officialgarasiAvatar border
TS
officialgarasi
Ini Beda 4WD Dan AWD
Mobil dengan penggerak empat roda tengah digemari masyarakat tanah air dalam beberapa tahun belakangan. Pasalnya, tak hanya mobil off road, tak sedikit SUV juga telah mengadopsi sistem tersebut.

Bahkan, sport car dan sedan mewah juga telah dibekali dengan sistem penggerak empat roda. Ternyata, ada dua jenis yang diproduksi oleh pabrikan, yakni 4WD dan all-wheel drive (AWD).



Baca juga: Kamu Harus Tahu, Ini Perbedaan Understeer dan Oversteer

Lantas apa bedanya? Tak hanya istilah, cara kerjanya pun tak sama.

Sistem penggerak 4WD menggunakan diferesial tengah atau transfer case. Part tersebut berfungsi untuk membagi traksi pada roda depan dan belakang.

Biasanya, mobil yang mengusung sistem yang juga disebut 4X4 ini bisa mengubahnya menjadi 4X2 atau hanya dua roda. Gampangnya, pada 4WD, mesin hanya menggerakkan dua roda dan kemudian disalurkan kepada roda sisanya.

Pembagian pada keempatnya pun merata sehingga masing-masing memiliki kecepatan putaran yang sama. Beberapa mobil yang menganut sistem ini ialah Toyota Land Cruiser, Range Rover, dan Jeep Cherokee.

Berbeda dengan 4WD, AWD tidak bisa diubah menjadi sistem 4X2. Pasalnya, tenaga dari mesin langsung disalurkan untuk menggerakkan keempat roda.

Canggihnya lagi, pada beberapa mobil, pembagian tenaga pada masing-masing roda bisa berbeda. Teknologi tersebut memudahkan pengemudi ketika harus berbelok dengan kecepatan tinggi.

Hal itu membuat sistem AWD juga diterapkan pada beberapa super car dan luxury sedan, seperti Lamborghini Aventador, Nissan Skyline GTR R35, dan Bentley Mulsane.

Sumber : Garasi.id
Diubah oleh officialgarasi 08-08-2019 03:52
azidqi
azidqi memberi reputasi
1
808
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.