Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Radeon FreeSync Wujudkan Gaming Mulus untuk Pengguna Konsol+Dukungan Konten HDR!

g.e.mAvatar border
TS
g.e.m
Radeon FreeSync Wujudkan Gaming Mulus untuk Pengguna Konsol+Dukungan Konten HDR!

Halo gan, mungkin sebagian dari agan ada yang menggunakan kartu grafis AMD Radeon atau  mungkin pake prosessor APU Ryzen yang udah ada di PC Desktop pasti gak asing dengan fitur Radeon FreeSync, fitur dari AMD ini hadirkan dukungan bermain game bebas stuttering dan tearing, sehingga hadirkan bermain game lebih mulus pada monitor yang mendukungnya. 

Ane mau share aja nih tentang perkembangan fitur Radeon FreeSync di tahun 2018, dimana diberitakan Radeon FreeSync telah mencapai rekor dengan hadirkan lebih dari 200 monitor yang mendukung Radeon FreeSync, angka ini akan terus bertambah dengan kehadiran dukungan FreeSync ke televisi layar lebar, mengingat FreeSync juga akan mendukung ke konsol nantinya gan, keren gak tuh. emoticon-Cool


Kelebihan Radeon FreeSync : Bebas Royalti, Mendukung HDR dan Hadir ke Konsol




Berdasarkan infografik dari AMD yang agan bisa lihat diatas ini, AMD hadirkan beberapa kelebihan diantara:
·       Terbuka, Bebas Royalti: AMD tidak syaratkan royalti kepada pihak vendor untuk menggunakan fitur ini gan, selain itu tidak butuhkan modul tambahan seperti yang ada pada Nvidia G-Sync soalnya sudah didukung oleh produsen chipset yang ada di monitor/TV pada umumnya.
·       Banyak Pilihan: Seperti yang ane sebutkan diatas terdapat pilihan hingga 200 lebih monitor yang mendukung Radeon FreeSync.
·       Terjangkau: Dikarenakan bebas royalti dan tidak butuh modul tambahan, berdampak kepada harga monitor yang terjangkau, agan bisa dapatkan monitor refresh rate tinggi 240Hz dengan harga yang lebih murah daripada monitor Nvidia G-Sync dengan fitur serupa.
·       Mudah Digunakan: Didukung kartu grafis Radeon terkini maupun IGP yang ada pada APU, agan cukup colok monitor dan aktifkan fitur Radeon FreeSync lewat aplikasi Radeon Setting dan OSD di monitor yang telah mendukung.
·       Mendukung HDR: Teknologi HDR (High Dynamic Range) hadirkan dukungan kontras warna yang lebih baik, lebih nyata dan nyaman dimata. Dimana Radeon FreeSync sudah mendukungnya lewat FreeSync 2.
·       Mendukung Konsol Terkini: Teknologi Radeon FreeSync sudah didukung oleh konsol Xbox One dan akan hadir pada Playstation 4 kedepannya.
Setelah ane jelaskan fitur terkini, berikut akan ane jelaskan sedikit tentang update Radeon FreeSync 2018 terkini.

 
FreeSync 2: Mendukung Teknologi HDR Terkini Produksi Warna Lebih Nyata

FreeSync 2 (atau disebut sebagai FreeSync 2 HDR kedepannya) gan, sama-sama hadirkan fitur anti stuttering dan tearing seperti monitor FreeSync sebelumnya, perbedaannya monitor FreeSync 2 HDR sesuai namanya akan hadirkan dukungan HDR (High Dynamic Range), tampilkan dukungan warna yang lebih tegas dan nyata.
FreeSync 2 HDR juga hadirkan fitur LFC (Low Framerate Compesation) yang memungkinkan game dengan framerate rendah <30FPS tetap mendapatkan dukungan anti stuttering dan anti tearing lebih baik.
Sekedar info tambahan dari ane walau namanya FreeSync 2 fitur ini tidaklah jadi pengganti FreeSync generasi pertama, keduanya tetap hadir di monitor atau TV baru bedanya untuk FreeSync 2 fokuskan diri di fitur HDR yang menjadi trend monitor dan TV terkini ya gan.


 
FreeSync Menuju ke Konsol, Hadir di TV Layar Lebar dan SmartTV

Seperti yang telah ane sebutkan pada awal thread, setelah 200 lebih panel hadir pada monitor, AMD sebutkan bakal menambah sehingga total berjumlah 300 lebih panel yang sebagian besar datang melalui panel televisi layar lebar termasuk Smart TV, ini dikarenakan fitur AMD FreeSync sudah didukung oleh konsol Xbox One dan mendatang direncanakan akan hadir di Playstation 4 gan.

Samsung CHG70 HDR Curve Screen


Samsung adalah produsen pertama yang mendukung penuh fitur AMD FreeSync gan, sudah ada 20 televisi layar lebar dari Samsung yang mendukung fitur Radeon FreeSync dengan sebagian besar mendukung fitur Radeon FreeSync 2 dikarenakan mayoritas sudah mendukung HDR. Lengkapnya bisa dilihat dimari listnya : [url=S E N S O Ramd.com/community/gaming/blog/2018/06/06/amd-radeon-freesync-technology-everywhere][size=4]S E N S O Ramd.com/community/gaming/blog/2018/06/06/amd-radeon-freesync-technology-everywhere[/size][/url]

Produsen televisi layar lebar lainnya juga akan turut mendukung fitur FreeSync 2 HDR ini gan, semakin lama fitur FreeSync dan FreeSync 2 HDR akan menjadi fitur wajib bagi monitor terbaru, mengingat akan hadirkan pengalaman bermain game yang bebas stuttering dan tearing.
Agan dah ada yang make monitor FreeSync gan? Bagaimana pengalamannya?sharing yuk Jemoticon-Big Grin
Btw semoga informasi ini berguna buat agan, sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Jangan lupa cendolnya ya. Boleh juga di share di sosial media agan dan di rate bintang 5 jika bermanfaat. emoticon-Rate 5 Star
Sumber: [url=S E N S O Ramd.com/community/gaming/blog/2018/05/03/amds-radeon-freesync-technology-in-2018-and-beyond][size=4]S E N S O Ramd.com/community/gaming/blog/2018/05/03/amds-radeon-freesync-technology-in-2018-and-beyond[/size][/url] dan [url=S E N S O Ramd.com/community/gaming/blog/2018/06/06/amd-radeon-freesync-technology-everywhere][size=4]S E N S O Ramd.com/community/gaming/blog/2018/06/06/amd-radeon-freesync-technology-everywhere[/size][/url] 
 
0
945
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.