alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6e1f74b8408808ee70ded0/alasan-ruu-kuhp-penjarakan-pelaku-kumpul-kebo-dan-seks-di-luar-nikah
Lapor Hansip
03-09-2019 15:08
Alasan RUU KUHP penjarakan pelaku kumpul kebo dan seks di luar nikah
RUU KUHP mengkriminalisasi hidup serumah tanpa nikah (kumpul kebo) serta seks di luar nikah. Hal itu sebagai perluasan definisi zina. Mengapa keduanya perlu dikriminalisasi?

"Perumusan tindak pidana kesusilaan bersumber dari KUHP dan undang-undang di luar KUHP. Selain itu, dalam merumuskan norma hukum pidana di bidang kesusilaan juga mempertimbangkan hasil penelitian dan masukan dari diskusi kelompok terfokus serta perkembangan hukum dalam yurisprodensi dan praktik penegakan hukum," demikian bunyi Naskah Akademik RUU KUHP yang dikutip detikcom, Selasa (3/9/2019).

detikNews

Home Berita Daerah Jawa Timur Internasional Kolom Blak blakan Fokus Hoax Or Not Foto Most Popular Pro Kontra Suara Pembaca Infografis Video detikPemilu Indeks
detikPemilu

Home / detikNews / Berita
Selasa 03 September 2019, 10:29 WIB
Alasan RUU KUHP Penjarakan Pelaku Kumpul Kebo dan Seks di Luar Nikah
Andi Saputra - detikNews
Alasan RUU KUHP Penjarakan Pelaku Kumpul Kebo dan Seks di Luar Nikah
ilustrasi (dok.detikcom)
Jakarta - RUU KUHP mengkriminalisasi hidup serumah tanpa nikah (kumpul kebo) serta seks di luar nikah. Hal itu sebagai perluasan definisi zina. Mengapa keduanya perlu dikriminalisasi?

"Perumusan tindak pidana kesusilaan bersumber dari KUHP dan undang-undang di luar KUHP. Selain itu, dalam merumuskan norma hukum pidana di bidang kesusilaan juga mempertimbangkan hasil penelitian dan masukan dari diskusi kelompok terfokus serta perkembangan hukum dalam yurisprodensi dan praktik penegakan hukum," demikian bunyi Naskah Akademik RUU KUHP yang dikutip detikcom, Selasa (3/9/2019).
Baca juga: 23 Hari Jelang KUHP Baru: Pasal Santet-Kriminalisasi Seks di Luar Nikah

Struktur pokok perumusan tindak pidana kesusilaan:

1. Norma hukum pidana dalam KUHP yang direformulasi dan disesuaikan dengan nilai kesusilaan masyarakat hukum Indonesia (konsep hukum tentang zina dan kesusilaan).
2. Norma hukum pidana yang dimuat dalam UU Pornografi, UU ITE, UU Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), UU tentang Perlindungan Anak yang dirumuskan menjadi tindak pidana pornografi, pornografi melalui media elektronik, dan pornografi yang melibatkan anak, perkosaan dalam rumah tangga).
3. Norma hukum pidana yang bersumber dari hukum adat atau hukum yang hidup dalam masyarakat (tindak pidana hidup bersama tanpa nikah).


"Salah satu jalan keluar yang strategis dalam penanggulangan kriminalitas adalah peningkatan daya tahan atau daya tolak budaya, mengingat kriminalitas sendiri pada hakekatnya merupakan bagian dari budaya manusia,"ujarnya.
Baca juga: Masa Transisi 3 Tahun, RUU KUHP Baru Efektif Berlaku 2022

Menurutnya, dalam mengisi dan mengarahkan delik-delik susila itu, seharusnyalah unsur-unsur agama memegang peranannya. Baik sekali diperhatikan keterangan-keterangan beliau sekitar adanya pandangan yang semata-mata melihat hubungan antara hukum dan moral, seakan-akan pengaruh unsur agama terhadap hukum tidak mendapat perhatian, khususnya dalam kejahatan-kejahatan terhadap kesusilaan.

"Dari bahan-bahan yang dikemukannya cukup jelas bagi kita betapa konsekwensi yang berbeda antara pandangan-pandangan
sempit dan luas mengenai masalah ini," paparnya.

"Pengertian kesusilaan sebaiknya tidak dibatasi pada pengertian kesusilaan dalam bidang seksual, tetapi juga meliputi hal-hal lain yang termasuk dalam penguasaan norma-norma kepatutan bertingkah laku dalam pergaulan masyarakat," pungkasnya.

https://m.detik.com/news/berita/d-46...-di-luar-nikah


Haiyaaaaaa amsyooong waaa oe jdi nggak bisa lgi tinggal 1 flat sama cici cici bening di penjaringan waaaa

Makin banyak pemalsuan surat nikah supaya bisa tinggal 1 kontrakan bareng jendes jendes emoticon-Leh Uga

Nikah siri akan jadi solusi,so para jamaah monaslimin buruan belajar rukun rukun nikah ya, peluang usaha sampingan nih bakal rame loh kebutuhan penghulu terutama di jakarta

