Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Kekoreaan
  • Ditemani YouTuber Korea Reomit, Dubes KorSel untuk Indonesia Berangkat Keliling Jawa

ronzstagramAvatar border
TS
ronzstagram
Ditemani YouTuber Korea Reomit, Dubes KorSel untuk Indonesia Berangkat Keliling Jawa



Punya misi untuk mengenal Indonesia lebih jauh dan lebih dalam, sekaligus memperkenalkan budaya Korea Selatan ke berbagai penjuru Pulau Jawa, perwakilan pemerintah Korea Selatan di Indonesia punya cara istimewa. Pada Senin 2 September 2019 secara resmi diberangkatkan sebuah bus wisata yang berisi delegasi dari Korea Selatan dalam program spesial bernama "Teko Nang Jawa".

"Teko Nang Jawa" merupakan sebuah proyek diplomasi publik yang digelar oleh Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia, bekerja sama dengan Korean Tourism Organization (KTO) dan Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corp (aT). Mulai Senin 2 September 2019 hingga 7 September 2019 mendatang, bus yang di-branding dengan dua grup KPop populer yaitu EXO (ambassador KTO) dan ASTRO (ambassador aT) diberangkatkan dari Jakarta tepatnya di Lotte Shopping Avenue menuju ke tujuan pertama yakni kota Cirebon.



Mr. Kim Chang Beom, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia turut serta menjadi salah satu penumpang dalam bus ini. Ditemani oleh para Teko (Teman Korea) dari Korean Cultural Center dan juga YouTuber asal Korea Selatan yang populer di Indonesia yaitu Jang Hansol dari channel Korea Reomit. Nah, Hansol akan ikut juga nih bertualang bersama bus "Teko Nang Jawa" dan nge-vlog di sepanjang perjalanan dari Jakarta hingga Solo.



Sekilas tentang "Teko Nang Jawa"

Sebelum yang sudah disinggung di awal Thread ini GanSis, "Teko Nang Jawa" merupakan program diplomatik publik dari Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia. Dalam sebuah sesi wawancara dengan Mr. Kim Chang Beom di Lotte Shopping Avenue pada Senin (2/9/2019), dia menjelaskan bahwa Teman-teman Korea sekaligus masyarakat Korea Selatan pada umumnya diajak untuk tahu lebih banyak tentang Indonesia.

"Ada pepatah dalam Bahasa Indonesia yaitu 'tak kenal maka tak sayang'. Orang-orang di Korea ingin tahu lebih banyak tentang Indonesia, tapi mereka tidak terlalu familiar dengan kota-kota lain seperti Cirebon, Brebes, Solo, jadi kami ingin mengakselerasi pertukaran budaya antara kedua negara. Juga untuk semakin mengerti tentang satu sama lain," terangnya.



Bersama dengan delegasi dari Korea Selatan nanti ikut serta juga perwakilan wartawan berita salah satu media besar di Korea Selatan untuk meliput kegiatan ini. Sehingga tujuan untuk memperkenalkan kota-kota lain dari Indonesia yang bukan hanya Jakarta dan Bali bisa tercapai.

"Yang paling penting dari program ini adalah kami ingin lebih dekat dengan Teman-teman Indonesia yang ada di Jawa," tambah Mr. Kim Chang Beom.

Mengunjungi 5 kota yang akan diserbu kegiatan seru!

Buat kamu yang suka dengan kebudayaan Korea dan berdomisili di Brebes, Cirebon, Solo, dan Surabaya, kamu bisa ikut meramaikan program "Teko Nang Jawa" ini lho GanSis! Karena selain kamu bisa mencicipi aneka streetfood khas Korea Selatan secara gratis, kamu juga bisa berpartisipasi dalam acara yang sudah disiapkan di tiap-tiap kota. Berikut jadwal lengkap kegiatannya:

- Cirebon (3 September 2019) "First Korean Day in Cirebon"

Bertempat di MTCRC (Marine Technology Cooperation Research Center), "Teko Nang Jawa" akan melakukan kegiatan Cirebon Coastal Cleanup Campaign. Acara ini didukung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI juga Pemerintah Daerah Cirebon dan turut berpartisipasi juga masyarakat setempat termasuk mahasiswa. Di tempat yang sama juga akan digelar acara peringatan satu tahun peresmian MTCRC di Kampus ITB Cirebon.

Selain itu akan ada acara K-Food in Cirebon juga di mana akan digelar event membuat bibimbap bersama-sama dalam porsi besar. Nah di sini waktunya kamu mencicipi makanan Korea dari K-Food truck yang sudah disiapkan! Puncaknya bersama dengan komunitas penggemar Hallyu dan budaya Korea terbesar di Cirebon, "Teko Nang Jawa" mempersiapkan Hallyu Come On 2019. Gelaran seni budaya ini akan menampilkan demo Taekwondo, Kpop competition, pertunjukan tari tradisional Korea dan Indonesia, fashion show, dan Mukbang Show di Trans Studio Mini Cirebon.



- Brebes (4 September 2019) "Gempita Duo Budoyo"

Acara ini dikemas secara eksklusif namun akbar dengan menghadirkan 5000 orang tenaga kerja Indonesia yang bekerja di perusahaan Korea di Brebes, Jawa Tengah. Akan ditampilkan tim seni Gamelan Arirang serta Kpop Cover Dance. Sebuah ajang pertukaran budaya yang penting menurut Mr. Kim Chang Beom karena mungkin tidak semua dari para pekerja tersebut tahu tentang KPop dan budaya Korea. Sekaligus memberikan hiburan tersendiri buat mereka.

- Solo (5 September 2019) "Solo International Performing Arts 2019"

Dalam event ini, "Teko Nang Jawa" akan berpartisipasi dan menampilkan seniman non-bendawi asal Korea Selatan. Sang seniman berasal dari Provinsi Jeolla Utara dan Provinsi Gyeonggi. Di sini Korean Cultural Center menyediakan booth untuk mencoba hanbok, bermain permainan tradisional Korea, serta berlatih menulis Hangeul. Jangan takut lapar karena banyak makanan dari K-Food Truck! Datang aja ke Vastenburg Fort untuk menikmati acara ini.

- Surabaya (6, 7, 8 September 2019)

Acara di Surabaya dibagi ke dalam beberapa hari. Yang pertama di hari Jumat 6 September akan digelar di Universitas Negeri Surabaya dalam event bertajuk "All About Korea!" Seminar spesial ini akan membahas tentang budaya dan sejarah Korea. Lalu pada 7 hingga 8 September akan digelar "Teko Nang Jawa K-Food & Taekwondo". Di sini tempatnya buat kamu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang makanan Korea. Bertempat di Galaxy Mall, Surabaya, akan ada demo masak dan cicip-cicip teh buah omija, cemilan Korea, dan kimchi. Ada juga perlombaan Taekwondo amatir di Surabaya yang bekerja sama dengan Pengurus Besar Taekwondo Indonesia.


Nah, yuk ramaikan GanSis!



bagascaktirp
bagascaktirp memberi reputasi
1
1.9K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.