uratkumbangAvatar border
TS
uratkumbang
Selama Menghilang, Gadis Paskibra Ternyata Nongkrong Bersama Anak Jalanan
KOMPAS.com - Nira Damayanti (15), anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) asal Desa Waru, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, yang menghilang usai mengikuti upacara penurunan bendera pada Sabtu (17/8/2019) sudah ditemukan, Kamis (29/8/2019).

Siswi kelas 1 SMK Bhina Mulya, Blora itu kini sudah kembali dalam pelukan keluarganya.

Ayah Nira, Sudiran, mengatakan, putrinya itu sejak SMP sudah sering tidak pulang ke rumah akibat salah pergaulan.

Nira berteman dengan anak-anak jalanan hingga mengabaikan rutinitasnya sebagai pelajar dan kewajibannya sebagai anak.

"Sering tidak pulang ke rumah sejak SMP, ikut anak-anak jalanan. Sudah berkali-kali dinasehati tapi tidak digubris," kata Sudiran saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Gadis Paskibra yang Hilang Sudah Ditemukan Dalam Kondisi Selamat

Dijelaskan Sudiran, selama ini Nira yang menghilang tanpa kabar itu diketahui ikut berkumpul di tempat tongkrongan anak-anak jalanan yang dikenalnya. Mulai dari Blora, Demak hingga Grobogan.

"Iya nongkrong sana nongkrong sini dan tidur di mana saja. Di rumah teman-temannya. Pertama kali di Blora kemudian ke Demak dan terakhir di Grobogan," tutur Sudiran.

Terlepas dari permasalahan itu, pihak keluarga Nira saat ini memilih fokus untuk membimbing Nira di rumah.

Begitu juga dengan pihak Polsek Jepon yang berpartisipasi memberikan bimbingan kepada Nira supaya tidak salah dalam pergaulan.

"Kami bimbing dulu di rumah supaya kemudian bisa kembali bersekolah. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak sekolah. Alhamdulilah kondisi Nira baik-baik saja," ungkap Sudiran.

"Nira ini salah pergaulan hingga lupa kewajibannya sebagai anak dan pelajar. Dia berkumpul dengan anak-anak jalanan yang tidak terarah. Kami sudah berikan bimbingan dan akan terus memonitor perkembangannya," sambung Kapolsek Jepon, AKP Sudarno.

AKP Sudarno menambahkan, dari keterangan Nira selama hampir dua pekan menghilang, ia mengaku menghabiskan waktu bermain dan nongkrong dengan temannya anak-anak jalanan.

Nira berpindah-pindah tempat tongkrongan mulai dari Blora hingga ke Kabupaten lain. Nira disebutnya larut dalam pergaulan yang salah karena teman-temannya Nira berstatus putus sekolah.

"Teman-temannya anak jalanan tidak bersekolah sementara Nira bersekolah. Pengakuannya 4 hari di rumah temannya di Blora, terus ke temannya lagi di Demak dan terakhir di Grobogan. Ikut komunitas anak Punk," kata Sudarno.

Baca juga: Teka-teki Hilangnya Gadis Paskibra di Blora, Diduga Salah Pergaulan hingga Hampir 2 Pekan

Sebelumnya diberitakan, sudah nyaris dua pekan ini gadis pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) asal Desa Waru, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah menghilang tanpa jejak, Rabu (28/8/2019).

Ia adalah Nira Damayanti (15), siswi kelas 1 SMK Bhina Mulya, Blora. Nira sapaannya itu mulai tak diketahui keberadaannya usai bertugas di upacara penurunan bendera di Stadion Kridaloka, Kecamatan Jepon, Blora, pada Sabtu (17/8/2019).

Nira yang tak kunjung pulang ke rumah praktis membuat khawatir pihak keluarga. Kedua orangtua Nira pun sudah melaporkan kasus menghilangnya putri ketiga dari tiga bersaudara tersebut ke Mapolsek Jepon.

Ayah Nira, Sudiran menyampaikan, sebelum menghilang, putrinya termasuk salah satu anggota paskibra yang bertugas di Stadion Kridaloka, Jepon.

Pada pagi, Nira mengikuti upacara bendera, pun demikian pada sore, Nira juga mengikuti upacara penurunan bendera.

Namun selepas upacara penurunan bendera, Nira sudah tidak diketahui rimbanya.

"Sekitar jam 6 petang saya ditelepon dan disuruh jemput oleh gurunya, tapi sesampainya di sana Nira sudah tidak ada. Bahkan saya tunggu sampai jam 9 malam juga tak ada kabar," tutur Sudiran saat dihubungi Kompas.com, Rabu (28/8/2019) malam.

Sumur: https://regional.kompas.com/read/201...lanan?page=all

Sangat menginpirasi sekali,anak Punk yg menjadi paskibraka.
Tp mbok ya pamit klo ga pulang,biar orang tua ga panik..

emoticon-Traveller
muhamad.hanif.2
kakekane.cell
ziont
ziont dan 2 lainnya memberi reputasi
3
4.5K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.