uratkumbangAvatar border
TS
uratkumbang
Setoran KKP Rendah, Banggar: Menteri Kerjanya Nembakin Kapal Doang!
Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) habis dicecar oleh Badan Anggaran DPR RI. Kementerian yang dipimpin oleh Susi Pudjiastuti itu dipandang memiliki setoran yang minim untuk negara.

Target PNBP perikanan sendiri di 2020 sebesar Rp 900,35 miliar. Angka itu paling kecil dibandingkan target PNBP kementerian lainnya yang rata-rata jauh di atas Rp 1 triliun.

"Menterinya suka bakar kapal-kapal nelayan kita yang tidak dapatkan izin, kemudian dibakar. Banyak pemiliknya yang bunuh diri. PNBP Rp 900 miliar itu sangat kecil, kalau produksi perikanan kita bisa ditingkatkan," kata Anggota Banggar Fraksi Gerindra Bambang Haryo di ruang rapat Banggar, Gedung DPR, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Sindiran itu dilontarkan dalam rapat antara pemerintah dan Badan Anggaran DPR RI yang membahas penerimaan negara bukan pajak (PNBP) untuk sektor sumber daya alam (SDA) dan non migas.

Baca juga: Setoran KKP Mengecewakan, Utusan Susi Dicecar Banggar DPR

Dari sisi pemerintah dihadiri oleh para eselon I antar kementerian. Di antaranya Kepala BKF Suahasil, Dirjen Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Aryono, Dirjen EBTKE Kementerian ESDM Sutijastoto, Dirjen Perikanan Tangkap Zulficar Mochtar, dan Dirjen Pengelolaan Daerah Air Sungai dan Hutan Lindung.

Wakil Ketua Banggar MH Said Abdullah pun juga menyampaikan kekecewaannya di depan Zulficar. Dia menilai Susi sebagai Menteri KKP kinerjanya kurang memuaskan.

"Ini anggarannya besar tapi kinerjanya PNBP-nya segini. Banyak nelayan masih ngeluh. Masa jadi menteri kerjaannya nembakin kapal doang," tuturnya.

Menurutnya pada 2019 saja target PNBP perikanan hanya Rp 600 miliar, tapi per Juli hanya Rp 285 miliar.


Sumur: https://m.detik.com/finance/berita-e...in-kapal-doang


Masa iya setoran nya minim? Laut kita kan luaas..

emoticon-Traveller
muhamad.hanif.2
tien212700
tien212700 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0
1.1K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.