Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

indrainiesta28Avatar border
TS
indrainiesta28
Viral Kebaktian Tutup Peti di Depan Masjid di Jakpus, Begini Ceritanya
Medanbisnisdaily.com - Jakarta - Foto kebaktian tutup peti yang berlangsung di jalan di depan sebuah masjid viral di media sosial. Begini cerita di balik kejadian di Jakarta Pusat tersebut.

Foto yang viral itu diunggah oleh Jefferson Goeltom di Facebook. Dia memperlihatkan foto ibadah di tengah jalan yang ditutup dengan peti berada di tengah. Prosesi kebaktian itu berlangsung di depan masjid. Berikut statusnya yang sudah dibagikan lebih dari 11.000 kali:

Indahnya Harmoni & Toleransi di Cempaka Putih.
Hari ini mengikuti kebaktian Tutup peti, dimana istri keponakan meninggal dunia, karena satu hal lokasi rumah di gang sempit dan peti tdk bisa masuk ke dlm rumah, ada kejadian yg Luar Biasa yg kami rasakan karena di ijinkan beribadah di depan Masjid.

Terima kasih saudaraku Pengurus Mesjid dan Masyarakat disekitar atas bantuan dan "Toleransi yg Super Tinggi".
Kiranya Tuhan Memberkati dan Melindungi serta memberi berkah yg indah untuk kalian semua.

Love you all.

Peristiwa itu terjadi di depan Masjid Darussalam, Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Senin (26/8) lalu. Salah seorang pengurus masjid, Agus, mengatakan rumah warga yang meninggal ada di gang dan peti mati tidak bisa masuk ke dalam rumah.

"Rumah orang yang meninggalnya itu kondisinya di gang. Jadi posisinya tuh pintu masuknya mereka tuh nggak bisa buat masuk peti. Lebarnya tuh kalau tidak salah kurang 5 cm, ukuran peti sama lebar pintu tuh gedean petinya," kata Agus saat ditemui di Masjid Darussalam, Minggu (1/9/2019).

Pihak keluarga dari warga yang meninggal lalu meminta izin ke pengurus masjid untuk mengadakan kebaktian tutup peti di jalan depan masjid. Pihak pengurus masjid tidak keberatan.

"Karena nggak ada masalah ya monggo. Kita kan di sini Alhamdulillah begitu. Jadi kejadian kayak gitu nggak pernah aneh. Karena udah biasa seperti itu, di Cempaka Baru begitu," ucapnya.

Kebaktian tutup peti itu berlangsung siang hari. Saat itu, sebenarnya ada jadwal pengajian juga di Masjid. Agus mengatakan jadwal pengajian sempat ditunda 30 menit dan tidak ada yang mempermasalahkan.

"Mereka bikin upacaranya setelah zuhur, sekitar jam 13.00-14.30. Sudah, selesai, lalu berangkat ke makam. Kebetulan hari itu di sini juga ada pengajian ibu-ibu, nggak ada masalah juga Alhamdulillah. (Pengajiannya) kita pending setengah jam. Begitu selesai, berangkat, ngaji tetep jalan. Nggak ada masalah kok," kisah Agus.

Saat kebaktian, jalan di depan Masjid otomatis ditutup. Agus mengatakan warga di lingkungan tersebut tidak mempermasalahkannya.

"Dari hari minggu permulaan jenazah datang, kita sudah tutup jalan. Soalnya kebiasaan orang sini gitu. Kejadian begitu untuk orang sini mah sudah nggak aneh. Kayak adat saja. Walapun berbeda agama, oh ini orang Batak, ini Jawa, nggak ada masalah. Selagi kita bisa bantuin ya kita bantuin," ungkapnya. dtc

http://www.medanbisnisdaily.com/m/ne...ini_ceritanya/

emoticon-Nyepiemoticon-Nyepi
ugtraveler
izzy713
nipta1179
nipta1179 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.4K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.