"...Urus saja moralmu urus saja akhlakmu peraturan yang sehat yang kami mau"

Iwan fals udah mabok kopi udah nggak lantang lagi emoticon-Betty

profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
03-09-2019 15:11
persetan dengan seks emoticon-fuck2
profile-picture
jualpcyagan memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
03-09-2019 15:12
Balasan post matthysse67
Quote:Original Posted By matthysse67
persetan dengan seks emoticon-fuck2


Gk bs ngaceng bre? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SpiritOfZoro dan 4 lainnya memberi reputasi
5
03-09-2019 15:12
Kenapa RUU ini harus disahkan? Karena biar kami kelihatan kerjanya!
profile-picture
Werewolfvez memberi reputasi
1
03-09-2019 15:21
kesian perempuannya. ga perawan lagi. udah bekas

cowok mah enak ga pernah jadi bekas
0
03-09-2019 15:22
Kalau sudah disahkan baru efektif di 2022
0
03-09-2019 15:25
Nikah solusinya™
Khilafah solusinya™
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1
03-09-2019 15:28
Baguslah supaya kaga bisa nikah siri
0
03-09-2019 15:33
lol kalau di enforce 50% orang Indo masuk penjara kali, aturan sampah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan wen12691 memberi reputasi
2
03-09-2019 15:33
Banyak org yang ingin ngesex tanpa nikah. Knp dilarang? Selama mereka belum terikat pernikahan ya suka2 mereka lah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sparxk dan 4 lainnya memberi reputasi
3
03-09-2019 15:35
Akankah Indonesia bersih dari PSK ? Atau ini akal2an aja untuk meningkatkan taraf hidup PSK karena harganya pasti meroket emoticon-Big Grin
0
03-09-2019 15:47
ngen tot goblok yang bikin nih
0
03-09-2019 15:50
ATURAN GOBLOK
0
03-09-2019 15:51
Goblok
Ngurusin ranah pribadi orang

profile-picture
profile-picture
sparxk dan wen12691 memberi reputasi
2
03-09-2019 15:51
Quote:Original Posted By sfast
Banyak org yang ingin ngesex tanpa nikah. Knp dilarang? Selama mereka belum terikat pernikahan ya suka2 mereka lah.


Emg
Budaya kepo kolot udah masuk sampe masuk UU segala

Ngemengnya : kalo mau kentu ya nikah lah
Dipikir nikah & nafkahin bini murah...
Makan sate lebih murah kali dibanding piara kebo nya emoticon-Nohope

Abis nikah belom lagi diresein lingkungan disuru punya anak...

Dosa? Dosa masing masing pake kepo + rese amat sama dosa orang lain...
Diubah oleh wen12691
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sparxk dan 5 lainnya memberi reputasi
6
03-09-2019 15:56
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Ini nanti pro kontra dengan pelaku nikah siri

kalau tidak ditindak,
sementara misalkan ada penganut agama lain atau aliran kepercayaan juga sudah menikah berdasarkan ritual agama atau aliran kepercayaannya tapi tidak dicatatkan di catatan sipil kemudian ditindak tentu akan jadi polemik.



emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan cantona78 memberi reputasi
2
03-09-2019 15:59
Hukum indonesia memakai hukum positif
Pasangan kumpul kebo, ga punya surat catatan sipil
Nikah siri, juga ga punya surat catatan sipil

Jangan pake standar ganda pake hukum agama. Ini bukan negara agama, hukum positip yang berlaku
profile-picture
sparxk memberi reputasi
1
03-09-2019 16:00
Quote:Original Posted By jualpcyagan
RUU KUHP mengkriminalisasi hidup serumah tanpa nikah (kumpul kebo) serta seks di luar nikah. Hal itu sebagai perluasan definisi zina. Mengapa keduanya perlu dikriminalisasi?

"Perumusan tindak pidana kesusilaan bersumber dari KUHP dan undang-undang di luar KUHP. Selain itu, dalam merumuskan norma hukum pidana di bidang kesusilaan juga mempertimbangkan hasil penelitian dan masukan dari diskusi kelompok terfokus serta perkembangan hukum dalam yurisprodensi dan praktik penegakan hukum," demikian bunyi Naskah Akademik RUU KUHP yang dikutip detikcom, Selasa (3/9/2019).

detikNews

Home Berita Daerah Jawa Timur Internasional Kolom Blak blakan Fokus Hoax Or Not Foto Most Popular Pro Kontra Suara Pembaca Infografis Video detikPemilu Indeks
detikPemilu

Home / detikNews / Berita
Selasa 03 September 2019, 10:29 WIB
Alasan RUU KUHP Penjarakan Pelaku Kumpul Kebo dan Seks di Luar Nikah
Andi Saputra - detikNews
Alasan RUU KUHP Penjarakan Pelaku Kumpul Kebo dan Seks di Luar Nikah
ilustrasi (dok.detikcom)
Jakarta - RUU KUHP mengkriminalisasi hidup serumah tanpa nikah (kumpul kebo) serta seks di luar nikah. Hal itu sebagai perluasan definisi zina. Mengapa keduanya perlu dikriminalisasi?

