Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr7Avatar border
TS
valkyr7
KBRI Riyadh Terima Cek Rp 85,1 M Santunan WNI Korban Crane dari Raja Salman
KBRI Riyadh Terima Cek Rp 85,1 M Santunan WNI Korban Crane dari Raja Salman Crane Roboh di Mekah (Gagah Wijoseno/detikcom)

Jakarta - KBRI Riyadh menerima cek senilai USD 6,13 juta atau sekitar Rp 85,1 miliar dari Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud untuk santunan para WNI yang menjadi korban crane roboh di Mekah pada 2015. Dubes RI untuk Saudi Agus Maftuh Abegebriel pun mengucapkan terima kasih kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohamed bin Salman atas pemberian cek tersebut.

"Alhamdulillah, semua dilancarkan oleh Allah," ujar Dubes Agus Maftuh, Senin (2/9/2019).

Cek senilai 23 juta riyal itu diserahkan oleh Penasihat Hukum Deputi Konsuler Kementerian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi, Mohammad Alshammeri, kepada Koordinator Perlindungan Warga KBRI Riyadh, Raden Ahmad Arief. Agus pun langsung mengirimkan surat ucapan terima kasih kepada Raja Salman, Putra Mahkota MBS, Gubernur Mekah Pangeran Khalid Al Faisal, serta berbagai kementerian terkait yang dinilainya telah membantu proses pemberian santunan ini.

Ada 35 lembar cek yang diterima KBRI Riyadh. Cek-cek tersebut terdiri atas dua nominal, yakni senilai USD 133.333 atau setara dengan Rp 1,8 miliar untuk korban luka berat serta USD 266.666,66 atau sekitar Rp 3,7 miliar untuk korban meninggal dan korban cacat permanen. Sementara itu, ada satu cek untuk korban luka berat yang masih perlu pencocokan data paspor dan secepatnya akan direalisasikan sehingga total menjadi lengkap 36 cek.

KBRI Riyadh pun telah menyampaikan detail laporan kepada Kementerian Luar Negeri RI untuk dilakukan koordinasi dengan Kementerian Agama RI. Koordinasi itu untuk finalisasi administratif terkait penyampaian dana santunan kepada para korban luka berat dan cacat permanen serta para ahli waris korban meninggal dunia.

"Hampir tiap minggu para keluarga ahli waris di Indonesia menghubungi kami lewat Facebook, WA atau medsos yang lain mempertanyakan kapan realisasi santunan Raja Salman tersebut. Selalu kami jawab bahwa sejak kami mulai bertugas di KBRI pada Maret 2016 akan selalu prioritaskan untuk menyelesaikan kasus crane dengan melakukan upaya komunikasi dengan pemerintahan Kerajaan Arab Saudi," ujar Agus Maftuh.

Dia mengatakan sebenarnya penyelesaian pembayaran santunan Raja Salman untuk para WNI yang menjadi korban baru akan diberikan setelah selesainya proses fatwa waris dari tiap korban meninggal. Namun akhirnya Saudi memutuskan memberikan kemudahan kepada Indonesia dengan merealisasi cek sebelum selesainya finalisasi fatwa waris yang masih dipersiapkan oleh Kemenag RI.

Musibah jatuhnya crane di Masjidil Haram terjadi pada Jumat, 11 September 2015, dan menyebabkan lebih dari 100 orang meninggal dan mencederai lebih 200 orang. Jemaah haji yang menjadi korban musibah crane itu berasal dari Indonesia, Pakistan, India, Bangladesh, Malaysia, Turki, Aljazair, Iran, Irak, Libia, Afganistan, dan Mesir.

Kerajaan Saudi pun telah menurunkan tim pencari fakta untuk melakukan verifikasi yang detail terkait musibah tersebut. Pemerintah Saudi pernah menetapkan 13 orang sebagai tersangka dalam kasus ini, termasuk Kontraktor Bin Laden.

Namun, dalam sidang Mahkamah pada Oktober 2017, hakim memutuskan tidak ada unsur pidana dalam kasus ini. Akhirnya 13 tersangka dibebaskan dari tuntutan hukum dan Saudi memutuskan ambruknya crane adalah murni bencana akibat badai besar yang terjadi di Mekah pada 2015.

Berdasarkan fakta persidangan tersebut, Agus Maftuh menyebut cek senilai USD 6,13 juta tersebut bukan sebagai diyat atau ganti rugi. Uang itu merupakan murni santunan dan perhatian Raja Salman terhadap para korban musibah robohnya crane di dekat Shafa tersebut.

SUMBER


Alhamdulillah ya akhi.. emoticon-Malu (S)

Hanya 1 cek yg masih perlu pencocokan.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr7 02-09-2019 03:35
Skyland999
Skyland999 memberi reputasi
1
940
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.