ceritanyaw.idAvatar border
TS
ceritanyaw.id
Kerjaan sering gak kelar? Mungkin ini sebabnya gan!

Sebelum ane sharing-sharing ane mau mendoakan agan dan sista sekalian agar sehat selalu dan semua doanya bisa cepat terwujud. Amin... 

:terimakasih




Kita pasti tahu bahwa smartphone adalah sebuah perangkat yang di design secara khusus untuk mengikat perhatian kita. Namun hal itu bukanlah menjadi alasan untuk kita pasrah dan tidak menahan diri kita untuk terus-terusan melihat smartphone kita. Dan study terbaru semakin membuat kita harus pandai dalam mengatur waktu kita dengan smartphone kita.

When you pick up your phone while doing anything mentally challenging, you may handicap your brain’s ability to recharge and performance decreases. 
Saat kita menggunakan smartphone di waktu kita sedang mengerjakan sesuatu yang menantang secara mental, Hal itu dapat membebankan kemampuan otak kita dan membuat kinerja dari otak kita menurun. 

Itu adalah hasil dari study yang menyertakan 414 mahasiswa untuk memecahkan "Word Puzzles". Disaat para mahasiswa itu sedang berada di tengah-tengah proses penyelesaian puzzle, para peneliti mengijinkan mereka untuk istirahat dengan memainkan gadget mereka, menggunakan komputer ataupun membaca. Dan beberapa dari para mahasiswa tersebut di suruh untuk tetap terus mengerjakan Puzzle tanpa istirahat.

Dan hasilnya menunjukan bahwa mahasiswa yang melakukan aktivitas dengan smartphone-nya saat beristirahat lebih kelelahan secara mental di banding mahasiswa lainya yang tidak menyentuh smartphone saat beristirahat. Mahasiswa yang menggunakan smartphone saat istirahat memakan waktu 19% lebih lama dan 22% lebih sedikit dalam memecahkan puzzle jika di bandingkan dengan yang lainya. Walaupun secara efisiensi dan kecepatan penyelesaian dari mereka yang beristirahat dengan memainkan smartphone dan dengan yang tidak beristirahat sama sekali itu kurang lebih sama.


konklusi yang di berikan dari penelitian yang di lakukan bukan sekedar karena device digital itu membuat perhatian kita tersita, karena di saat penelitian itu ada juga ada kelompok yang di arahkan untuk bermain komputer saat istirahat yang di mana komputer juga adalah device digital. Namun lebih ke karena smartphone, Karena smartphone memberikan kita distraksi yang lebih banyak di dalamnya, yang membuat energi dari mental kita terkuras. 



Smartphone memberikan efek yang seperti itu, di mungkinkan karena hanya dengan melihat smartphone kita aktif karena ada pesan yang masuk, berinteraksi dengan orang-orang di sosial media, mengakses informasi dari berbagai sumber yang tidak ada habisnya dan banyak lagi, dimana hal itu cukup berbeda dengan aktifitas kita di device digital lainya seperti komputer ataupun laptop kita. 


Penelitian ini memberikan kita gambaran bagaimana kita sangat meremehkan kelelahan mental kita dalam menggunakan smartphone dan juga bagaimana kita terlalu berlebihan dengan mengaggap otak kita mampu menghandel beban dan distraksi dari smartphone. Kita terlalu sering menganggap bahwa distraksi dari satu hal dengan yang lain adalah sama, namun penelitian membuktikan bahwa tiap distraksi memiliki tingkat energi dan efek yang berbeda. 

Kita juga sering menganggap remeh koneksi emosional yang kita bangun dengan smartphone kita. Smartphone bukan lagi sekedar alat, namun sudah menjadi sahabat yang menemani kita sehari-hari. Aatu lebih sepesifiknya adalah sahabat yang membawa kita ke berbagai hal dengan banyak ikatan emosional di dalamnya. Dan penelitian ini juga membuktikan bahwa kita lebih terikat secara emosional dengan smartphone kita ketimbang benda-benda lain yang kita miliki. 



Dari hasil penelitian ini penting bagi kita untuk bisa mengatur waktu dan keterikatan kita dengan smartphone kita. Karena distraksi yang di hasilkan dari smartphone lebih tinggi, yang akan membuat kita sulit untuk fokus kembali dengan pekerjaan utama kita, yang akan membuat kita tidak dapat menyelesaikan pekerjaan kita dengan baik dan tepat waktu.
 


SUMUR

Jangan lupa bahagia.. 😁😁😁
























misstumbler
dddtrmy
ulermaboq
ulermaboq dan 7 lainnya memberi reputasi
8
6.5K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.