"Perumusan tindak pidana kesusilaan bersumber dari KUHP dan undang-undang di luar KUHP. Selain itu, dalam merumuskan norma hukum pidana di bidang kesusilaan juga mempertimbangkan hasil penelitian dan masukan dari diskusi kelompok terfokus serta perkembangan hukum dalam yurisprodensi dan praktik penegakan hukum," demikian bunyi Naskah Akademik RUU KUHP yang dikutip detikcom, Selasa (3/9/2019).
Baca juga: 23 Hari Jelang KUHP Baru: Pasal Santet-Kriminalisasi Seks di Luar Nikah

Struktur pokok perumusan tindak pidana kesusilaan:

1. Norma hukum pidana dalam KUHP yang direformulasi dan disesuaikan dengan nilai kesusilaan masyarakat hukum Indonesia (konsep hukum tentang zina dan kesusilaan).
2. Norma hukum pidana yang dimuat dalam UU Pornografi, UU ITE, UU Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), UU tentang Perlindungan Anak yang dirumuskan menjadi tindak pidana pornografi, pornografi melalui media elektronik, dan pornografi yang melibatkan anak, perkosaan dalam rumah tangga).
3. Norma hukum pidana yang bersumber dari hukum adat atau hukum yang hidup dalam masyarakat (tindak pidana hidup bersama tanpa nikah).


"Salah satu jalan keluar yang strategis dalam penanggulangan kriminalitas adalah peningkatan daya tahan atau daya tolak budaya, mengingat kriminalitas sendiri pada hakekatnya merupakan bagian dari budaya manusia,"ujarnya.
Baca juga: Masa Transisi 3 Tahun, RUU KUHP Baru Efektif Berlaku 2022

Menurutnya, dalam mengisi dan mengarahkan delik-delik susila itu, seharusnyalah unsur-unsur agama memegang peranannya. Baik sekali diperhatikan keterangan-keterangan beliau sekitar adanya pandangan yang semata-mata melihat hubungan antara hukum dan moral, seakan-akan pengaruh unsur agama terhadap hukum tidak mendapat perhatian, khususnya dalam kejahatan-kejahatan terhadap kesusilaan.

"Dari bahan-bahan yang dikemukannya cukup jelas bagi kita betapa konsekwensi yang berbeda antara pandangan-pandangan
sempit dan luas mengenai masalah ini," paparnya.

"Pengertian kesusilaan sebaiknya tidak dibatasi pada pengertian kesusilaan dalam bidang seksual, tetapi juga meliputi hal-hal lain yang termasuk dalam penguasaan norma-norma kepatutan bertingkah laku dalam pergaulan masyarakat," pungkasnya.

https://m.detik.com/news/berita/d-46...-di-luar-nikah


Haiyaaaaaa amsyooong waaa oe jdi nggak bisa lgi tinggal 1 flat sama cici cici bening di penjaringan waaaa

Makin banyak pemalsuan surat nikah supaya bisa tinggal 1 kontrakan bareng jendes jendes emoticon-Leh Uga

Nikah siri akan jadi solusi,so para jamaah monaslimin buruan belajar rukun rukun nikah ya, peluang usaha sampingan nih bakal rame loh kebutuhan penghulu terutama di jakarta

"...Urus saja moralmu urus saja akhlakmu peraturan yang sehat yang kami mau"

Iwan fals udah mabok kopi udah nggak lantang lagi emoticon-Betty



Quote:Original Posted By aleet
lol kalau di enforce 50% orang Indo masuk penjara kali, aturan sampah emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By sfast
Banyak org yang ingin ngesex tanpa nikah. Knp dilarang? Selama mereka belum terikat pernikahan ya suka2 mereka lah.


Quote:Original Posted By Terafim
ngen tot goblok yang bikin nih


Quote:Original Posted By wen12691
ATURAN GOBLOK


Quote:Original Posted By Po0po0
Goblok
Ngurusin ranah pribadi orang



Quote:Original Posted By wen12691


Emg
Budaya kepo kolot udah masuk sampe masuk UU segala

Ngemengnya : kalo mau kentu ya nikah lah
Dipikir nikah & nafkahin bini murah...
Makan sate lebih murah kali dibanding piara kebo nya emoticon-Nohope

Abis nikah belom lagi diresein lingkungan disuru punya anak...

Dosa? Dosa masing masing pake kepo + rese amat sama dosa orang lain...


bisa setuju dah gua . . .

sekalian . . . narkoba dilegalkan . . .urusan pribadi itu . . .

sekalian . . . jangan ada larangan poligami . . . urusan pribadi itu . . .

profile-picture
profile-picture
nowbitool dan galuhsuda memberi reputasi
0
Lihat 8 balasan
03-09-2019 16:54
ntar digugat ke MK pada dibatalin pasalnya kan malu nih orang2 emoticon-Big Grin
0
03-09-2019 17:01
Sapi ikutan menggelinjang lah..
0
03-09-2019 17:35
ginian diurusin ..
ngenti diurusin ..

emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Leh Uga

negeriku .. emoticon-norose
profile-picture
sparxk memberi reputasi
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.