tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Jangan Biasakan Diri Untuk Berutang
Kebutuhan hidup memang seringkali hadir, terlebih bila banyak keinginan tentu saja hal ini menjadi sebuah masalah tersendiri. Tak sedikit orang yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya entah itu kebutuhan untuk pribadinya sendiri ataupun kebutuhan keluarganya bagi mereka yang sudah menikah. Menjalani hidup memang tidaklah mudah karena banyak sekali hal-hal yang harus dipenuhi, bukan sekedar makanan semata namun juga hal lainnya seperti pendidikan, tempat tinggal dan hal lainnya yang memerlukan biaya atau uang.

Credit : Indonesia.go.id

Uang dan uang, segala sesuatu tentu butuh uang. Tak tua maupun muda tentunya butuh uang, adanya uang bisa jadi masalah namun tanpa uang tentu saja lebih bermasalah saat sedang terbelit oleh kebutuhan dan keinginan hidup yang ingin digapai sesegera mungkin sehingga tak jarang orang mengambil jalan pintas atau instan mulai dari menggunakan cara tidak legal ataupun bisa juga dengan cara lewat pinjaman.

Banyak motif atau alasan seseorang meminjam, mulai dari memenuhi kebutuhan hidup karena penghasilan yang tak mencukupi, banyak keinginan, mengembangkan bisnis dan lain sebagainya. Meminjam menjadi salah satu cara bagi mereka yang sudah pusing dengan masalah keuangan yang dihadapinya sehingga membuat keputusan untuk melakukan peminjaman uang untuk menjadi solusi permasalahan yang ada. Banyak sekali sarana untuk melakukan peminjaman mulai dari pinjaman dari bank, pinjaman bank keliling hingga pinjaman yang sedang ngetren saat ini yaitu pinjaman online.

Lalu bagaimana dengan sikap kita tentang pinjam meminjam? Tentunya kita jangan mudah begitu saja melakukan peminjaman atau bahkan membiasakan diri untuk meminjam atau berutang. Untuk itulah jangan biasakan diri untuk berutang karena hal itu tak selalu menjadi solusi yang tepat pada keuangan kita. Jika penghasilan kurang tentunya cari pekerjaan lain yang lebih menghasilkan, jika banyak keinginan tentunya jangan berambisi untuk bisa segera cepat direalisasikan bila sesuatu hal tersebut butuh dana, hindari juga gengsi dan gaya hidup karena hal itu bisa saja membuat diri kita nekad membuat utang tanpa berpikir resikonya.

Jangan membiasakan diri untuk berutang karena jika sudah terbiasa berutang tentu akan membuat repot diri sendiri dan ujungnya susah untuk bayar. Terlebih di zaman sekarang ini zamannya pinjaman online yang menjebak tentu harus bisa menahan diri dari berutang karena bukan hanya utang saja yang semakin menumpuk, akan tetapi juga rasa malu diri saat di pinjaman online aib diri diketahui oleh oranng lain karena di sebar oleh oknum penyedia pinjaman online yang ilegal.

Credit : kontan.co.id

Untuk itulah hindari berutang dan tidak mudah melakukan pinjaman, jika masih ada solusi jalan keluar selain berutang maka gunakan jalan keluar tersebut karena utang itu bukan solusi sesungguhnya karena jika salah meminjam tentu akan membuat diri semakin terperosok pada masalah yang lebih mendalam. Lakukan peminjaman jika benar-benar mendesak, bukan membiasakan diri berutang atau melakukan pinjaman agar diri kita nyaman dalam menjalani hidup ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
screamo37
raliakbarrr
tata604
tata604 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
10.9K
171
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.1KThread5.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.