alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6df7b18012ae453679ed3c/dua-kota-ini-sering-dijadikan-contoh-berkaitan-dengan-pindah-ibukota
Lapor Hansip
03-09-2019 12:18
Dua Kota Ini Sering Dijadikan Contoh Berkaitan dengan Pindah Ibukota
Past Hot Thread
Dua Kota Ini Sering Dijadikan Contoh Berkaitan dengan Pindah Ibukota


Masih ramai di timeline dan feeds posts tentang pindah ibukota, sama seperti aku yang tak tau apa-apa ini, yang mestinya gak ngomongin begini, tapi tertarik juga setelah melihat berbagai respon yang ada, ingin sedikit menuliskan apa yang dalam pikiranku tentang pindahan ibukota ini, tentunya tanpa tendensi politik, karena aku tak tahu menahu tentang politik dan permainannya.

Yang aku tahu, ngomongin perpindahan ibukota, tak kan lepas dari ngomongin dua kota atau dua negara yang sudah pernah dan sukses melakukan perpindahan ibukota negara untuk urusan pemerintahannya. Idealnya, sebuah negara itu memiliki pusat bisnis dan pusat pemerintahan yang terpisah, sehingga tidak menyatu antara pusat bisnis dan pusat pemerintahan, yang akibatnya bisa saja macet, penumpukan penduduk, dan berbagai masalah lainnya.

Tahu kan ya dua negara yang aku maksud, benar, Amerika dan Malaysia, dua negara yang telah memindahkan dua ibukotanya ke tempat yang baru.

Quote:
Quote:1. Amerika


Yang aku tahu, dari hasil membaca dan mendengarkan dari yang sudah tahu, di Amerika itu antara pusat pemerintahan dengan pusat bisnis itu hanya terpisah dengan kota-kota sekitarnya, namun masih dalam satu daratan dan tidak terpisahkan lautan.
Keuntungannya dengan model seperti itu adalah, biaya urus mengurus dari kota pusat bisnis dan kota pusat pemerintahan gak mahal, bisa ditempuh dengan kendaraan darat semisal mobil atau kereta api, atau motor kalau mau emoticon-Hammer



Nah, kita lihat di peta di atas, pusat bisnis ada di New York, sedangkan pusat pemerintahan ada di Washington DC, dihitung secara jarak dengan ditempuh dengan naik mobil hanya sekitar 4-5 jam perjalanan, dan itu masih dalam wilayah eastern coast, atau mudahnya, antara pusat bisnis dan pusat pemerintahan masih dalam satu wilayah yang sama yaitu di east coast.

Kenapa jadi ngomongin daratan amerika segala, karena perpindahan ibukota Indonesia nantinya adalah di wilayah Kalimantan, yang terpisah dengan lautan dan jarak tempuh tentu saja tidak bisa ditempuh hanya dengan jalur darat saja, harus ditambah dengan jalur laut atau jalur udara, secara perhitungan ekonomi tentu lebih mahal, karena jarak antara Jakarta dan ibukota baru nantinya bukan jarak dekat.


Quote:
Quote:2. Malaysia


Demikian juga dengan malaysia, antara pusat kota bisnis dan pusat kota pemerintahan masih dalam satu daratan, kurang lebih jaraknya hanyalah 34 Km, antara Kota Putrajaya dengan Kota Kuala Lumpur.



Pusat bisnis di Kota Kuala lumpur sedangkan pusat bisnis ada di Kota Putrajaya, juga antara kedua kota itu dapat ditempuh dengan kendaraan darat dan tentu saja biaya urus mengurus dari pusat bisnis dan pusat pemerintahan lebih murah.

Ini juga bila dibandingkan dengan perpindahan ibukota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur, perhitungannya nanti selain butuh biaya lebih mahal juga tenaga dan waktu patut diperhitungkan.


Lantas, bagaimana seharusnya antara pusat bisnis dan pusat pemerintahan?

Bila memungkinkan, seharusnya kebijakan memisahkan lokasi pusat bisnis dan pusat pemerintahan itu tanpa harus keluar biaya banyak sampai triliyunan, dan tentu saja dengan adanya kesiapan infrastrukturnya.

Belajar dari sejarah bahwa Presiden Soekarno ingin memindahkan ibukota ke Kalimantan dulu tentu dengan alasan yang kuat, di Jakarta sendiri waktu itu belum banyak infrastruktur yang terlanjur dibangun dan maju seperti Jakarta sekarang ini.

Jadi mungkin ide Presiden Soekarno waktu itu adalah agar semua berpusat di Kalimatan saja untuk pusat pemerintahannya. Diandingkan dengan sekarang rencana untuk perpindahan ibukota sebagai pusat pemerintahan dengan kota tujuan yang belum terbangun infrastruktur, dengan kebutuhan dana ratusan triliyun, mungkin bisa buat nutup hutan atau memakmurkan rakyatnya tentu saja dengan kebijakan yang benar

Belajar pula dari kebijakan Presiden Soeharto tentang perpindahan ibukota pemerintahan masih di daerah Jawa yang katanya ditiru Malaysia itu. Perhitungannya tentu saja masih ada daerah-daerah di Jawa ini yang layak jadi ibukota pemerintahan baru, sebutlah Jonggol, Cirebon, Malang atau Banyuwangi mungkin, yang masih terbilang sepi dan lahan ada, tentu saja dengan infrastruktur yang siap bangun, karena dengan begitu tidak akan membutuhkan biaya banyak untuk perpindahan ibukota pemerintahan, gak sia-sia begitulah istilahnya emoticon-Big Grin

