Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fandyr.frAvatar border
TS
fandyr.fr 
Meminimalisir Terjadinya Rasisme Berulang
Meminimalisir Terjadinya Rasisme Berulang

     Meminimalisir Terjadinya Rasisme Berulang

foto : hipwee.com

Quote:


Rasis (Rasialisme) adalah suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras lainnya.

Quote:


Rasis ini terjadi karena pola pikir yang pendek terhadap ras yang lain menganggap mereka lebih rendah dari pada rasnya dan menganggap mereka lebih berjaya dari padanya, yang pada nyatanya semua itu punya kelebihan dan kekuatan masing masing. Sehingga tidak sepatutnya menganggap setiap perbedaan itu adalah kekurangan yang nyata dan perlu diluaskan dan menebar kebencian terlebih lagi membuat kerusuhan dan saling ejek antar ras.

Quote:


Rasis ini terjadi, tidak hanya di Indonesia, diberbagai belahan dunia pun pernah mengalaminya. Semisal dalam pertandingan sepak bola kata kata rasis juga pernah didengungkan oleh suporter sehingga berakibat kepada klub yang mereka banggakan dan contoh lain perbuatan tidak mengenakkan yang dialami oleh mahasiswa papua, ini hanya sebagian contoh kecil dimana masih banyak perbuatan rasis ini baik dalam skala kecil maupun skala yang lebih besar.

Quote:


(Pendapat saya pribadi) Rasis ini dapat diminimalisir dan dihilangkan jika ;

1. Penyuluhan dini terhadap anak anak sekolah bahwa toleransi antar sesama baik dalam agama, suku, kebudayaan, ataupun ras itu sangatlah penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI

2.  Penyuluhan pada lingkungan masyarakat yang lebih luas karena bentuk perubahan sikap terkadang terpengaruh oleh lingkungan dimana mereka bergaul, semisalkan sekumpulan anak anak muda ketika mereka berkumpul saat larut malam

3. Perlunya pengawasan dari orang tua, peran serta orang tua juga akan mempengaruhi sifat anak anaknya dikemudian hari.

4. Belajar budaya orang lain.

Kenapa kita perlu belajar budaya orang lain?, jika melihat dari sebuah pepatah “tak kenal maka tak sayang” maka untuk mengetahui budaya orang lain maka kita harus banyak mencari referensi buku tentang budaya, sifat, kebiasaan, tutur bahasa, bahkan konsep kehidupan yang mereka jalani ketika mereka berada ditengah tengah sukunya sendiri, sehingga kita bisa menghargai dan mampu menempatkan posisi kita saat kita berada ditengah  tengah mereka ataupun sebaliknya.

5. kembali ke BHINNEKA TUNGGAL IKA

Ingatlah bahwasanya kita dipersatukan oleh perbedaan dan karena perbedaan itulah kita bisa saling melengkapi dan menyempurnakan. Oleh sebab itu, tidak sepantasnyalah kita berbuat hal yang menyinggung perasaan orang lain baik yang berakibat fatal.

Quote:


"Nikmatilah hidup ini dengan berbagi antar sesama meski kita berbeda"



revadhana
revadhana memberi reputasi
1
491
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.