• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tahukah gan.., mahluk sangat kecil ini penyumbang 50% oksigen di bumi kita

Gendut_79Avatar border
TS
Gendut_79
Tahukah gan.., mahluk sangat kecil ini penyumbang 50% oksigen di bumi kita


Ya...mahluk yang sangat kecil ini bernama DIATOM. Diatom ini merupakan mahluk hidup dalam grup algae yang hidup di lingkungan perairan laut, sungai dan tanah di bumi. Jumlah mahluk hidup ini bisa mencapai trilyunan, dimana bisan memproduksi oksigen 20%-50% setiap tahun. Ukurannya hanya 2-200 micrometer ( lebih kecil dari diameter rambut kita), sehingga diatom ini merupakan microorganisme. Mahluk hidup bersel satu, transparan dan opaline silica.

Diatom mempunyai molekul yang bisa menterap cahaya (klorofil) yang dapat mengumpulkan energi dari matahari dan mengubahnya menjadi energi kimia melalui proses fotosintesis 


Kemudian pertanyaan sederhana, bagaimana bisa si diatom ini bisa memberikan udara segar untuk kita hingga 50% ya?? ( Pantas ya..., kalau kita ke pantai, kita menghirup udara segarrrr...hehehehe). Jadi gini gan, melalui proses carbon fixation, si diatom ini mengambil gas karbon dioksida (CO2) dari atmosfer untuk diubah menjadi karbon ( nutrient gula untuk diatom) dan oksigen (O2) dilepas. Kita bisa menghirup oksigen yang diatom hasilkan....... metabolisme diatom yang menghasilkan gelembung oksigen yang terlepas di udara terbuka.



Diatom juga sebagai sumber energi makanan dari seluruh rantai makanan, mulai dari zooplanton, serangga air, ikan dan paus. Diatom juga sebagai indikator kualitas air sekitar, dimana mereka hidup. emoticon-Peaceemoticon-Blue Guy Cendol (S)emoticon-Blue Guy Cendol (S)

Sumber : https://diatoms.org/
izzy713
Alexa.Clarisa
buslighthere
buslighthere dan 26 lainnya memberi reputasi
27
14.6K
190
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.