Nah, ini hanyalah opini TS mengenai perpindahan ibukota Indonesia yang sedang ramai di berita dan di timeline web
Bagaimana selanjutnya, kita lihat saja nanti bagaimana, dan di sini kita diskusi santai saja, sekalian buat menambah pengetahuan berkaitan dengan hal ini, OK? emoticon-Big Grin

Quote:
Thread di tulis oleh heane untuk meramaikan event kompetisi menulis Balada Pindahnya Ibukotadi Kaskus.id
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danQe dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 5
06-09-2019 07:15
Quote:Original Posted By zavoyan
yang puluhan tahun kemaren kama aja ya?

katanya indonesia pernah jadi negara maju, kok kemajuannya nggak kelihatan?


emoticon-Ngakak
0
06-09-2019 07:20
setujunts...
0
Lapor Hansip
06-09-2019 07:24
Balasan post heane
Iya letaknya cukup strategis
0
06-09-2019 07:27
Quote:Original Posted By aithings
ambil sisi" baiknya, bisa mencontoh pembangunan di negara lain dan diaplikasiin demi sesuatu yang lebih baik lagi tidak ada salahnya


Nah bener kata agan ini, ambil positifnya aja gan.
Biar Indonesia bisa jadi macan asia lagi wkwk
Lagian pemerintah juga pasti udah mempersiapkan semuanya kok, gak kaya orang pindahan rumah biasa wkwk
0
06-09-2019 07:28
bagaimanapun juga, yang penting pembangunan merata emoticon-Embarrassment
profile-picture
mbahgatel memberi reputasi
1
06-09-2019 07:58
mosok pindahin ibukota jakarta ke tangerang atau bekasi.... udh banyak pabrik disono brey
0
06-09-2019 08:09
Canberra dan Sidney g dijadiin contoh juga?
0
06-09-2019 08:18
sebagai rakyat jelata cuma bisa ngikut aja sama pemerintah
0
06-09-2019 08:22
pak pres nya ngebet bgt emang pingin pindah,., ada apa gerangan,.,., wkwkwkwkww
0
06-09-2019 08:22
Kalau pindah beda pulau, itu gaada contohnya mod
0
06-09-2019 08:54
semua pasti ada pro & kontra,
pasti ada advantage & disadvantage,
tinggal bagaimana konsistensi pemerintah sekarang & yang berikutnya menjalankan program perpindahan ini dengan baik & tanpa neko2 tentunya
0
06-09-2019 11:09
yg mikir pindah bukan cuma 1ato2 orang aja gan, banyak yg mikirin,, krna banyak yg mikir jadinya musyawarah,, biasane musyawarah sing baik hasile baik juga emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0
06-09-2019 11:15
m-alay-sia gak masuk itungan gan emoticon-Ngakak
negara alay kayak gitu emoticon-Ngakak
0
06-09-2019 14:31
gitu ye gan...
nice dah
0
06-09-2019 14:56
Di kalimantan kan lahan nya banyak punya sendiri lagi, yg isinya batuan alam semua, jadi makin deket kan sama dia nya
0
06-09-2019 15:06
kalo mau bikin kota yg baru apalagi ibu kota, kudu merhatiin kemungkinan perkembangannya di waktu mendatang juga gan. klo merhatiin masalah kesehatan, ya coba ke Halodoc aja buat konsultasi pada dokter yg ahli. dokternya ramah2 dan standby 24 jam buat agan semua. cari obat juga bisa di Halodoc ya.
0
06-09-2019 16:53
ibu kota pindah, terus nanti apalagi masalah di Indonesia ini? sudah banyak masalah, malah nambah masalah.

nyari tantangan, padahal tantangan sebelumnya aja belum beres, jadinya malah cari masalah.

lu lu pada yang ngerjain project pindah ibukota ini enak, dapet duit. lah yang miskin miskin yang kantornua di jakarta?? harus berjuang keras dengan di mutasi ke ibukota baru?

ane nonton di ILS bilang, pemindahan ibukota ini tidak akan deforesasi. man kalimantan paru paru dunia, gak mungkin deforesasi, kebiadaban para pebisnis yang amoral dan juga kerakusan pihak pemerintah pasti ngancurin hutan hutan disana.

makin lama Indonesia ini cuma jadi ajang lahan cari uag untuk segelintir orang. mulai dari yang mengaku nasionalisme hingga membawa bawa agama, padahal mereka sama, orang-orang yang hanya memikirkan uang bukannya kesejahteraan rakyat

damn man, mau jadi apa ini Indonesia?
0
07-09-2019 03:04
Pindah ke Bandung ajah pusat pemerintahannya. emoticon-Ngakak

Ya atau Tasikmalaya juga okeh.
0
07-09-2019 15:18
kapan jadi pindah ibukotanya?
0
08-09-2019 21:10
bener sih ts, ane sendiri bukan yang kayak 'wah masa kesana nih pindahnya' lebih ke ikutin alur aja sih wkw
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.