• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • "Napalm Girl" Foto Paling Terkenal Dan Ikonik Dalam Sejarah Dunia

I.W.a.KAvatar border
TS
I.W.a.K
"Napalm Girl" Foto Paling Terkenal Dan Ikonik Dalam Sejarah Dunia


Foto jadul hitam putih di atas berjudul "Napalm Girl" hasil jepretan kamera dari seorang fotografer bernama Nick Ut yang mengantarkannya memperoleh penghargaan Pulitzer.

Foto tersebut diambil pada 8 Juni 1972 di Trang Bang, Vietnam. Waktu itu pesawat Vietnam Selatan yang salah mengira bahwa Trang Bang sudah dikuasai oleh Vietnam Utara menjatuhkan bom napalm di wilayah tersebut yang akhirnya malah melukai pihak mereka sendiri.

Dalam foto yang ketika dimuat di surat kabar ini disebut - sebut menyebabkan kemarahan seluruh warga dunia atas perang yang terjadi di Vietnam ini nampak beberapa orang anak sedang menangis, berlarian menjauhi ledakan bom di belakang mereka.

Sosok anak gadis tanpa pakaian yang terlihat menangis menahan sakit yang berusia 9 tahun pada waktu itu menjadikan foto ini sebagai foto paling ikonik sepanjang sejarah.

Gadis kecil itu bernama Kim Phuc, serangan bom telah membuat dirinya menderita luka bakar yang sangat parah. Hebatnya Kim Phuc masih mampu berlari dan melepaskan pakaiannya yang terbakar. Beruntung dia ditemukan oleh Nick Ut sang fotografer yang segera membawanya dan anak - anak yang lain ke sebuah rumah sakit di daerah Saigon.

Meskipun pada saat itu Kim Phuc dinyatakan tidak memiliki harapan untuk selamat dari luka bakar serius yang dideritanya oleh pihak rumah sakit namun nyatanya hingga saat ini dia masih tetap bisa bertahan hidup setelah melalui serangkaian perawatan dari berbagai rumah sakit.



Setelah dewasa Kim Phuc yang memiliki nama lengkap Phan Thi Kim Phuc ini dijadikan simbol anti perang oleh Vietnam.Saat ini Kim Phuc tinggal di Kanada bersama Bui Huy Tuan, suaminya yang menikahinya pada tahun 1992. Dari pernikahan tersebut mereka dikarunia 2 orang anak. Karena aktivitasnya yang gencar memberikan bantuan kepada anak - anak korban perang di seluruh dunia dan serta dukungannya terhadap UNESCO, Phan Thi Kim Phuc di berikan penghargaan Dresden Prize.

Kalau agan dan sista mau menambahkan atau punya pendapat lain silahkan dishare pada kolom komentar.

Mohon maaf dan koreksi apabila terdapat kesalahan.

TERIMAKASIH.
emoticon-Shakehand2
Salam IWAK

Ref [URL=https://m.akuraS E N S O Rid-745145-read-jadi-foto-paling-ikonik-sepanjang-sejarah-bagaimana-nasib-gadis-ini]ini[/URL]
Pict by Google.


eShopSulis
hvzalf
Batawati
Batawati dan 28 lainnya memberi reputasi
29
16.6K
146
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.