kknsendangsariAvatar border
TS
kknsendangsari
Mahasiswa KKN UNNES 2019 Merubah Limbah Menjadi Vas Bunga, Ini Caranya !


Sabtu (3/8/2019), mahasiswa KKN Lokasi Tahap I UNNES 2019 beserta ibu-ibu PKK RT 04/RW 03, Desa Sendangsari, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo melaksanakan kegiatan daur ulang limbah koran menjadi vas bunga siap pakai. Kegiatan dilaksanakan di posko KKN UNNES 2019 yang berlokasi di Dusun Sendangsari RT 04/ RW 03, Desa Sendangsari, Kecamatan Garung, pada pukul 13.30-15.30 WIB. 

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan oleh Laili Rizki Arviani selaku penanggung jawab kegiatan yaitu, mengenai langkah-langkah pembuatan vas bunga. Selanjutnya, ibu-ibu PKK RT 04/RW 03 Desa Sendangsari mulai mempraktikan langkah-langkah tersebut dengan didampingi oleh mahasiswa KKN UNNES 2019. Di sini terlihat antusiasme ibu-ibu PKK RT 04/RW 03 Desa Sendangsari dengan adanya pertanyaan-pertanyaan dan ekspresi kagum akan hasil akhir dari vas bunga siap pakai tersebut. 

Pengadaan kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya limbah koran yang ditelantarkan dan tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Selain itu, sumber daya manusia, khususnya ibu-ibu Desa Sendangsari yang menjadi ibu rumah tangga, dirasa mampu melakukan hal lebih dibanding kondisi sekarang ini. Misalnya, mengolah limbah menjadi barang yang bernilai.

Di akhir kegiatan daur ulang ini, mahasiswa KKN Lokasi Tahap I UNNES 2019 membagikan vas bunga yang sudah jadi untuk dijadikan model percontohan agar ibu-ibu bisa mempraktikan sendiri di rumah. 



Dengan dilakukannya kegiatan sosialisasi daur ulang limbah koran menjadi vas bunga, diharapkan mampu membngun kesadaran ibu-ibu beserta warga lainnya untuk memerhatikan lingkungan tempat tinggal, khususnya sampah dan limbah yang ada di sekitar rumah-rumah. Selain itu, dengan adanya daur ulang limbah tersebut mampu mengurangi sampah dan menghasilkan barang-barang dengan nilai ekonomi yang material. Jika sampah maupun limbah dibiarkan saja, maka lambat laun akan berdampak buruk serta membahayakan anak cucu kita kelak. Jika bukan kita, siapa lagi ? Jika bukan sekarang, kapan lagi ?  

Diubah oleh kknsendangsari 25-08-2019 10:06
dellesology
tata604
nona212
nona212 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
821
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Do It Yourself
Do It YourselfKASKUS Official
1.5KThread1.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.