Laper
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
06-09-2019 22:10
Quote:Original Posted By iissuwandi
Ane malah baru.tau Ganemoticon-Ngakak


laaaaah masa iya gan wkekw itu tebakan paling famous jaman ane masih sd emoticon-Ngakak
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
06-09-2019 22:11
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Laper


Tidur Sisemoticon-Bettyemoticon-Betty

Ingat timbanganemoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment
0 0
0
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
06-09-2019 22:12
Quote:Original Posted By japarina
laaaaah masa iya gan wkekw itu tebakan paling famous jaman ane masih sd emoticon-Ngakak


Ane dulu gak seagresip sekrang Gan, pemalu. Kadang kentut aja gak bunyi tau2 bau ajaemoticon-Ngakak
0 0
0
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
06-09-2019 22:18
Quote:Original Posted By iissuwandi
Tidur Sisemoticon-Bettyemoticon-Betty

Ingat timbanganemoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment


ane kurus sis emoticon-Turut Berduka
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
06-09-2019 22:23
Quote:Original Posted By YenieSue0101
ane kurus sis emoticon-Turut Berduka


P3ngen kuruzzzzemoticon-Mewek
0 0
0
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
06-09-2019 22:39
wooow rujaknya unik unik

ane taunya rujak cingur sama rujak manis doang
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
06-09-2019 23:50
Quote:Original Posted By iissuwandi
Ane dulu gak seagresip sekrang Gan, pemalu. Kadang kentut aja gak bunyi tau2 bau ajaemoticon-Ngakak


oooaaalaaah ekwkw yaudah gan gakpapa yang penting sekarang akhirnya udah tau emoticon-Ngakak
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
07-09-2019 01:08
Pernah nyoba rujak juhi tapi baru tau kalo pake cumi / makanan laut wkwk kayanya ane yg ga terlalu merhatiin. Kalo rujak es krim ane kurang suka sii rasanya aneh menurut ane tp biasanya kalo rujaknya aja tuh segerrrr emoticon-2 Jempol
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
07-09-2019 03:22
Quote:Original Posted By adnanami
wooow rujaknya unik unik

ane taunya rujak cingur sama rujak manis doang


Ternyata ada banyak ya Sis
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
07-09-2019 03:22
Quote:Original Posted By kecombranggg
Pernah nyoba rujak juhi tapi baru tau kalo pake cumi / makanan laut wkwk kayanya ane yg ga terlalu merhatiin. Kalo rujak es krim ane kurang suka sii rasanya aneh menurut ane tp biasanya kalo rujaknya aja tuh segerrrr emoticon-2 Jempol


Semua balik ke lidah masing2emoticon-Betty
0 0
0
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara
07-09-2019 03:23
Quote:Original Posted By japarina
oooaaalaaah ekwkw yaudah gan gakpapa yang penting sekarang akhirnya udah tau emoticon-Ngakak


Iyes Gan, ane seneng akhirnya tu teka teki terkuakemoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 5 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.