alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6f86be28c9917f074d355e/humor-legendaris-gus-dur-mengenai-4-sifat-bangsa-indonesia-bikin-pusing
Sosok KH Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur dikenal dengan kritik berbentuk guyonan. Siapa saja yang mendengar atau membaca humor Gus Dur akan tertawa karena kelucuannya. Saking pandai memancing dan membuat tawa, beberapa tokoh memberinya gelar Doktor Humoris Causa. Bukan hinaan, tapi bentuk dari rasa hormat pada rasa humor Gus Dur. Dikutip dari laman NU Online, konon Gus Dur pandai membu
Lapor Hansip
04-09-2019 16:41

Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing

Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing

Sosok KH Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur dikenal dengan kritik berbentuk guyonan. Siapa saja yang mendengar atau membaca humor Gus Dur akan tertawa karena kelucuannya.

Saking pandai memancing dan membuat tawa, beberapa tokoh memberinya gelar Doktor Humoris Causa. Bukan hinaan, tapi bentuk dari rasa hormat pada rasa humor Gus Dur.

Dikutip dari laman NU Online, konon Gus Dur pandai membuat guyonan karena dipengaruhi oleh tradisi pesantren dan Nahdlatul Ulama (NU). Dalam lingkungan tersebut, humor merupakan obrolan atau makanan sehari-hari dan menjadi ciri khas di kelompok mereka.

Saking banyaknya, kumpulan humor Gus Dur ini pernah ditulis dalam sebuah buku yang berjudul ‘Tertawa Bersama Presiden Gus Dur’ ditulis pada 2014 lalu. Seluruh isinya dapat ‘mengocok’ perut bagi siapa saja yang membacanya, karena kritik yang disampaikan sangatlah ringan dan mudah dipahami.

Salah satu humor ala Gus Dur yang cukup membuat ‘geli’ adalah menyindir tentang empat macam sifat bangsa yang bersinggungan dengan pekerjaan. Konon, di dunia ini ada empat macam sifat bangsa, yaitu:

1. Sedikit bicara, sedikit kerja (Nigeria, Angola).

2. Sedikit bicara, banyak kerja (Jepang, Korsel).

3. Banyak bicara, banyak kerja (Amerika, China).

4. Banyak bicara, sedikit kerja (Pakistan, India).

Seseorang bertanya:”Kalau bangsa Indonesia, masuk yang mana Gus??”

Gus Dur:”Tidak bisa dimasukkan di antara yang empat itu.”

“Loh, kenapa Gus??”

Gus Dur:”Karena di Indonesia, antara yang dibicarakan dan yang dikerjakan beda.”

Oleh karena itu, Gus Dur pernah mengatakan jika humor sangat efektif menjadi alat perlawanan. Masyarakat dapat menggunakan pandangan kritisnya yang dituangkan ke dalam kekonyolan, ketidakadilan atau sistem yang dapat membelenggu.

Selain dapat mengkritisi orang lain, humor juga berfungsi untuk mengkritisi dan menertawakan diri sendiri. Serta sebagai tanda kecerdasan dan kebijaksanaan seseorang.

Gus Dur pun memiliki pandangan, seseorang belum bisa dianggap arif dan bijaksana jika belum mampu menertawakan diri sendiri.


Sumber : https://muslim.okezone.com/read/2019...k-garuk-kepala
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arsivilover dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
04-09-2019 16:44
hmmmmmm...
selamat datang ke negri +62
0 0
0
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
04-09-2019 16:53
+62 emang ga ada matinyaemoticon-Big Grin
0 0
0
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
04-09-2019 16:55
"Karena di Indonesia, antara yang dibicarakan dan yang dikerjakan berbeda"


kearifan lokal yg hakiki..
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
04-09-2019 16:56
Gus Dur orangnya sederhana
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
avalanchefoes dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
04-09-2019 17:26
Gus Dur pun memiliki pandangan, seseorang belum bisa dianggap arif dan bijaksana jika belum mampu menertawakan diri sendiri. 
______________________

Dimari, banyak yg sikap,perilaku, tindakan dan pemikiran jadi bahan tertawaan...
Dan tuh badut2 "sepertinya" ga nyadar Gus..
profile-picture
n4z1.v8 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
04-09-2019 17:29
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing



emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
04-09-2019 18:01
gitu aja repot emoticon-Ngacir
0 0
0
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
04-09-2019 18:07
nyindir anies ngakak
0 0
0
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
Lapor Hansip
04-09-2019 18:39
Balasan post polizshitz
Quote:Original Posted By polizshitz
"Karena di Indonesia, antara yang dibicarakan dan yang dikerjakan berbeda"


kearifan lokal yg hakiki..
emoticon-Leh Uga


Hahaja bener, temen ane yg bangla, paki indihe kek gitu, banyak bicara kerjanya dikit!
profile-picture
polizshitz memberi reputasi
1 0
1
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
04-09-2019 19:14
hahahahahaha
lucu gan, emang bener sih ya....

tapi kayanya kita harus juga bisa menghargai orang, kalau salah di luruskan, kalau benar di apresiasi, jangan di balik yaaaa emoticon-Malu

Yang penting harus tetap menjadi baik emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
04-09-2019 19:48
Quote:Original Posted By ceweknyacuik
hahahahahaha
lucu gan, emang bener sih ya....

tapi kayanya kita harus juga bisa menghargai orang, kalau salah di luruskan, kalau benar di apresiasi, jangan di balik yaaaa emoticon-Malu

Yang penting harus tetap menjadi baik emoticon-I Love Indonesia


Mantap emoticon-Cool
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
1 0
1
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
04-09-2019 21:41
"Karna di indonesia antara yang dibicarakan sama yang dikerjakan beda" emoticon-Wakaka cerminan politik indo yang masi relevan sampe saat ini emoticon-Wakaka
0 0
0
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
04-09-2019 22:19
da bes pokoknya Gus...
0 0
0
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
Lapor Hansip
04-09-2019 22:52
Balasan post pasiolo84
bahkan humornya gus dus tentang islam itu yang menertawakan identitasnya sendiri yang artinya sebuah kearifan, lo sekarang malah jadi penistaan agama tapi jika mendengar keinginan terakhir gus dur disampaikan pak mahfud md yang adalah bahwa gus dur ingin menghapus pasal penodaan agama dan menurutku itulah luar biasanya gus dur tetap berjuang demi manusiakan manusia meskipun dalam kondisinya dalam keadaan sakit
0 0
0
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
04-09-2019 23:46
Karena di Indonesia, antara yang dibicarakan dan yang dikerjakan beda. emoticon-Ngakak
0 0
0
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
04-09-2019 23:48
DPR = Taman kanak kanakemoticon-Leh Uga
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
04-09-2019 23:59
gusdur walau gak ada masih menyisakan rasa rindu nasihat bijak beliau yg humoris tapi mengena. blio tokoh yg bijak, tak pernah mengejar jabatan dan cinta perdamaian. rindu sosok beliau emoticon-Kiss
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
05-09-2019 00:16
Menarik, awalnya tau Gus Dur dari Tem**, secara sering nulis di kolom sos-bud majalah tsb di taun 90-an dgn gaya humaniora-nya.
klo guyonan keknya spontanitas kritik dgn cara humor ala "Jawa Timuran" krn sering tampil acara dialog di tipi emoticon-Big Grin

emoticon-Peluk

profile-picture
gpandita memberi reputasi
1 0
1
Humor Legendaris Gus Dur Mengenai 4 Sifat Bangsa, Indonesia Bikin Pusing
06-09-2019 00:49
Kiyai NU
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.